Website : ps.fisip-unmul.ac.id
Program Studi Pembangunan Sosial adalah program studi yang bernaung di bawah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman. Program studi ini adalah program studi tertua ketiga di Fisip Unmul (setelah Administrasi Negara saat ini Administrasi Publik dan Ilmu Pemeritahan).
TERAKREDITASI BAIK SEKALI
Profil
Perkembangan masyarakat saat ini menunjukkan dinamika sosial yang berlangsung cepat dan kompleks. Sejalan dengan perkembangan tersebut, berbagai problem sosial, baik pada level global maupun lokal antara lain kemiskinan, pengangguran, konflik dengan kekerasan serta disintegrasi memerlukan pemecahan secara sistematis, terencana dan cepat. Dalam menghadapi perkembangan dan perubahan yang demikian dibutuhkan kemampuan sosiatrisi untuk menganalisis, sekaligus memberikan solusi guna merumuskan agenda aksi; baik dalam proses demokratisasi maupun pengembangan kebijakan sosial. Berdasarkan pemikiran itu, Program Studi Ilmu Sosiatri Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik menyediakan wahana untuk memenuhi kemampuan tersebut.Akreditasi
Terakreditasi BAIK SEKALI (Berlaku sampai Mei 2029) |
Terakreditasi B (Berlaku sampai Juli 2023) |
Visi Dan Misi
Visi :Menjadi Program Studi yang mumpuni dalam pengembanganmasyarakar marjinal di dalam dan sekitar hutan tropis melalui pemberdayaan komunitas, tanggung jawab sosial perusahaan dan kebijakan pembangunan yang memihak pada nilai-nilai sosial kemanusiaan.
Misi :
- Misi Pendidikan : Menyelenggarakan pendidikan tingkat sarjana Ilmu Sosiatri/Pembangunan Sosial yang mumpuni dalam pendampingan, pemberdayaan masyarakat marjinal, dan advokasi kebijakan yang berpihak kepada demokrasi dan kemanusiaan.
- Misi Penelitian : Mengembangkan penelitian-penelitian pemetaan sosial dan riset-riset aksi (action research) terutama berkaitan dengan masalah-masalah masyarakat marjinal wilayah seputar industri pertambangan, perkebunan dan kehutanan untuk mendukung upaya fasilitasi, pemeberdayaan dan advokasi kebijakan sosial untuk masyarakat marjinal.
- Misi Pemberdayaan : Mengembangkan model-model fasilitasi, pendampingan, pengorganisasian sosial dan advokasi kebijakan yang menyumbang pada percepatan upaya-upaya mencapai kesejahteraan masyarakay yang terpinggirkan.
Tujuan
- Menghasilkan sarjana-sarjana Ilmu Sosiatri/Pembangunan Sosial yang memiliki kompetensi teoritis, metodologis dan praksis tentang fasilitasi/pendampingan, pengorganisasian masyarakat dan advokasi kebijakan pembangunan.- Menghasilkan riset-riset sosial, pemetaan sosial (Social Maping) dan Action Research yang mendukung bagi perumusan kebijakan pembangunan yang memihak kesejahteraan masyarakat.
- Menghasilkan model-model fasilitasi/pendampingan dan pengorganisasian masyarakat untuk mendukung percepatan pemberdayaan masyarakat.
Dosen Pengajar
DOSEN PROGRAM STUDI ADMINISTRASI BISNIS
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK
UNIVERSITAS MULAWARMAN
NO | NAMA & NIP | NIDN | TTL | PENDIDIKAN TERAKHIR | GOL | JABATAN FUNGSIONAL | TAHUN LULUS SERDOS |
1 | Prof. Dr. Hartutiningsih, MS. 19540813 198103 2 001 |
0013085402 | Balikpapan 13 – 08 – 1954 |
S3 | IV/d | Guru Besar | 2008 |
2 | Prof. Dr. H. Harihanto, MS. 19560603 198403 1 001 |
0003065603 | Blora, 03 – 06 – 1956 |
S3 | IV/c | Guru Besar | 2008 |
3 | Drs. Badruddin Nasir, M.Si. 19641231 199303 1 022 |
0009126405 | Ongkoe, 31 – 12 – 1964 |
S2 | IV/b | Lektor Kepala | 2009 |
4 | Dr. Sukapti, S.Sos., M.Hum. 19710215 199512 2 002 |
0015027102 | Sleman, 15 – 02 – 1971 |
S3 | IV/a | Lektor Kepala | 2011 |
5 | Dr. Muhammad Arifin, M.Hum 19691027 199512 1 001 |
0027106904 | Enrekang, 27 – 10 – 1969 |
S3 | III/d | Lektor | 2010 |
6 | Dra. Lisbet Situmorang, M.Si. 19620403 199303 2 002 |
0003046204 | Simpang Raya, 03 – 04 – 1962 |
S2 | III/d | Lektor | 2011 |
7 | Dr. Sri Murlianti, S.Sos., M.Si. 19740303 199903 2 001 |
0003037403 | Boyolali, 03 – 03 – 1974 |
S3 | III/c | Lektor | 2014 |
8 | Dra. Purwaningsih, M.Si., Ph.D 19670204 199203 2 002 |
0004026704 | Kulonprogo, 04 – 02 – 1967 |
S3 | III/d | Lektor | 2011 |
9 | Drs. Martinus Nanang, MA. 19600924 199003 1 002 |
Engkuni, 24 – 09 – 1960 |
S2 | III/b | Asisten Ahli | -- | |
10 | Agustin Nurmanina, S.Sos., MA. 19740809 200501 2 001 |
0009087406 | Bantul, 09 – 08 – 1974 |
S2 | III/a | Tenaga Pengajar | -- |
11 | Dr. Aji Eka Qomara Yulianti Dewi Hakim, S.Sn., M.Si 197307012023212011 |
- | Samarinda ,01 – 06 – 1973 |
S3 | III/b | Asisten Ahli | -- |
12 | A. Ismail Lukman, S.Pd., MA 19910127 202203 1 008 |
0927019102 | Tonra 27 Januari 1991 |
S2 | III/b | Asisten Ahli | -- |
13 | Zulkifli Abdullah, S.Sos, M.Si | 0024078705 | Tumbu 24-07-1987 |
S2 | III/b | Asisten Ahli |
Kompetensi Program Studi
1. Mampu melakukan perubahan sosial (intervensi sosial) pada tingkat makro, mezzo, dan mikro2. Mampu beradaptasi terhadap dinamika pengendalian masalah dan isu-isu sosial yang ditangani dalam suatu tim kerja.
3. Mampu menguasai ide-ide dasar teori sosial (Social Theory) dan pembangunan (Development Theory) untuk melakukan intervensi sosial dalam rangka menangani masalah-masalah sosial pada tingkat mezzo (organisasi, komunitas, local) dan makro (kabupaten/kota, provinsi, atau nasional).
4. Mampu menguasai ide-ide dasar teori pekerjaan sosial pada tingkat mikro untuk mengatasi masalah individu, keluarga, dan kelompok kecil. 5. Mampu menguasai ide-ide dasar teori sosial untuk melakukan penelitian kesejahteraan sosial.
Website : adbisnis.fisip-unmul.ac.id
Administrasi Bisnis Program Studi adalah program studi yang tersedia di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik yang berhubungan sosial berbasis ilmu administrasi dengan skema bisnis.
TERAKREDITASI BAIK SEKALI
pengantar
Program studi sarjana Administrasi Bisnis berfokus proses belajar mengajar yang pada ilmu administrasi dan praktek yang berkaitan dengan bisnis. Pelamar mahasiswa sarjana dapat berlaku untuk program ini melalui tiga titik masuk: seleksi nasional melalui undangan, pemilihan nasional dengan tes tertulis, dan seleksi lokal.Akreditasi
TERAKREDITASI BAIK SEKALI (Berlaku sampai Agustus 2028) |
* Administrasi Bisnis, Berdasarkan Keputusan BAN-PT No. 821/SK/BAN-PT/Akred/III/2018, Berlaku sejak 20 Maret 2018 - 20 Maret 2023. Klik * Diploma Tiga Administrasi Perkantoran, Berdasarkan Keputusan BAN-PT No. 086/SK/BAN-PT/Akred/XII/Dpl-III/II/2013, Berlaku sejak 21 Februari 2013 - 21 Februari 2018. KlikAkreditasi : Ilmu Administrasi Niaga dengan No. SK 030/SK/BAN-PT/AK-XV/S/I/2013. Tanggal 31 Januari diganti dengan Ilmu Administrasi Bisnis. Berdasarkan No. 821/SK/BAN-PT/Akred/S/III/2018. (Berlaku sampai Maret 2023) |
Visi dan Misi
Visi : Menjadi lembaga pendidikan dan pengembangan ilmu Administrasi Bisnis yang unggul, berintegritas, serta berjiwa entrepreneur yang memberdayakan lingkungan tahun 2021.Misi :
1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang unggul, berjiwa entrepreneur, dan berstandar mutu nasional
2. Meningkatkan mutu penelitian yang berperan dalam pengembangan keilmuan Ilmu Administrasi Bisnis yang aplikatif, pemberdayaan lingkungan dan diakui secara
3. Mendorong kegiatan pengabdian masyarakat yang berfokus kepada pembinaan UMKM dan pemberdayaan lingkungan.
Dosen Pengajar
DOSEN PROGRAM STUDI ADMINISTRASI BISNIS
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK
UNIVERSITAS MULAWARMAN
NO | NAMA | NIP | NIDN | TTL | PENDIDIKAN TERAKHIR | GOL | JABATAN FUNGSIONAL | TAHUN LULUS SERDOS |
1 | Dr. Muhammad Zaini, M.Si | 19670601 200312 1 001 | 0001066705 | Nganjuk, 1 Juni 1967 | S3 | III/c | Lektor | 2015 |
2 | Dr. Finnah Fourqoniah, M.Si | 19800709 200604 2 001 | 0009078004 | Samarinda, 9 Juli 1980 | S3 | III/b | Lektor | 2016 |
3 | Dr. Lailatul Hijrah, SE., M.Si | 19841115 201504 2 003 | 0015118403 | Samarinda, 19 November 1984 | S3 | III/b | Lektor | 2018 |
4 | Adietya Arie Hetami, S.Sos., M.AB | 19810430 200501 1 002 | 0030048102 | Surakarta, 30 April 1981 | S2 | III/c | Lektor | 2012 |
5 | Muhammad Fikry Aransyah, M.BA., B.BA | 19881020 201803 1 002 | 8820740017 | Samarinda, 20 Oktober 1988 | S2 | III/b | Lektor | 2022 |
6 | Arwin Sanjaya, S.Pd., M.AB | 19901027 201803 1 002 | 0027109004 | Bone. 27 Oktober 1990 | S2 | III/c | Lektor | 2021 |
7 | Ana Noor Andriana, S.AB., M.AB | 19921101 201903 2 019 | 0001119202 | Long Ikis, 1 November 1992 | S2 | III/b | Asisten Ahli | |
8 | Wira Bharata, S.AB., M.AB | 19861117 201903 1 008 | 0717118603 | Jember, 17 November 1986 | S2 | III/b | Asisten Ahli | 2022 |
9 | Poppy Alvianolita Sanistasya, S. AB., M. AB | 19910910 202203 2 013 | 0010099108 | Samarinda, 10 September 1991 | S2 | III/b | Asisten Ahli | |
10 | Khairil Anwar, SE., M. Si | 19820110 200604 1 003 | 0010018209 | Samarinda, 10 Januari 1982 | S2 | III/d | Penata Tingkat I | |
11 | Tuti Wediawati, S.Sos., M.Si | 0013108005 | Sanga-sanga, 13 Oktober 1980 | S2 | Asisten Ahli | |||
12 | Fareis Althalets, S.Par., MM | 0002128907 | Semarang, 2 Desember 1989 | S2 | Asisten Ahli | |||
13 | Annisa Wahyuni Arsyad, S.IP., M.M | 1110068203 |
Tujuan
Mengacu pada visi dan misi, maka program studi Administrasi Bisnis bertujuan :1. Menghasilkan lulusan yang berkualitas, beretika, mandiri dan berjiwa Entrepreneur serta berdaya saing tinggi dalam bidang Administrasi Bisnis.
2. Menghasilkan lulusan yang mampu menangkap peluang, merealisasikan, mengembangkan bisnis menjadi usaha yang menguntungkan, berkelanjutan dan bermanfaat bagi masyarakat.
3. Menghasilkan karya-karya dan publikasi ilmiah dalam bidang Ilmu Administrasi Bisnis yang bermutu, aplikatif dan diakui secara nasional.
4. Menghasilkan kegiatan pengabdian masyarakat yang berdaya guna Bagi pelaku UMKM dan lingkungannya
Kurikulum
Kurikulum Program Strata Satu (S1) Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman bisa dilihat di siniKurikulum 2014
Kurikulum Baru Program Strata Satu (S1) Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman berdasarkan SK Dekan Nomor : 62/AK/2014 Tanggal 25 maret 2014. Dapat dilihat di siniKurikulum 2019
Kurikulum (S1) Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman tahun 2019 dapat dilihat di sini
Website : ap.fisip-unmul.ac.id
Program Studi Administrasi Publik adalah program studi tertua di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman.
TERAKREDITASI A
Profil
Pada awalnya berdirinya, 28 September 1962, UNMUL hanya memiliki satu fakultas, yaitu Fakultas Ketatanegaraan dan Ketataniagaan. Pada tahun 1966 mengalami pemisahan menjadi Fakultas Sosial Politik dan Fakultas Ekonomi. Program Studi S1 Administrasi Negara yang bernaung di bawah Jurusan Ilmu Administrasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, memiliki status berdasarkan SK BAN-PT Nomor 001/BAN-PT/Ak-XI/S1/IV/2008 tanggal 18 April 2008.Akreditasi
Terkreditasi A. (Berlaku April 2024 - Mei 2029) |
Terkreditasi A. (Berlaku April 2019 - April 2024) |
Terkreditasi B, (Berlaku sampai September 2018) |
Dosen Pengajar
DOSEN PENGAJAR PROGRAM STUDI S1 ADMINISTRASI PUBLIK
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS MULAWARMAN
No | Nama & NIP | NIDN | TTL | Pendidikan Terakhir | Gol. | Jabatan Fungsional Akademik | Tahun Lulus Serdos |
1 | Prof. Dr. Adri Patton, M.Si. 19630815 198803 1 003 |
0015086306 | Tanjung Selor, 15 – 08 – 1963 |
S3 | IV/e | Guru Besar | 2008 |
2 | Prof. Dr. Hj. Aji Ratna Kusuma, M.Si. 19590308 198403 2 001 |
0008035907 | Gunung Tabur, 08 – 03 – 1959 |
S3 | IV/d | Guru Besar | 2008 |
3 | Dr. Heryono Susilo Utomo, M.Si. 19591023 198803 1 010 |
0023105907 | Balikpapan, 23 – 10 – 1959 |
S3 | IV/b | Lektor Kepala | 2009 |
4 | Prof. Dr. Bambang Irawan, S.Sos., M.Si. 19760216 200501 1 002 |
0016027603 | Tanjung Santan, 16 – 02 – 1976 |
S3 | III/d | Guru Besar | 2011 |
5 | Dr. Saipul, S.Sos., M.Si. 19760907 200312 1 001 |
0007097606 | Melintang, 07 – 09 – 1976 |
S3 | III/c | Lektor | -- |
6 | Dr. Fajar Apriani, M.Si. 19830414 200501 2 003 |
0014048301 | Samarinda, 14 – 04 – 1983 |
S3 | III/c | Lektor | 2013 |
7 | Dr. Enos Paselle, S.Sos., M.AP. 19740524 200501 1 002 |
0024057404 | Talungipu, 24 – 05 – 1974 |
S3 | III/c | Lektor | 2013 |
8 | Dr. Cathas Teguh Prakoso, S.Sos., M.Si. 19741120 200501 1 001 |
0020117401 | Jember, 20 – 11 – 1974 |
S3 | III/c | Lektor | 2016 |
9 | Dini Zulfiani, M.Si. 19781019 200604 2 003 |
0019107805 | Samarinda, 19 – 10 – 1978 |
S2 | III/c | Lektor | 2016 |
10 | Dr. Santi Rande, S.Sos., M.Si. 19751001 200604 2 001 |
0001107507 | Jayapura, 01 – 10 – 1975 |
S3 | III/b | Asisten Ahli | 2016 |
11 | Hj. Hariati, S.Sos., M.Si. 19760403 200812 2 002 |
0003047606 | Samarinda, 03 – 04 – 1976 |
S2 | III/b | Asisten Ahli | -- |
12 | Dra. Hj. Ida Wahyuni, M.Si. 19661020 200910 2 001 |
0020106612 | Sangkulirang, 20 – 10 – 1966 |
S2 | III/b | Asisten Ahli | -- |
13 | Daryono, S.Sos., M.Si. Ph.D 19750416 200604 1 001 |
0016047506 | Tulung, Klaten, 16 – 04 – 1975 |
S2 | III/b | Tenaga Pengajar | -- |
14 | Dr. Kus Indarto, S.Sos., M.AP. 19740401 200604 1 001 |
0001047410 | Kerjo, Karanganyar, 01 – 04 – 1974 |
S2 | III/a | Asisten Ahli | -- |
15 | Thalita Rifda Khaerani, S.A.P., M.Si 19890922 202203 2 012 |
0022098905 | S2 | ||||
16 | Muhammad Arif Nurrahman, S.IP., M.Si 19930805 202321 1 017 |
||||||
17 | Friska Prastya Harlis, S.A.P.,M.K.P 19920819 202321 2 035 |
Formulir Download
* Persyaratan Seminar Proposal, Persyaratan Seminar Hasil Penelitian, Persyaratan Ujian Pendadaran klik diPERSYARATAN DAN PROSEDUR
PENGAJUAN JUDUL RENCANA PENELITIAN SKRIPSI
PROGRAM STUDI ADMINISTRASI PUBLIK FISIPOL UNMUL
PERSYARATAN | PROSEDUR |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Alamat dan Kontak
Alamat :Program Studi Ilmu Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik , Universitas Mulawarman, Gunung Kelua, Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia. Tel. (0541) 4121935
Website : https://ap.fisip-unmul.ac.id
Website : ip.fisip-unmul.ac.id
Dalam proses belajar mengajar, ini program studi menyoroti teori dan praktek pemerintah, seperti sistem pemerintahan pada setiap tingkat (internasional [pemerintah perbandingan], tingkat provinsi, distric / kota, dan desa), hubungan pemerintah pusat-daerah , pemilu, demokrasi lokal dan good governance, isu-isu kontemporer pemerintah, dll
TERAKREDITASI B
Pengantar
Program Sarjana Pemerintah didirikan pada tahun 1984, berdasarkan Surat Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor:, 102/DIKTI/Kep/1984 tanggal 21 Agustus 1984.Dalam sepuluh tahun terakhir, niat pemohon untuk mempelajari ilmu pemerintahan telah tinggi dan meningkat. Hal ini dapat diambil dari jumlah pelamar dan angka yang meningkat. Dalam pemilihan 2011 nasional, misalnya, total pelamar program studi adalah yang tertinggi di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Hal ini tampaknya karena meningkatnya jumlah pemerintah kabupaten dan kota di Kalimantan Timur, dari 6 kabupaten / kota pemerintah untuk 14 pemerintah kabupaten / kota. Peningkatan dengan segala cara membutuhkan pegawai pemerintah lebih.
Dalam perkembangan terbaru (awal 2012), usulan penetapan sebuah provinsi baru yang disebut Kaltara (Kalimantan Utara) telah disetujui oleh pemerintah pusat dan DPR. Proses pendiriannya sedang berlangsung. Ini berarti bahwa pegawai pemerintah lebih akan diperlukan.
Pada titik ini, keberadaan Program Sarjana di Pemerintah adalah sangat penting karena ini program studi bertujuan menghasilkan lulusan yang memiliki pengetahuan, pemahaman, keterampilan, dan sikap yang diperlukan dalam pemerintahan-hal yang berkaitan. Selain itu, kerja prospek lulusannya tidak hanya di lembaga pemerintah tetapi juga di sektor-sektor non-negara.
Visi dan Misi
Visi"Mewujudkan Program Studi Ilmu Pemerintahan sebagai pusat pengembangan ilmu pemerintahan dan politik lokal yang berdaya saing nasional dan internasional pada tahun 2025”
Misi
Misi Program Studi Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman adalah:
1. Melaksanakan pendidikan yang relevan dengan pengembangan ilmu pemerintahan dan politik lokal.
2. Mengembangkan penelitian dan pengkajian penyelenggaraan pemerintahan dan politik lokal.
3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk penyuluhan, bimbingan teknis dan pendampingan yang relevan dengan ilmu pemerintahan dan politik lokal.
Akreditasi
* Berdasarkan No. SK 011/SK/BAN-PT/Ak-XI/SI/VI/2008, Tanggal 22 November 2013. Terakreditasi B (Berlaku November 2013 - November 2018) Klik
* Berdasarkan No. SK 961/SK/BAN-PT/Akred/S/IV/2019, Tanggal 22 November 2013. Terakreditasi B (Berlaku 16 April 2019 - 16 April 2024) Klik
Dosen Pengajar
DOSEN PENGAJAR PROGRAM STUDI ILMU PEMERINTAHAN
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS MULAWARMAN
NO | NAMA & NIP | NIDN | TTL | PENDIDIKAN TERAKHIR | GOL | JABATAN FUNGSIONAL AKADEMIK | TAHUN LULUS SERDOS |
1 | Prof. Dr. H. Masjaya, M.Si. 19621231 199103 1 024 |
0031126275 | Subbi, 31 – 12 – 1962 |
S3 | IV/d | Guru Besar | 2008 |
2 | Prof. Dr. H. Adam Idris, M.Si. 19600114 198803 1 003 |
0014016004 | Bone, 14 – 01 – 1960 |
S3 | IV/d | Guru Besar | 2008 |
3 | Prof. Dr. H. Muhammad Noor, M.Si. 19600817 198601 1 001 |
0017086010 | Tanah Grogot, 17 – 08 – 1960 |
S3 | IV/a | Guru Besar | 2009 |
4 | Dr. Muhammad Jamal Amin, M.Si. 19641231 198903 1 034 |
0024116405 | Pangkajene, 31 – 12 – 1964 |
S3 | IV/a | Lektor Kepala | 2010 |
5 | Dr. Rita Kala Linggi, M.Si. 19581026 198903 2 001 |
0026105804 | Ujung Pandang, 26 – 10 – 1958 |
S3 | III/d | Lektor | 2010 |
6 | Dr. Phil. I Ketut Gunawan, MA. 19631212 199002 1 001 |
0012126309 | Dauh Pala, Tabanan 12 – 12 - 1963 |
S3 | IV/a | Lektor | 2010 |
7 | Lutfi Wahyudi, S.Sos., M.Si. 19701031 199802 1 002 |
0031017003 | Bojonegoro, 31 – 01 – 1970 |
S2 | III/d | Lektor | 2010 |
8 | Dr. Iman Surya, S.Sos., M.Si. 19741212 200112 1 001 |
0012127404 | Balikpapan, 12 – 12 – 1974 |
S3 | III/c | Lektor | 2015 |
9 | Dr. Anwar Alaydrus, S.Sos., MM. 19710226 200212 1 002 |
0026027104 | Banjarmasin, 26 – 02 – 1971 |
S3 | III/c | Lektor | 2016 |
10 | Dr. Muhammad Hairul Saleh, S.Sos., MA. 19730308 200312 1 002 |
0008037302 | Ujung Pandang 08 – 03 1973 |
S2 | III/c | Lektor | 2011 |
11 | Budiman, S.IP., M.Si. 19770712 200501 1 003 |
0012077702 | Ongkoe, 12 – 07 – 1977 |
S2 | III/c | Lektor | 2011 |
12 | Jauchar B., S.IP., M.Si. 19770108 200604 1 001 |
0008017705 | Belawa, 08 – 01 – 1977 |
S2 | III/c | Lektor | 2011 |
13 | Eddy Iskandar, S.Sos., M.Si. 19751217 200212 1 002 |
0017127508 | Balikpapan, 17 – 12 – 1975 |
S2 | III/b | Lektor | 2016 |
14 | Mohammad Taufik, S.Sos., M.Si. 19750313 200501 1 004 |
0013037505 | Indramayu, 13 – 03 – 1975 |
S2 | III/b | Lektor | 2012 |
15 | Hj. E. Letizia Dyastari, S.Sos.,M.Si. 19800714 200501 2 001 |
0014078002 | Malang, 14 – 07 – 1980 |
S2 | III/b | Lektor | -- |
16 | Melati Dama, S.Sos., M.Si. 19820416 200501 2 001 |
0016048201 | Samarinda, 16 – 04 – 1982 |
S2 | III/b | Asisten Ahli | -- |
17 | Muhammad Reza Fahlevy, S.Sos., M.Si 19861010 202012 1 007 |
0010108603 | S2 | ||||
18 | Yahdi Qolbi, S.I.P., M.I.Pol 19921127 202203 1 008 |
0027119208 | |||||
19 | Jumansyah, S.IP., M.I.Pol | 0003039302 | |||||
20 | Sry Reski Mulka, S.IP.,M.I.Pol | 0027089401 | |||||
21 | Tengku Imam Syarifuddin, S. IP., M.I.P. |
Program Manajemen
Dalam mengelola program studi untuk selamanya, ada tiga komponen yang telah dipertimbangkan: Input, Proses, dan Output. Komponen masukan terdiri dari dosen, mahasiswa, staf, kurikulum, fasilitas pendukung & prasarana, dan dana. Proses comnponent keprihatinan dengan pengelolaan program, proses belajar mengajar, suasana akademik, penelitian, ekstensi, sistem informasi, dan sistem pengendalian mutu. Komponen output terdiri dari lulusan dan produk akademik seperti laporan penelitian, publikasi, dll Beberapa dari mereka yang dijelaskan di bawah ini.Mahasiswa sebagai komponen masukan memainkan peran penting dalam eksistensi dan keberhasilan dari program studi dalam mengelola urusannya. Untuk mendapatkan siswa yang memenuhi syarat, program studi mencoba untuk melakukannya selektif dan kompetitif. Salah satu eforts adalah untuk membuat program studi berkelanjutan diakreditasi oleh Departemen Pendidikan. Dalam proses akreditasi terakhir, Program Studi Sarjana telah terakreditasi dengan nilai B. Dengan hasil ini, program studi ini memiliki hak untuk dimasukkan dalam proses seleksi nasional. Dengan ini proses seleksi nasional dan kompetitif, hanya siswa yang memenuhi syarat akan lulus dalam tes seleksi. Sebagai niat pelamar untuk belajar dalam disiplin akademis meningkat secara signifikan, ini program studi juga melakukan penerimaan mahasiswa melalui seleksi lokal.
Faktor penting lainnya dalam componet input adalah dosen dan staf. Sejauh ini, program studi ini memiliki 20 dosen tetap dengan qualificatons memegang gelar akademik dari gelar undergradute, gelar master, untuk gelar doktor yang diperoleh dari universitas di seluruh Indonesia dan luar negeri. Untuk meningkatkan kualitas dosen, ini program studi mendorong dosen untuk melanjutkan studi mereka, untuk mengejar gelar lanjutan, atau untuk melaksanakan penelitian dan ekstensi. Untuk mempersempit kesenjangan dosen-mahasiswa rasio, program ini telah mengusulkan kepada universitas dan departemen pendidikan untuk perekrutan dosen.
Kurikulum merupakan faktor penting dalam meningkatkan proses belajar mengajar dan dalam menghasilkan lulusan yang berkualitas. Setiap periode waktu tertentu (biasanya setiap empat tahun), kurikulum dievaluasi, dan hasilnya adalah, terutama, adjustement kurikulum. Dalam kurikulum baru-baru ini, jumlah unit kredit semester (CSU, SKS) yang harus diambil oleh mahasiswa adalah 157 CSU.
Last but not least, fasilitas pendukung dan infrastruktur ini sangat penting dalam proses belajar mengajar di Program Studi Pemerintah. Program studi berusaha untuk mendapatkan, memperbaiki, atau memperbaharui mereka. Fakultas ini juga memainkan peran penting dalam hal ini. Oleh karena itu, saat ini program studi memiliki officea perwakilan dengan peralatan overhead yang modern, ruang kuliah representave dilengkapi dengan peralatan modern, perpustakaan digital dengan referensi akademis yang memadai, ruang seminar modern untuk seminar tesis sarjana dan defencea, dan multi-tujuan ruang untuk melaksanakan fungsi-fungsi sosial dan kegiatan lain.
Last but not least, ada jurnal ilmiah yang disebut Jurnal Sosial-Politika (Journal of Scieces Sosial dan Politik) di Fakultas, di mana dosen dari program studi dapat mempublikasikan karya-karya mereka dalam jurnal tersebut.
Prospek Kerja
Prospek-prospek pekerjaan dari lulusan program studi ini begitu menjanjikan. Mereka bisa menjadi Pejabat Kebijakan Publik Keputusan dalam lembaga pemerintah, Strategi Manajer politik di partai politik, kampanye Manager untuk calon Presiden, Gubernur, Kabupaten / Kota Kepala, Politik dan Public Affairs Manager di perusahaan bisnis, Analisis Politik dan Konsultan di perusahaan konsultan politik, dosen di lembaga pendidikan tinggi, wartawan atau editor politik di media massa, pengusaha, dan Manajer asisten dan Team Leader di perusahaan.Mereka juga bisa bekerja sebagai komisaris terkait pilkada komite atau organisasi (KPU, Banwaslu, dll), anggota parlemen (DPRD, senat, dll), dan direktur atau aktivis LSM.
Kurikulum Lama
Kurikulum Program Strata Satu (S1) Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman bisa dilihat di sini. [PDF, 38 kb] Kurikulum ini berlaku untuk angkatan tahun 2008 hingga angkatan tahun 2013Kurikulum Baru
Kurikulum Baru Program Strata Satu (S1) Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman Berdasarkan SK Dekan No. 62/AK/2014 Tanggal 25 Maret 2014 bisa dilihat di sini. [PDF 46,4 kb] Kurikulum Baru ini berlaku untuk angkatan tahun 2014/2015
Website : hi.fisip-unmul.ac.id
Program Studi Hubungan Internasional adalah program studi yang bernaung di bawah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman yang bidang kajiannya mengkhususkan diri pada :
TERAKREDITASI B
Profil
Nama Program Studi : Hubungan InternasionalTingkat Pendidikan : Sarjana
Ketua Program Studi : Rahmah Daniah, S.IP., M.Si
Sekertaris Program Studi : Tendy S, Sos., M. Si
Alamat : Jl. Tanah Grogot Kampus Gn. Kelua Samarinda 75119
Telepon. : 0541-741312
Faksimili. : 0541-741312
E-mail : -
Website : hi.fisip-unmul.ac.id
Cabang Ilmu : Hubungan Internasional
Gelar yg diberikan : S.I.P
Penjelasan Singkat :
Hubungan Internasional Program Studi adalah program studi yang lahir dari kerjasama akademik antara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman, Samarinda, dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hassanudin, Makassar berdasarkan aggreement kerjasama kedua fakultas Nomor 3362/J17.1.13 / PP/2001 dan Nomor 2738/J04.10/TU/2001. Ini program studi telah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan tanda C berdasarkan Surat Keputusan BAN-PT No 011/BAN-PT/Ak-IX/S1/VI/2008 tanggal 20 Juni 2008.
Ini program studi adalah satu-satunya Program Studi Hubungan Internasional tersedia di Samarinda, Kalimantan Timur, dan di Kalimantan sejak tahun 2001 hingga 2011. Oleh karena itu, diharapkan program studi ini bisa menjadi center of excellence dalam studi hubungan internasional di Kalimantan.
Dalam perkembangannya sejak tahun 2001, para mahasiswa aktif yang tersisa sudah dari batch ke batch 2005 2001, dengan jumlah siswa 932 orang sebesar. Ini menunjukkan kemajuan yang menjanjikan dalam pengembangan program studi. Sementara itu, lulusan dapat melayani permintaan pasar di berbagai sektor. Mereka bekerja di instansi pemerintah baik di tingkat nasional dan tingkat daerah (provinsi dan kabupaten / kota), sektor swasta (perusahaan asing dan lokal, dll dengan berbagai bidang pekerjaan.
Ada dua pilihan dalam penerimaan mahasiswanya, yakni melalui seleksi nasional dan seleksi lokal. Hal ini menyebabkan dua jenis manajemen kegiatan akademik, berdasarkan kelas kelompok asal. Mereka yang diterima melalui seleksi nasional dikelompokkan sebagai kelas pagi yang disebut (menghadiri kuliah terutama di pagi hari), sementara orang-orang melalui seleksi lokal melaksanakan proses belajar mengajar mereka di sore hari.
Sejauh latar belakang pendidikan dosen yang bersangkutan, dosen yang lulus dari perguruan tinggi baik di Indonesia maupun di luar negeri. Dosen penuh waktu berjumlah 13 orang, sedangkan waktu paruh 20 orang. Beberapadari mereka yang bergelar doktor, sedangkan lainnya adalah gelar master. Selain itu, ada beberapa profesor di antara mereka.
Visi dan Misi
Visi :Mewujudkan Program Studi Ilmu Hubungan Internasional menjadi pusat kajian Ilmu Hubungan Internasional dan Program Studi Nadalandi Universitas Mulawarman.
Misi :
1. Menjadi pusat kajian dan pengembangan Ilmu hubungan internasional.
2. Meningkatkan sumber daya manusia daerah yang mampu mengembangkan Ilmu Hubungan Internasional baik di tingkat lokal, nasional maupun internasional.
Tujuan
1. Menghasilkan lulusan Hubungan Internasional yang kompetitif, sesuai dengan kebutuhan pasar2. Meningkatkan kualitas penelitian di bidang ilmu Hubungan Internasional
3. Meningkatkan kegiatan pengabdian masyarakat sebagai bentuk tanggung jawab sosial universitas
4. Meningkatkan potensi civitas akademika dan institusi Program Studi Hubungan Internasional dengan didukung sumberdaya manusia yang berintegritas
Akreditasi
Berdasarkan No. SK 6220/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2020. Tanggal 06 Oktober 2020, Terakreditasi B (Berlaku Oktober 2020 - Oktober 2025)*Berdasarkan No. SK 227/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/XI/2013. Tanggal 09 November 2013, Terakreditasi B (Berlaku November 2013 - November 2018)
Dosen Pengajar
DOSEN PENGAJAR PROGRAM STUDI S1 HUBUNGAN INTERNASIONAL
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS MULAWARMAN
No | Nama & NIP | NIDN | TTL | Pendidikan Terakhir | Gol. | Jabatan Fungsional Akademik | Tahun Lulus Serdos |
1 | Chairul Aftah, S.IP., MIA. 19730615 200312 1 002 |
0015067303 | Samarinda, 15 – 06 – 1973 |
S2 | III/d | Lektor | 2011 |
2 | Yuniarti, S.IP., M.Si. 19780623 200501 2 003 |
0023067802 | Banjarmasin, 23 – 06 – 1978 |
S2 | III/d | Lektor | 2011 |
3 | Sonny Sudiar, S.IP., MA. 19750331 200501 1 002 |
0031037501 | Samarinda, 31 – 03 – 1975 |
S2 | III/d | Lektor | 2012 |
4 | Dr. Uni Wahyuni Sagena, S.IP., M.Si. 19770329 200312 2 001 |
0029037706 | Polewali, 29 – 03 – 1977 |
S3 | III/c | Lektor | 2014 |
5 | Yayuk Anggraini, S.IP., M.Si. 19800110 200501 2 003 |
0010018001 | Samarinda, 10 – 01 – 1980 |
S2 | III/c | Lektor | 2011 |
6 | Rahmah Daniah, S.IP., M.Si. 19800727 200501 2 001 |
0027078001 | Samarinda, 27 – 07 – 1980 |
S2 | III/c | Lektor | 2011 |
7 | Enny Fathurachmi, S.IP., M.Si. 19761117 20012 2 001 |
0017117601 | Samarinda, 17 – 11 – 1976 |
S2 | III/b | Asisten Ahli | 2013 |
8 | Aisyah, S.IP., MA. 19780119 200912 2 004 |
0019017806 | Kota Binjai, 19 – 01 – 1978 |
S2 | III/b | Asisten Ahli | 2015 |
9 | Dadang Ilham Kurniawan, S.Sos., MA. 19891124 201404 1 001 |
0024118901 | Paser, 24 – 11 – 1989 |
S2 | III/b | Asisten Ahli | 2017 |
10 | Andi Purnawarman, S.Sos., M.Si. 19741231 200501 1 008 |
0031127401 | Pajalesang, 31 – 12 – 1974 |
S2 | III/a | Asisten Ahli | 2012 |
11 | Frentika Wahyu Retnowatik, S.IP., MA. 19790320 200604 2 003 |
0020037904 | Madiun, 20 – 03 – 1979 |
S2 | III/a | Asisten Ahli | 2012 |
12 |
Etha Pasan, S.IP., MA. |
004047904 | Wawondula, 04 – 04 – 1979 |
S2 | III/a | Asisten Ahli | 2017 |
13 | Tendy, S.Sos., M.Si. 19851018 200812 1 002 |
0018108501 | Samarinda, 18 – 10 – 1985 |
S2 | III/a | Tenaga Pengajar | -- |
14 | Frisca Alexandra, S.I.P.,M.A. | 1121089102 | |||||
15 | Rendy Wirawan, S.IP, MC-IR | ||||||
16 | Arif Wicaksa, S.IP.,M.A |
Kompetensi Program Studi
1. Pengetahuan dan Pemahaman- Memiliki kemampuan / kompetensi dalam mengembangkan pengetahuan dan pemahaman tentang konsep, teori, dan paradigma pendekatan ilmu sosial dan politik di tingkat individu, institusi, dan sistem dalam, skala lokal, nasional, internasional, dan global.
- Memiliki kemampuan / kompetensi dalam mengembangkan pengetahuan dan pemahaman tentang konsep, teori, pendekatan dan paradigma hubungan internasional.
- Memiliki kemampuan dalam kemajuan ilmu hubungan internasional.
2. Intelektual Keterampilan
- Memiliki kemampuan / kompetensi dalam memfasilitasi pengembangan keterampilan intelektual mahasiswa dan dosen dalam hubungan internasional.
- Memiliki kemampuan / kompetensi dalam memfasilitasi pengembangan keterampilan intelektual mahasiswa dan dosen dalam menganalisis kejadian sosial dan politik, gejala, dan fenomena di tingkat lokal, nasional, internasional dan tingkat global.
- Memiliki kemampuan / kompetensi dalam memfasilitasi pengembangan keterampilan intelektual mahasiswa dan dosen dalam pemikiran ulang, perencanaan, pencegahan dan penyelesaian masalah yang dihadapi.
3. Keterampilan Praktis
- Memiliki kemampuan / kompetensi dalam memfasilitasi pengembangan keterampilan praktis mahasiswa dan dosen dalam menerapkan konsep, teori, pendekatan, dan paradigma tentang ilmu-ilmu sosial dan politik di tingkat individu, institusi, dan sistem tingkat internasional di lokal, nasional, dan skala global .
- Memiliki kemampuan / kompetensi dalam memfasilitasi pengembangan keterampilan praktis mahasiswa dan dosen dalam menganalisis masalah sosial-politik dengan konsep menerapkan, teori, pendekatan, dan paradigma pada individu, institusi, dan sistem di tingkat lokal, nasional, internasional, dan global skala.
- Memiliki kemampuan / kompetensi dalam memfasilitasi pengembangan keterampilan praktis siswa dan kuliah dalam melakukan penelitian dengan menggunakan metode dalam hubungan internasional.
- Memiliki kemampuan / kompetensi dalam memfasilitasi pengembangan keterampilan praktis mahasiswa dan dosen dalam menghadapi permasalahan yang ada dan tantangan.
- Memiliki kemampuan / kompetensi dalam memfasilitasi pengembangan keterampilan praktis mahasiswa dan dosen dalam manajemen waktu, biaya, tenaga, dan pikiran untuk menerapkan ilmu yang diperoleh dan pengetahuan.
4. Manajerial Keterampilan
- Memiliki kemampuan manajerial dalam mengelola urusan administrasi program studi secara efisien dan efektif.
- Memiliki kemampuan manajerial dalam mengelola sumber daya program studi (sumber daya manusia, dana, modal sosial) secara efisien dan efektif.
- Memiliki keterampilan manajerial dalam penyelenggaraan acara akademik di tingkat lokal, nasional, dan internasional.
- Memiliki keterampilan manajerial dalam memperoleh dan memelihara status dari program studi yang terakreditasi.
- Memiliki keterampilan dalam melaksanakan inovasi, reformasi, atau penyesuaian untuk membuat tugas-tugas administrasi program studi berjalan lancar.
5. Sikap
- Selalu memelihara integritas program studi.
- Memiliki kemampuan dalam menegakkan etika ilmiah dalam penulisan ilmiah.
- Selalu menjunjung, mematuhi, dan melaksanakan peraturan fakultas dan universitas.
- Sensitif atau responsif terhadap perubahan sosial politik di tingkat lokal, nasional, dan internasional.
Website : pin.or.id
TERAKREDITASI B
Latar Belakang
Masalah UU No 22/1999 tentang Pemerintahan Daerah, diikuti dengan jumlah UU 32/2004, merupakan tonggak sejarah baru dalam pelaksanaan desentralisasi di Indonesia, terutama dalam memberikan kewenangan yang luas otonomi di semua wilayah. Sejak deklarasi hukum, daerah otonom baru telah terbentuk di setiap tempat terpencil di kepulauan ini. Di Kalimantan Timur, enam wilayah telah berkembang menjadi 13 kabupaten. Dengan perkembangan daerah otonom baru, ketersediaan sumber daya manusia yang profesional untuk mewujudkan tugas pemerintah serta untuk menjamin untuk mencapai sukses dalam pelaksanaan otonomi daerah di masing-masing daerah merupakan faktor penting. Di provinsi ini, ketersediaan sumber daya manusia sangat terkait dengan aspek kuantitas dan kualitas.Di 13 kabupaten provinsi, jumlah desa mencapai hingga 1.334 sedangkan jumlah kecamatan adalah 114. Jika diasumsikan bahwa setiap desa dan kecamatan perlu tiga pemimpin sipil, maka dalam rangka memenuhi aspek kuantitas, jumlah pemimpin sipil yang dibutuhkan adalah 4.344. Selama ini, lembaga-lembaga pendidikan yang menghasilkan pemimpin sipil hanya dapat menerima 30 siswa setiap tahun dari Kalimantan Timur keseluruhan. Jika upaya menghasilkan para pemimpin sipil didasarkan pada kuota, maka kita akan membutuhkan 140 tahun.
Untuk mengantisipasi kendala tersebut, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi dan seluruh kabupaten Kalimantan Timur menetapkan program pendidikan khusus untuk menghasilkan kader pemerintah sama dengan sarjana (gelar sarjana) dengan praktis dan berlaku orientasi.
Akreditasi
Program Pemerintahan Integratif berada di bawah Program Studi Ilmu Pemerintahan Berdasarkan No. SK 237/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/XI/2013, Tanggal 22 November 2013. Terakreditasi B (Berlaku November 2013 - November 2018)Visi dan Misi
Visi Pemerintahan integratif (PIN) adalah menjadi center of excellence dalam penyelenggaraan pendidikan bagi para pemimpin sipil desa. Sedangkan misi adalah untuk menghasilkan pemimpin sipil yang kuat, profesional dan kompeten dalam mengambil di tangan beberapa jenis masalah pemerintah serta melayani rakyatnya.Model dan Konsep Pendidikan
PIN menerapkan konsep terpadu pendidikan pemerintah, yaitu mengintegrasikan proses belajar mengajar yang diproyeksikan untuk menghasilkan lulusan-sebagai output-yang memiliki kemampuan intelektual tinggi, kompetensi praktis, sikap bijak dan profesional dan perilaku dengan otoritas sebagai pemimpin sipil. Oleh karena itu, siswa harus mengambil tiga proses belajar yang terkait satu sama lain. Pertama, mereka dididik untuk memahami teori dan analisis kasus pada subjek yang mereka pelajari. Kedua, mereka dididik untuk kemampuan praktis sendiri dan keterampilan dalam menjalankan pemerintahan, mengatasi masalah pemerintah, dan melayani orang-orang mereka. Ketiga, mereka dididik untuk memiliki bantalan berwibawa, bijaksana dan profesional sebagai pemimpin sipil.Untuk mencapai ke output lulusan yang disebutkan di atas, PIN menerapkan pola menempatkan mereka di asrama sebagai bagian dari proses pendidikan. Para siswa tinggal di asrama untuk jangka waktu tertentu. Hal ini secara khusus ditujukan untuk melatih mereka untuk memiliki disiplin dan sikap yang baik dan perilaku sebagai pemimpin sipil.
Manajemen
Pengelolaan menjalankan program PIN didasarkan pada kemitraan antara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman dan Pemerintah Provinsi bersama-sama dengan pemerintah dari 13 kabupaten Kalimantan Timur. Fakultas ini benar-benar bertanggung jawab untuk urusan akademik. Pemerintah Kabupaten mengirim orang mereka untuk melanjutkan studi mereka di PIN, sedangkan Pemerintah Provinsi bertindak sebagai fasilitator dengan pemerintah Kabupaten dan juga mengelola asrama siswa.Masa studi
Masa studi mereka di PIN adalah untuk 8 semester. Kegiatan pendidikan dilakukan di institusi ini termasuk perkuliahan, karakter dan disiplin bangunan-di asrama, magang, pada kegiatan pelatihan kerja dilaksanakan di lembaga pemerintah seperti desa kabupaten, kecamatan, dan kabupaten, dan penulisan skripsi.Organisasi
Pelaksanaan Program PIN didasarkan pada kemitraan antara Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Mulawarman dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dalam kerjasama dengan 13 pemerintah kabupaten provinsi.
Fakultas Ilmu Sosial dan Politik memainkan peran spesifiknya, yang menjalankan urusan akademik. Dengan demikian, fakultas beruang tanggung jawab yang berkaitan dengan semua karya akademik untuk Program PIN.
Sementara itu, dalam rangka memenuhi kebutuhan pemerintah menjadi kader memegang aspek yang baik seperti disiplin, sikap dan perilaku, pembentukan membimbing dan menempatkan para siswa di asrama dijalankan oleh pihak-pihak yang memiliki spesialisasi dan kepedulian yang tinggi pada aspek. Mereka adalah Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten Kalimantan Timur.
Kehidupan pola ditugaskan dalam kegiatan asrama dan akademik harus pergi dalam keseimbangan, sehingga kedua belah pihak coordinatedly harus bekerja agar mereka dapat pergi bersama dengan dan mendukung satu sama lain dalam memproduksi kader yang kuat dari para pemimpin.
Dewan manajemen terdiri dari direktur dan wakil direktur. Mereka dibantu oleh beberapa anggota staf dalam menjalankan program harian.
Dosen Pengajar
Dosen di PIN berasal dari institusi yang berbeda berdasarkan spesialisasi dan keahlian mereka. Tujuannya adalah untuk membekali siswa dengan pengetahuan dan keterampilan praktis dari para ahli. Lembaga-lembaga tersebut adalah sebagai berikut:1.Universitas Mulawarman Samarinda
2.Pejabat Pemerintah dan pejabat di Kalimantan Timur
3.IPDN (Institut Urusan Pemerintahan Dalam Negeri) Bandung dan Jakarta
4.Institution Administrasi Negara, Jakarta
5.Ministry dari Indonesia Aparatur, Jakarta
6.Badan Urusan Karyawan Negara, Jakarta
7.Ministry Dalam Negeri dan Departemen Pendidikan dan Trainning, Jakarta
8.etc.
Kurikulum
Kurikulum Program Strata Satu (S1) Pemerintahan Integratif Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman bisa dilihat di sini. [PDF, 25 kb]
Website : ilkom.fisip-unmul.ac.id
Program Sarjana Komunikasi adalah program studi di bawah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman yang proses belajar mengajar berfokus pada berbagai aspek komunikasi massa, hubungan manusia, dll
TERAKREDITASI B
Visi dan Misi
Visi :“Menjadi lembaga yang menyelenggarakan dan mengembangkan Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat di bidang Ilmu Komunikasi dan mampu menghasilkan praktisi komunikasi yang handal dan profesional di Indonesia pada tahun 2023”.
Misi :
1. Menyelenggarakan pendidikan Ilmu Komunikasi yang handal dan profesional.
2. Melaksanakan kegiatan penelitian bidang Ilmu Komunikasi yang bermanfaat di tingkat lokal dan nasional.
3. Melaksanakan kegiatan pemberdayaan masyarakat melalui aktivitas pengabdian bidang Ilmu Komunikasi.
4. Melaksanakan berbagai kerjasama dengan pihak lain untuk memperkaya referensi ranah Ilmu Komunikasi dan mengasah soft skill lulusan Program Studi S1 Ilmu Komunikasi Fisip Unmul.
Tujuan
Mengacu pada visi dan misi, Program Studi S1 Ilmu Komunikasi bertujuan untuk menghasilkan tenaga ahli di bidang Komunikasi dengan kualifikasi sebagai berikut :1. Menhasilkan sarjana Ilmu Komunikasi yang memiliki potensi sesuai tuntutan kebutuhan domestik.
2. Menghasilkan sarjana yang memiliki sikap dan kepribadian yang berlandaskan nilai-nilai luhur pancasila.
3. Meningkatkan daya serap dosen dan lulusan Ilmu Komunikasi untuk kegiatan pemberdayaan masyarakat bidang Komunikasi.
4. Meningkatkan kualitas kemampuan dosen dan mahasiswa secara praktis dan teoritis di boidang Komunikasi melalui kajian-kajian ilmiah.
5. Melaksanakan pelatihan (Workshop) dan penelitian sebagai bentuk implementasi bidang keilmuan Komunikasi.
Akreditasi
* Berdasarkan No. SK 1261/SK/BAN-PT/Ak.Ppj/S/IV/2023, Terakreditasi B (Berlaku sampai April 2028) Klik
* Berdasarkan No. SK 1075/SK/BAN-PT/Akred/S/IV/2018, Terakreditasi B (Berlaku sampai April 2023) Klik
* Berdasarkan Keputusan BAN-PT No. 044/SK/BAN-PT/Ak-XV/S/II/2013, Terakreditasi B (Berlaku Februari 2013 hingga Februari 2018) Klik
Prospek Kerja
Lulusan Program Studi Komunikasi akan mampu bekerja di berbagai bidang dan profesi, seperti pendidikan, kantor konsultan, penelitian, media massa, pemerintah, perusahaan, Comdev / CSR divisi, dllDosen Pengajar
Dosen Program Sarjana Komunikasi terdiri dari para ahli dan ilmuwan dengan gelar sarjana, gelar master, doktor, dan profesor. DOSEN PENGAJAR PROGRAM STUDI S1 ILMU KOMUNIKASI
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS MULAWARMAN
NO | NAMA & NIP | NIDN | TTL | PENDIDIKAN TERAKHIR | GOL | JABATAN FUNGSIONAL | TAHUN LULUS SERDOS |
1 | Hairunnisa, S.Sos., MM. 19730515 200604 2 002 |
0015057313 | Samarinda, 15 – 05 – 1973 |
S2 | III/d | Lektor | 2011 |
2 | Dr. Silviana Purwanti, S.Sos., M.Si .19801213 200501 2 001 |
0013128001 | Samarinda, 13 – 12 – 1980 |
S3 | III/c | Lektor | 2012 |
3 | Dr. Rina Juwita, S.IP., M.HRIR. 19810417 200501 2 001 |
0017048101 | Sanga-sanga, 17 – 04 – 1981 |
S3 | III/b | Lektor | 2012 |
4 | Hikmah, S.Sos., MA. 19821022 201404 2 001 |
0922108201 | Wajo, 22 – 10 – 1982 |
S2 | III/b | Tenaga Pengajar | -- |
5 | Nurliah, S.Sos., M.I.Kom. | 0920077701 | Ujungpandang, | S2 | - | - | -- |
6 |
Dr. Kezia Arum Sary, S.Ds., M.Med. Kom |
0024048604 |
Samarinda, 24 – 04 – 1986 |
S3 | - | - | -- |
7 | Kheyene Molekandella Boer, S.I.Kom., M.I.Kom 19890104 202203 2 003 |
1104018901 | Samarinda, 04 – 01 – 1989 |
S2 | - | - | -- |
8 |
Johantan Alfando Wikandana Sucipta S.I.Kom., M.I.Kom |
0016069102 |
Samarinda, |
S2 |
- | - | - |
9 |
Kadek Dristiana Dwivayani, S.Sos., M.Med.Kom |
0004038803 |
Balikpapan, |
S2 |
- | - | - |
10 | Ainun Nimatu Rohmah, S.I.Kom., M.A. 19910601 201903 2 025 |
S2 |
Kurikulum Lama
Kurikulum Program Strata Satu (S1) Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman bisa dilihat di sini. [PDF, 16 kb] Kurikulum ini berlaku untuk Angkatan Tahun 2008 hingga Angkatan Tahun 2013Kurikulum Baru
Kurikulum Baru Program Strata Satu (S1) Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman berdasarkan SK Dekan No. 62/AK/2014 Tanggal 25 Maret 2014 bisa dilihat di sini [PDF 51,0 kb] Kurikulim ini berlaku untuk Angkatan Tahun 2014/2015Alamat dan Kontak
Alamat :Program Studi Komunikasi, Fakultas Sosial dan Politik Scienes, Universitas Mulawarman, Gunung Kelua, Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia.
Kontak :
Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi : Plt. Ketua Prodi Ilmu Komunikasi Drs. Endang Erawan, M.Si
Program Studi Ilmu Komunikasi Fisip Unmul : 0541-749038
Website : psikologi.fisip-unmul.ac.id
Program Sarjana Psikologi adalah program studi saat ini di bawah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman. Program studi memfokuskan proses belajar mengajar pada perilaku dan proses mental manusia.
TERAKREDITASI BAIK SEKALI
Profil
Program sarjana di Psikologi didirikan pada tahun 2009 berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor 884/D/T/2009. Sejak berdirinya, data menunjukkan bahwa setiap tahun jumlah pelamar terdaftar ke peningkatan program dengan 50% rata-rata.Psikologi merupakan disiplin akademik mempelajari perilaku dan proses mental manusia. Oleh karena itu, lokus penelitian ini cukup luas, dari proses belajar, mengingat dan berpikir, proses perkembangan individu, hubungan intrapersonal dan interpersonal, perilaku organisasi, gangguan kepribadian. Oleh karena itu, bidang akademik Psikologi dikelompokkan berdasarkan keprihatinan akademis seperti psikologi industri dan organisasi, bidang di bidang pendidikan, bidang klinis, bidang pembangunan manusia, dan sosial.
Akreditasi
Terakreditasi Baik Sekali (Berlaku sampai 13 Februari 2029) |
Terakreditasi B (Berlaku sampai 30 Mei 2023) |
Terakreditasi C (Berlaku sampai Januari 2018) |
Visi and Misi
Visi :Menjadi institusi Psikologi yang berkualitas di Indonesia serta berorientasi pada pengembangan ilmu, sumber daya manusia, fasilitas dan teknologi di tahun 2025.
Misi :
1. Menyelenggarakan pembelajaran bermutu pada bidang ilmu psikologi, pendidikan, industri dan klinis.
2. Mendorong penelitian yang berorientasi pada individu dan masyarakat.
3. Menyelenggarakan upaya psiko-edukasi kepada masyarakat.
4. Menerapkan pengetahuan bidang psikologi sebagai solusi atas permasalahan individu dan masyarakat.
5. Menghasilkan lulusan berkualitas di bidang psikologi.
6. Menerapkan teknologi dan sistem informasi dalam aplikasi keilmuan psikologi.
Alamat dan Kontak
Alamat :Gedung Dekanat Fisipol Lantai 3,
Jln. Tanah Grogot, Kampus Gn. Kelua Universitas Mulawarman
Samarinda 75119
Kontak :
Telepon : 0541 - 412 1765
Email : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Website : psikologi.fisip-unmul.ac.id
Dosen Pengajar
DOSEN PENGAJAR PROGRAM STUDI S1 PSIKOLOGI
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS MULAWARMAN
No |
Nama & NIP |
NIDN |
TTL |
Pendidikan Terakhir |
Gol. |
Jabatan Fungsional Akademik |
Tahun Lulus Serdos |
1 |
Dr. Diah Rahayu, S.Psi., M.Si. 19770315 200801 2 014 |
0015037704 |
Muara Badak, |
S3 |
III/c |
Lektor |
2012 |
2 |
Muhammad Ali Adriansyah, S.Psi.,M.Si. |
0013058005 |
Palembang, |
S2 |
III/c |
Lektor |
2012 |
3 |
Lisda Sofia, S.Psi., M.Si. |
0027098003 |
Samarinda, |
S2 |
III/b |
Asisten Ahli |
2012 |
4 |
Netty Dyan Prastika, S.Psi., M.Psi. |
0020018302 |
Samarinda, |
S2 |
III/b |
Asisten Ahli |
2012 |
5 |
Rina Rifayanti, S.Psi., M.Psi. |
0001028307 |
Samarinda, |
S2 |
III/b |
Asisten Ahli |
2014 |
6 |
Hairani Lubis, S.Psi., M.Psi. |
0017038704 |
Tebing Tinggi, |
S2 |
III/b |
Asisten Ahli |
2014 |
7 |
Andreas Agung Kristanto, S.Psi., MA. |
0022118105 |
Pekalongan, |
S2 |
III/b |
Tenaga Pengajar |
2014 |
8 |
Aulia Suhesty, S.Psi., M.Si. |
0024128205 |
Samarinda, |
S2 |
- |
Tenaga Pengajar |
2017 |
9 | Nanik Handayani, M.Psi., Psikolog 19921108 202321 2 051 |
S2 | |||||
10 | Ridha Wahyuni, S.Psi., M.Psi 19930126 202321 2 034 |
S2 | |||||
11 | Ayunda Ramadhani, S.Psi, M.Psi 19850521 202321 2 028 |
8908260022 | S2 | ||||
12 | Dian Dwi Nur Rahmah, M.Psi., Psikolog 19910814 201903 2 029 |
0014089103 | S2 | ||||
13 | Miranti Rasyid, M.Psi., Psikolog 19911227 201903 2 022 |
0027129104 | S2 | ||||
14 | Nadya Novia Rahman, M.Psi., Psikolog 19931130 202203 2 019 |
0030119304 | S2 |
Website : map.fisip-unmul.ac.id
Program Pascasarjana Administrasi Negara adalah program pascasarjana yang hanya tersedia di Fakultas dan Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman. Minat lulusan Sarjana (S1) untuk melanjutkan studi di program pasca sarjana ini cukup tinggi.
TERAKREDITASI B
Latar Belakang
Dalam menghadapi era globalisasi dengan berbagai isu-isu baru akan menyebabkan karakter birokrasi yang ada pada saat ini, diperkirakan tidak cukup mampu untuk mengatasi berbagai permasalahan yang kompleks. Selain itu masyarakat juga terus mengalami kemajuan dalam segala aspek yang ditandai muncul dan maraknya isu demokrasi, keterbukaan HAM kelestarian linkungan dan lain sebagainya.Menyadari terjadinya perubahan tersebut, maka menjadi sangat penting bagi birokrasi untuk melakukan transformasi karakteristiknya secara terus menerus dan terencana baik dalam kapabilitas, kapasitas, maupun fisibilitasnya agar dapat merespon perubahan dengan cepat. Hal ini hanya dapat dilakukan apabila aparat birokrasi (para personilnya) terus menerus di kembangkan wawasan dan kemampuan profesionalnya dengan peningkatan sumber daya manusia (SDM) tersebut secara baik. Untuk menyikapi permasalahan tersebut Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman, sejak tahun akademik 2000/2001 membuka Program Magister Ilmu Administrasi Negara Pascasarjana Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.
Akreditasi
Berdasarkan NOMOR : 2007/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/M/III/2020. Terakreditasi B (Berlaku sampai Maret 2025) klikVisi dan Misi
Visi :Menjadi Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Yang Unggul Dalam Penyelenggaraan Administrasi Publik
Misi :
1. Meningkatkan kemapuan peserta didik yang dapat melakukan pendekatan ilmiah serta mampu memecahkan masalah-masalah dalam bidang pembangunan masyarakat.
2. Mempersiapkan peserta didik yang mampu menduduki, mengkoordinasi dan melaksanakan tugas-tugas dalam jabatan sesuai dengan bidangnya.
3.Mempersiapkan peserta didik yang mampu merencanakan dan melaksanakan penelitian untuk pembangunan ilmu pengetahuan dan teknologi
Tujuan
Program Magister Ilmu Administrasi Negara bertujuan untuk menghasilkan tenaga magister yang memiliki kemampuan konsepsional, analis, dan wawasan yang luas berkaitan dengan konsentrasi (minat) yang dipilih nya dalam ranggka penyelenggaraan pembangunan serta pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.Tujuan khusus dari Program Magister Administrasi Publik adalah:
1.Untuk menciptakan suasana proses belajar mengajar interaktif antara dosen dan mahasiswa sehingga budaya akademis seperti kebebasan akademik, kebebasan berpikir, dan kebebasan berekspresi akan terbentuk.
2.Untuk memelihara sivitas akademika mampu merumuskan masalah dalam administrasi publik serta terampil dalam melakukan penelitian dan dalam menganalisa permasalahan solvoing berkaitan dengan disiplin akademis mereka.
3.Untuk meningkatkan kontribusi akademisi dalam kemajuan ilmu administrasi publik.
4.Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kualifikasi sebagai berikut:
Memiliki pengetahuan yang cukup dan kemampuan akademik dalam mengejar studi doktor atau sebagai birokrat.
Memiliki gairah ilmiah, kepribadian yang kuat dan mandiri, dan kemampuan dalam pengembangan ilmu pengetahuan, ilmu administrasi publik pada khususnya.
Program Kuliah
Program Kuliah :1.Setiap siswa harus mengambil satu semester Unit total kredit (SKS) dari 37, termasuk 6 SKS untuk penulisan skripsi.
2.Proses belajar mengajar terdiri dari dosen, seminar, dan membaca individu.
Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran
Pelamar yang memegang gelar sarjana dari disiplin akademis dapat berlaku untuk program Pascasarjana di bidang Administrasi Negara.Aplikasi ini harus diserahkan ke program dengan mengisi formulir yang disediakan dan membayar biaya pendaftaran diuraikan di bawah ini:
1. Aplikasi Submission
- Biaya Pendaftaran : Rp. 500.000,-
2. Setelah diterima sebagai Mahasiswa
- SPP/ Semester : Rp. 8.500.000,-
Pembayaran harus diarahkan ke rekening bank Rektor Unmul (satu kebijakan akun), sebagai berikut:
Nama Bank : Bankaltim
Nama Akun : BENDAHARA PENERIMA UNMUL
Nama Akun : 0011509606
Dua salinan dari dokumen-dokumen berikut harus disampaikan, sebagai berikut:
1. Mengisi dan menandatangani aplikasi
2. Melampirkan sertifikat salinan ijasah sarjana
3. Melampirkan sertifikat akademik transkrip studi sarjana
4. Foto copy faktur dibayar (biaya pendaftaran, TPA, TOEFL, dll)
5. Dokumen dlama map dengan warna hijau
6. Pas foto warna dengan ukuran sebagai berikut:
a. 2x3 cm: 4 buah
b. 3x4 cm: 4 buah
c. 4x6 cm: 4 buah
Biaya Pendidikan
Perkuliahaan ditempuh selama 3 (tiga) semester untuk teori dan 1 (satu) semester penulisan tesis. Biaya Pendidikan sebesar Rp. 8.500.000,-/semester
Website : mip.fisip-unmul.ac.id
Program Pascasarjana Ilmu Pemerintahan adalah program pascasarjana yang hanya tersedia di Fakultas dan Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman. Minat lulusan Sarjana (S1) untuk melanjutkan studi di program pasca sarjana ini cukup tinggi.
TERAKREDITASI
Visi dan Misi
Visi :
Menjadi Program Magister yang terkemuka di Indonesia dalam pengembangan tata Kelola Pemerintahan berbasis Ibu Kota Negara, Politik dan Kebijakan Sumber Daya Alam melalui proses akademik, penelitian, dan pengabdian masyarakat yang diakui secara Nasional, Regional dan Internasional di tahun 2030.
Misi :
1. Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas dan efektif secara berkelanjutan yang mampu menghasilkan Magister Ilmu Pemerintahan yang memiliki kompetensi secara kognitif, afektif dan psikomotorik;
2. Menyelenggarakan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan mengembangkan penelitian dasar dan terapan yang inovatif dalam kajian otonomi daerah, Tata Kelola Pemerintahan dan Pengembangan Ibu Kota Nusantara (IKN).
3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka penerapan kompetensi di bidang Ilmu Pemerintahan;
4. Mengembangkan institusi dalam meningkatkan kualitas tata kelola Program Magister Ilmu Pemerintahan yang baik, sehingga mampu mengantisipasi dan mengakomodasi perubahan lingkungan strategis;
5. Membangun jaringan dan kerja sama yang produktif untuk menunjang pendidikan, pemerintahan dan dunia usaha di tingkat daerah, nasional dan internasional dalam pengembangan Ilmu Pemerintahan;
Jenis Kelas
a. Kelas Reguler Pagi: perkuliahan dilaksanakan pada hari kerja dan jam kerja. Kelas ini diperuntukkan bagi fresh graduates dan full-time students.
b. Kelas Sore-Weekend: perkuliahan dilaksanakan di luar jam kerja dan pada weekend. Kelas ini diperuntukkan bagi yang sudah berkerja atau part-time students.