logo ind2                                                                                                  

Fisip International Guest Lecture 3# “Frontiers of Urbanization in Kalimantan and Beyond”

Fisip Unmul Turut Hadir Dalam Kegiatan Upacara Hari Kemerdekaan Indonesia Ke 79 Serta Meraih Juara 1 Yel Yel Terbaik

FISIP unmul mengadakan kegiatan Pengenalan Kehidupan kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun 2024

Fisip Unmul Melakukan Kegiatan Penilaian Arsip Daftar Usul Musnah Tahun 2024

Satuan Tugas Pencegahan Dan Penanganan Kekerasan Seksual Universitas Mulawarman Road To Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik

10
PROGRAM STUDI
113
DOSEN
91
STAF
3671
MAHASISWA

Fisip Unmul Selayang Pandang

  1. SEJARAH
  2. PRODI
  3. FASILITAS
  4. ORGANISASI
  5. DOSEN DAN STAF
  6. MAHASISWA
  7. ALUMNI
  8. WEB PRODI
  9. EJOURNAL
  10. KONTAK
Cikal bakal berdirinya Fisip Unmul bisa ditelusuri sejak tahun 1962, yang diberi nama Perguruan Tinggi Mulawarman. Nama ini ditetapkan secara resmi dalam Surat Keputusan Gubernur Kaltim No. 15/PPK/62. Nama ini tak lama digunakan karena ketika meminta pengesahan Menteri PTIP kemudian nama ini diubah menjadi Universitas Kalimantan Timur (Unikat). Berdasarkan Keputusan Presiden RI tanggal 23 April 1963, nama yang disetujui adalah Universitas Mulawarman (Unmul). Pada saat menggunakan nama Perguruan Tinggi Mulawarman, hanya ada dua Fakultas Ketatanegaraan dan Ketataniagaan. Pada tahun 1966, kedua Fakultas tersebut dipisah menjadi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik dan Fakultas Ekonomi.
Jumlah Program Studi (Prodi) di Fisipol Unmul mengalami peningkatan pesat dibandingkan dengan ketika awalnya berdiri. Sebelum tahun 2000, jumlah Prodi hanya tiga, yakni Ilmu Administrasi Publik, Ilmu Pemerintahan, dan Pembangunan Sosial. Peningkatan secara signifikan terjadi mulai tahun 2000 dengan dibentuknya Prodi-Prodi baru. Sekarang ini, Fisip Unmul memiliki delapan program S1 (Administrasi Publik, Ilmu Pemerintahan, Pembangunan Sosial, Ilmu Hubungan Internasional, Administrasi Bisnis, Ilmu Komunikasi, Psikologi, Pemerintahan Integratif) dan dua program S2 (Magister Administrasi Publik, Magister Ilmu Pemerintahan).
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman memiliki fasilitas dan prasarana yang beragam, lengkap dan sangat memadai guna menunjang proses belajar mengajar di lembaga ini. Fasilitas serta prasarana dikelola dan dirawat oleh staf Umum dan BMN yang khusus untuk itu. Beberapa di antaranya adalah gedung perkuliahan dan perkantoran (Dekanat) yang representatif, ruang pertemuan ilmiah dan konferensi yang luas, ruang seminar dan ruang sidang ujian skripsi yang dilengkapi dengan peralatan modern, perpustakaan digital, hot spot, tempat parkir yang luas, sarana keagamaan (tempat ibadah), alat musik (band), berbagai jenis lapangan olahraga, dan lain sebagainya.
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman dipimpin oleh Dekan, yang dibantu oleh tiga Wakil Dekan, yakni Wakil Dekan I (bidang akademik), Wakil Dekan II (bidang administrasi, kepegawaian dan keuangan) dan Wakil Dekan III (bidang kemahasiswaan). Di bidang akademik, Dekan membawahi Program Studi (dipimpin Ketua Prodi, yang dibantu Sekretaris Prodi). Di bidang administrasi, Dekan membawahi Tata Usaha (TU), yang dipimpin oleh Ketua Tata Usaha (KTU). KTU membawahi sub-sub bagian (Subag), yang dipimpin oleh Kepala Sub-Bagian (Kasubag), seperti Kasubag Pendidikan, Kasubag Kemahasiswaan & Alumni, Kasubag Keuangan & SDM, Kasubag BMN & Perlengkapan.
Peran dosen dan staf sangat krusial dalam proses belajar mengajar pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman. Hingga bulan April 2017, jumlah keseluruhan dosen tetap PNS sebanyak 88 dan dosen tetap non-pns sebanyak 18 dosen. Dilihat dari segi pendidikannya, proporsi mereka adalah 31 dosen berpendidikan Doktor, 57 dosen berpendidikan Magister dan 0 berpendidikan Sarjana. Sementara itu, jumlah keseluruhan staf di Fisip Unmul adalah 114 orang, yang terdiri dari 70 laki-laki dan 44 perempuan. Di lihat dari status kepegawaiannya, 27 orang staf adalah PNS sementara 87 orang adalah pegawai Honorer atau yang belum berstatus sebagai PNS.
Peminat ilmu-ilmu sosial dan politik belakangan ini meningkat pesat. Ini dicirikan dengan peningkatan jumlah mahasiswa yang signifikan. Sebelum tahun 2000, jumlah mahasiswa tercatat tidak lebih dari 700 orang, sementara pada bulan April 2007 jumlanya mencapai 4585 orang, dimana 1296 di antaranya adalah mashasiswa dari jalur seleksi nasional, sementara 3288 orang dari jalur seleksi lokal/mandiri di semua jenjang (D3. S1, dan S2). Pada tahun 2024, jumlah mahasiswa yang terdaftar di Fisip Unmul adalah 4.606 orang. Dari jumlah ini, sebanyak 7,42% mahasiswa tidak melakukan her registrasi, sementara mayoritas dari mereka, yakni sebanyak 92,58% mahasiswa telah melakukan her-registrasi atau yang aktif kuliah.
Oleh karena Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman (Fisip Unmul) didirikan sejak 1962, sudah banyak alumni yang dihasilkan oleh Fakultas ini. Dari data yang ada, jumlah mereka adalah 6145 orang, yang sekarang tersebar di seluruh Indonesia dan bahkan ada yang di luar negeri. Namun, jumlah yang terbanyak berada/bermukim di Kalimantan Timur. Banyak di antara mereka yang berprofesi sebagai Pegawai Negeri Sipil, birokrat, pejabat, politisi, pengusaha, wiraswasta, aktivis, self-employed, dan lain sebagainya. Para alumni Fisip Unmul memiliki wadah organisasi alumni yang diberi nama IKA-Fisip Unmul (Ikatan Keluarga Alumni Fakulas Ilmu Sosial dan Ilmu Poltik, Universitas Mulawarman).
Fisip Unmul memberikan ruang bagi Prodi untuk tampil di cyber space sehingga mereka bisa berkiprah secara kreatif untuk kepentingan Prodi dalam payung Keluarga Besar Fisip Unmul. Alasan lainnya, ketika mengusulkan akreditasi, Prodi terkait diminta mencantumkan alamat situs Program Studi, yang menjadi salah satu poin penilaian akreditasi. Beberapa yang sudah online adalah Program Magister (S2) Administrasi Publik (https://map.fisip-unmul.ac.id), (S2) Ilmu Pemerintahan (https://mip.fisip-unmul.ac.id), Prodi Ilmu Pemerintahan (https://ip.fisip-unmul.ac.id), Prodi Psikologi (https://psikologi.fisip-unmul.ac.id), Prodi Ilmu Hubungan Internasional (https://hi.fisip.unmul.ac.id), Prodi Ilmu Komunikasi (https://ilkom.fisip-unmul.ac.id), Prodi Administrasi Bisnis (https://adbisnis.fisip-unmul.ac.id), Prodi Administrasi Publik (https://ap.fisip-unmul.ac.id), Prodi Pembangunan Sosial (https://ps.fisip-unmul.ac.id), Prodi Pemerintahan Integratif (http://pin.or.id).
Semua Program Studi/Pendidikan di Fisip Unmul telah memiliki eJournal, sbb: 1) eJournal Ilmu Administrasi Negara (https://ejournal.an.fisip-unmul.ac.id), 2) eJournal Ilmu Pemerintahan (https://ejournal.ip.fisip-unmul.ac.id), 3) eJournal Sosiatri-Sosiologi (https://ejournal.sos.fisip-unmul.ac.id), 4) eJournal Ilmu Hubungan Internasional (https://ejournal.hi.fisip-unmul.ac.id), 5) eJournal Ilmu Komunikasi (https://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id), 6) eJournal Administrasi Bisnis (https://ejournal.adbisnis.fisip-unmul.ac.id), 7) eJournal Psikologi (https://ejournal.psikologi.fisip-unmul.ac.id), 8) eJournal Pemerintahan Integratif (http://ejournal.pin.or.id), 9) eJournal Magister Ilmu Administrasi Negara (http://ar.mian.fisip-unmul.ac.id). Pintu gerbang (gateway) dari eJournal-eJournal tersebut adalah Portal Karya Ilmiah Fisip Unmul (https://portal.fisip-unmul.ac.id).
Kampus Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman (Fisip Unmul) berlokasi Kota Samarinda, Kalimantan Timur. Kampus Fisip Unmul ini terletak di dataran tinggi dalam kompleks kampus Universitas Mulawarman sehingga bebas banjir. Alamatnya adalah: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman, Kampus Gunung Kelua, Samarinda 75411, Kalimantan Timur. Fisip Unmul bisa dihubungi dengan telepon pada nomor (0541) 743820 dan 748662, atau dengan Fax pada nomor (0541) 743820. Fisip Unmul bisa juga dihubungi dengan email di alamat fisip[at]fisip-unmul.ac.id (ganti tanda [at] dgn @) atau melalui website (menu Kontak di web ini). Selain itu, Fisip Unmul memiliki account Facebook dan Twitter, yang bisa dipakai sebagai sarana kontak.

Calon Mahasiswa Baru

  1. INTRO
  2. PENDAFTARAN
  3. UKT
  4. BEASISWA
  5. PILIHAN STUDI
Minat lulusan SMU/SMK untuk menjadi mahasiswa Fisip Unmul tergolong tinggi. Demikian juga lulusan S1 yang ingin melanjutkan ke S2. Ini bisa dilihat dari banyaknya dan terus meningkatnya pelamar dalam lima tahun terakhir. Tingginya animo tersebut direspon dengan tiap tahun melakukan penerimaan mahasiswa baru di sepuluh Program Studi dari berbagai jalur penerimaan (SNBP, SNBT, SMMPTN) dan jenjang studi (S1 & S2). Jumlah mahasiswa yang diterima setiap tahunnya adalah sekitar 1000 orang. Dilihat dari jumlah mahasiswa, Fisip Unmul sekarang ini menempati urutan ketiga di lingkungan Unmul, setelah FKIP dan Fekon, dengan total 5336 lebih mahasiswa yang aktif kuliah. Mahasiswa-mahasiswa Fisip Unmul tersebar di 10 Program Studi di berbagai jenjang studi (S1/Program Sarjana dan S2/Program Pascasarjana).
Untuk bisa menjadi mahasiswa pada salah satu Program Studi di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman, ada tiga jalur yang dapat ditempuh, yakni Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), dan Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN). Untuk bisa ikut dalam seleksi penerimaan mahaiswa baru di ketiga atau salah satu jalur tersebut, maka calon mahasiswa mesti melakukan pendaftaran untuk mendapatkan identitas peserta atau kartu peserta ujian. Pendaftaran di ketiga jalur masuk tersebut dilakukan secara online di Internet, di link situs yang telah ditentukan oleh Depdiknas (untuk SNBP), Majelis Rektor PTN se-Indonesia (SNBT), dan Universitas Mulawarman (Jalur Mandiri/SMMPTN).
Pemerintah Pusat (dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan) berusaha meringankan beban biaya pendidikan di PTN bagi keluarga yang kurang mampu, sehingga anak-anak dari keluarganya yang tergolong kurang mampu tetap bisa mengenyam pendidikan di perguruan tinggi negeri. Tindak lanjutnya adalah, mulai tahun 2013, jumlah UKT di Fakultas-Fakultas di Unmul bervariasi jumlahnya. Di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman (Fisip unmul),jumlah UKT terendah adalah Rp 500.000,00/semester sementara yang tertinggi adalah Rp 5.000.000,00/semester. Interval jumlah UKT ini ditentukan berdasarkan penghasilan, pekerjaan, dan pengeluaran dari orang tua mahasiswa yang bersangkutan. Perhitungannya jumlah UKT ini memakai rumus perhitungan yang telah ditentukan.
Setiap tahun Fisip Unmul menerima alokasi beasiswa yang diperuntukkan bagi mahasiswa yang kurang mampu dan atau yang berprestasi. Pendaftaran untuk mendapatkan beasiswa ini bukan hanya bisa dilakukan ketika sudah menjadi mahasiswa, tapi juga ketika masih mendaftar masuk di Fisip Unmul (baik jalur undangan, jalur ujian tertulis, dan jalur mandiri/lokal). Beasiswa yang ditawarkan adalah beasiswa dengan Program Bidikmisi dari Departemen Pendidikan Nasional. Ketika menjadi mahasiswa, tawaran-tawaran beasiswa bukan hanya datang dari Depdiknas, tapi juga dari berbagai lembaga dan perusahaan seperti PT. Taspen, Bank Indonesia, Yayasan Supersemar, Osaka Gas Company, PT Pupuk Kaltim, LNG Bontang, Pertamina, PT. Djarum, Pemprov. Kaltim, BBPM, BRI, Eka Cipta Foundation, PPE, BCA, dsb.

Informasi

PPID

ppid3

PROFIL

Undang-undang nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik merupakan momentum penting dalam mendorong implementasi keterbukaan informasi di Indonesia. UU ini telah memberikan landasan hukum terhadap setiap orang untuk memperolah informasi dan kewajiban Badan Publik dalam menyediakan dan melayani permohonan informasi publik secara tepat, tepat waktu, biaya ringan, profesional, dan dengan cara sederhana.

Univeristas Mulawarman telah memenuhi mandat UU KIP tersebut dengan membentuk Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pelaksana Fakultas ISIP sejak tahun 2024. Berdasarkan komitmen tersebut maka dibuatlah SK Rektor Universitas Mulawarman membentuk Tim PPID sebagai berikut:

NoNamaJabatan Dalam TugasJabatan
1 Prof. Dr. Ir. H. Abdunnur, M.Si., IPU., ASEAN Eng Atasan PPID Rektor
2 Dr. Finnah Fourqoniah, S.Sos., M.Si PPID Pelaksana Dekan
3 Siti Mutmainah, SE., M.M Operator Sub Koord. Umum dan BMN
4 Yuliana, A.Md Operator Arsiparis
5 Gusti Handaru Putera Pratama, A.Md Operator IT

A Informasi Tentang Profil Detail
1 Sejarah Lihat
2 Visi Misi Lihat
3 Struktur Organisasi Lihat
4 Pejabat Struktural Lihat
5 Sumber Daya Manusia Lihat
6 Renstra 2020-2024 Lihat
7 LHKPN Pejabat Struktural  
  - Dekan Lihat
  - Wakil Dekan I Lihat
  - Wakil Dekan II Lihat
  - Wakil Dekan III Lihat
B Ringkasan informasi tentang program dan/atau kegiatan yang sedang dijalankan dalam lingkup Badan Publik  
1 Rencana Kerja dan Anggaran Lihat
2 Kalender Akademik Lihat
C Data Statistik Kepegawaian, Mahasiswa dan Alumni  
1 Data Statistik Dosen Lihat
2 Data Statistik Tendik Lihat
3 Data Statistik Mahasiswa Lihat
4 Data Statistik Alumni Lihat
D Laporan Keuangan  
1 Laporan Keuangan Tahunan Lihat
2 Laporan Keuangan Lainnya Lihat
3 Statistik Pengelolaan Anggaran Lihat
E Ringkasan laporan akses Informasi Publik  
F Informasi tentang peraturan, keputusan, dan/atau kebijakan yang mengikat dan/atau berdampak bagi publik yang dikeluarkan oleh Badan Publik  
1 Daftar rancangan peraturan perundang- undangan terkait Badan Publik yang sedang dalam proses pembahasan Lihat
2 Daftar peraturan perundang-undangan terkait Badan Publik yang telah disahkan atau ditetapkan Lihat
G Informasi tentang hak dan tata cara memperoleh  
1 Penerbitan Kartu Tanda Mahasiswa Hilang Lihat
2 Perizinan Kegiatan mahasiswa Lihat
3 Layanan Bidang Penalaran Minat Bakat Lihat
4 Layanan Kesehatan Lihat
5 Pengajuan Beasiswa Lihat
6 Tata Cara Permohonan Informasi Publik Lihat
7 Formulir Permohonan Informasi Publik Lihat
8 Tata Cara Pengajuan Keberatan Lihat
9 Formulir Pengajuan Keberatan atas Layanan Informasi Publik Lihat
10 Tata cara pengaduan penyalahgunaan wewenang atau pelanggaran yang dilakukan
baik oleh pejabat
Lihat
11 Formulir pengaduan penyalahgunaan wewenang atau pelanggaran yang dilakukan baik oleh pejabat Lihat
H Informasi Pengadaan Barang dan Jasa  
1 Sistem Informasi Pengadaan Lihat
  - Pekerjaan Pengadaan Barang dan Jasa Tahun 2022 Lihat
  - Pekerjaan Pengadaan Barang dan Jasa Tahun 2023 Lihat
  - Pekerjaan Pengadaan Barang dan Jasa Tahun 2024 Lihat
2 Laporan Aset Lihat

No Informasi Detail
1 Surat Perjanjian Kerjasama / MoU Lihat
2 Informasi Tentang Tata Pamong Lihat
3 Jadwal Kuliah Semester Ganjil Lihat
4 Jadwal Kuliah Semester Genap Lihat
5 Informasi Tentang Pedoman Organisasi dan Tata Kelola Lihat
6 Sistem Informasi  
  - Academic Integrated System (AIS) Lihat
  - Sistem Aplikasi Belajar (STAR) Lihat
  - Pendaftaran Seminar, Pendadaran dan Surat Keterangan Lulus Lihat
  - Pendaftaran Yudisium Lihat
  - Portal Karya Ilmiah Lihat
  - Record Center Lihat
  - Penggunaan Ruangan Lihat
  - Digital Library Lihat

No Informasi Detail
1 Layanan Fakultas Selama Covid-19 Lihat
2 Surat Edaran Pemberlakuan PPKM Darurat di Lingkungan Universitas Mulawarman 2021 Lihat

WhatsApp Image 2024 07 06 at 00.11.43 6b6dbb91    WhatsApp Image 2024 07 06 at 00.11.42 8fdae0dd    WhatsApp Image 2024 07 06 at 00.11.42 e8fb7198   
WhatsApp Image 2024 07 06 at 00.11.43 9892b104   WhatsApp Image 2024 07 06 at 00.11.43 943c9c56   WhatsApp Image 2024 07 06 at 00.11.43 5367afec  

ppid

PPID

Kontak Operator

KONTAK LAYANAN OPERATOR FISIP UNMUL

 

AKADEMIK : Pengurusan Transkip Nilai, Surat Penelitian/Observasi, SKL dan Yudisium

NAMA NO HP/WA BIDANG/PRODI
Admin 0852-5235-7463 Hub. Internasional
Ilmu Komunikasi
Sosiatri
Admin 0811-580-0243 Adm. Publik
Ilmu Pemerintahan
Adm. Bisnis
Psikologi


AIS : Pengurusan KHS, KRS dan Portal AIS

NAMA NO HP BIDANG/PRODI
Admin 0812-5108-1089 Hub. Internasional
Admin 0812-5592-850 Psikologi
Admin 0813-4666-2822 Pembangunan Sosial
Admin 0852-4736-9735 Ilmu Pemerintahan
Admin 0813-4778-4093 Adm Publik
Admin 0852-4736-9735 Adm. Bisnis
Admin 0813-4778-4093 Ilmu Komunikasi


KEMAHASISWAAN : Pengurusan Beasiswa, Surat Aktif Kuliah, Alumni dan Kegiatan Mahasiswa

NAMA NO HP BIDANG/PRODI
Admin 0811-580-0241 Kemahasiswaan


KEUANGAN : Penundaan UKT, Kehilangan Slip UKT, Penghapusan UKT

NAMA NO HP BIDANG/PRODI
Admin 0811-580-0229 Keuangan


TIK : Pengurusan Kendala pada website eJournal, Portal Karya Ilmiah, Akademik (pendaftaran yudisium, pendadaran, seminar hasil dll)

NAMA NO HP BIDANG/PRODI
Admin 0811-580-0246 TIK


KEARSIPAN : SK dan Data Record Center

NAMA NO HP BIDANG/PRODI
Admin 0811-580-0231 Kearsiapan


KEPEGAWAIAN : Informasi Kepegawaian, Dosen dan Tendik

NAMA NO HP BIDANG/PRODI
Admin 0811-580-0233 Kepegawaian


PROGRAM STUDI : Pelayanan Program Studi

NAMA NO HP BIDANG/PRODI
Admin 0811-580-0228 Pembangunan sosial
Admin 0811-580-0230 Ilmu Pemerintahan
Admin 0811-551-9990 Ilmu Komunikasi
Admin 0811-580-0217 Hubungan. Internasional
Admin 0811-580-0227 Administrasi Bisnis
Admin 0811-580-0224 Psikologi
Admin  0812-4034-0539 Administrasi Publik
Admin 0822-688-8654 Magister Administrasi Publik
Admin 0811-580-9979 Magister Ilmu emerintahan
Admin 0811-580-0247 S1 PIN


LOKET AKADEMIK

NAMA NO HP/EMAIL BIDANG/PRODI
Admin

0895-36435-2712

Ilmu Pemerintahan
Adm.Bisnis
Admin

0852-5066-6628

Hubungan Internasional
Administrasi Publik
Admin

08953-6435-2712

Psikologi
Admin

0815-2852-3601

Ilmu Komunikasi
Pemb. Sosial


TURNITIN : Operator Turnitin

NAMA NO HP/WA BIDANG/PRODI
Admin 1
0811-580-9971 Administrasi Publik
Hubungan Internasional
Administrasi Bisnis
Pemerintahan Integratif
Admin 2 0811-580-9953 Ilmu Pemerintahan
Pembangunan Sosial

Ilmu Komunikasi
Psikologi


TATA USAHA : Nomor Surat

NAMA NO HP/WA BIDANG/PRODI
Admin 
0811-580-5201 Tata Usaha


BMN

NAMA NO HP/WA BIDANG/PRODI
Admin 
0811-580-9952 BMN

SEKRETARIS DEKAN

NAMA NO HP/WA BIDANG/PRODI
Admin 
0811-580-206 Sekretaris Dekan


SEKRETARIAT WAKIL DEKAN II : Konsultasi UKT, Kegiatan, Beasiswa Kemahasiswaan dll

NAMA NO HP/WA BIDANG/PRODI
Admin 
0811-580-0248 Sekretaris Waki Dekan II

- Pelayanan hanya pada jam kerja senin - jumat pukul : 08.00 - 16.00, tanggal merah libur

Pejabat Struktural & Dekan2 Fisip

pelayanan fakultas covid19 min


kwmahasiswaan

recent

ruang min

kontak person operator

kuisioner fisip unmul min

   
 digital library  

Pro : Sivitas Akademika

  1. MAHASISWA
  2. DOSEN/STAF
  3. ALUMNI
Thumbnail Pendaftaran Pelaksanaan Sosialisasi Peningkatan Kompetensi Dosen dan Tendik Tahun 2021 melalui ...
More inDosen/Staf  
Thumbnail No. Nama Perusahaan Posisi Link Pendaftaran 1 PT Pelita Samudera Shipping Tbk Graduate Development Program (GDP)...
More inAlumni  
 pascasarjana  dosenstaf  fasilitas  perpus  kontak
 qa  portal  galerifoto  falerivideo  download