Wisuda adalah upacara pengukuhan lulusan dan penyerahan ijazah yang dilaksanakan oleh Rektor, Direktur Program Pascasarjana dan Dekan Fakultas/Ketua UP. Fakultas di lingkungan Universitas Mulawarman.
Pelaksanaan wisuda Universitas Mulawarman diselenggarakan sebanyak empat kali dalam setahun, serta bilamana perlu dilaksanakan wisuda tambahan yang waktunya akan ditentukan oleh Rektor Universitas Mulawarman.
Pelaksanaan dan pendaftaran wisuda diselenggarakan oleh Bagian Pendidikan Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Mulawarman dengan berkoordinasi dengan pihak Program Pascasarjana/Fakultas/UP.Fakultas, Biro Administrasi Umum dan Keuangan dan lembaga perbankan yang ditunjuk oleh Universitas Mulawarman sebagai penerima setoran biaya wisuda.
Pelaksanaan dan pendaftaran
Pelaksanaan pendaftaran Wisuda dilakukan secara online dengan alur sebagai berikut :
1. Membayar biaya pendaftaran sesuai nominal yang ditentukan oleh Universitas Mulawarman pada Bank Mitra yang sudah bekerjasama dengan Universitas Mulawarman antara lain : Bank BNI, Bank Mandiri, Bank BTN, Bank Muamalat dan Bankaltim, melalui : teller, ATM, Internet Banking atau Mobile Banking.
2. Login pada sistem online menggunakan NIM dan Password yang sama dengan password pada portal akademik untuk mendaftar pada portal wisuda
3. Mengisi biodata dan meng-upload file pas foto hitam putih (memakai jas dan dasi) secara online pada portal wisuda dimana dan kapan saja (counter internet/warnet) atau memanfaatkan fasilitas internet di fakultas masing-masing.
4. Bagi calon isudawan yang kesulitan mengakses ke sistem online dapat minta bantuan petugas helpdesk di Gedung Belakang Sub Bagian Registrasi dan Statistik BAAK Rektorat UNMUL atau menghubungi kontak person panitia bagian Pendidikan BAAK Unmul
kontak person
- Hidayatul Muttaqien | 08125574413 |
- Achmad Bisri | 081253387201 |
- Supianto | 085250323336 |
- M. Syahrian Noor | 085246911784 |
- Agus Haryanto | 085247559718 |
- Dwi Ermawati | 081347203868 |
dokumen telah registrasi
5. Mencetak Tanda bukti telah mendaftar wisuda secara online pada portal wisuda
6. Menyerahkan print out tanda pendaftaran wisuda secara online, kepada panitia wisuda di Gedung Belakang Ruang Sub Bagian Registrasi dan Statistik BAAK Rektorat Unmul, tanggal 15 Februari s/d 5 Maret 2013, mulai pukul 08.00 Wita s/d 14.30 Wita, dengan melampirkan dokumen-dokumen sebagai berikut :
a. Bukti Pembayaran uang Pendaftaran wisuda di Bank Mitra
b. Fotocopy Surat Keterangan Kelulusan yang telah dilegalisir oleh pejabat yang berwenang sebanyak 2 lembar (1 lembar untuk mendafar wisuda, dan 1 lembar untuk formulir penulisan ijazah)
c. Sertifikat TOEFL atau surat keterangan pernah mengikuti test TOEFL dari Balai Bahasa Unmul Asli beserta fotocopy yang dilegalisir oleh Balai Bahasa Unmul sebanyak 2 lembar (1 lembar untuk mendafar wisuda, dan 1 lembar untuk formulir penulisan ijazah)
d. Surat Keterangan Penyerahan Karya Tulis Asli dari UPT. Perpustakaan Unmul (khusus lembar wisuda)
7. Calon Wisudawan yang sudah menyerahkan print out tanda bukti pendaftaran online beserta dokumen kelengkapan seperti pada point 6 ayat a, b, c, dan d akan memperoleh tanda bukti pendaftaran wisuda dari petugas setelah verifikasi
8. Calon Wisudawan yang tidak menyerahkan print out tanda bukti pendaftaran online beserta dokumen kelengkapan seperti pada point 6 ayat a, b, c, dan d, sesuai batas tanggal yang ditentukan, panitia berhak membatalkan sebagai wisudawan Unmul pada periode bersangkutan serta tidak terdaftar dalam buku lulusan.
Dokumen kelengkapan Ijazah
9. Mengisi Formulir penulisan ijazah, yang sudah ditandatangani oleh Pembantu Dekan I Fakultas/Pembantu Ketua I Up. Fakultas/Ketua Program Pascasarjana, dan sudah diberi cap/stempel, kemudian menyerahkan kepada petugas di gedung Belakang Ruang Sub Bagian Registrasi dan Statistik BAAK Rektorat Unmul, tanggal 15 Februaru s/d 5 Maret 2013, dengan kelengkapan sebagai berikut :
a. Fotocopy ijazah terakhir yang telah dilegalisasi Pejabat yang berwenang.
b. Pas foto hitam putih terbaru ukuran 3 x 4 cm, memakai jas dan dasi sebanyak 5 lembar (memakai jilbab dan kacamata membuat surat pernyataan diatas materai Rp.3000,-)
c. Fotocopy Surat keterangan Kelulusan yang telah dilegalisasi oleh pejabat yang berwenang sebanyak 1 lembar
d. Sertifikat TOEFL atau surat keterangan pernah mengikutii Test TOEFL dari UPT. Balai Bahasa Unmul Asli, beserta fotocopy yang sudah dilegalisasi oleh Balai Bahasa Unmul sebanyak 1 lembar.
Untuk informasi lebih lengkap klik di sini