­
Revisi Informasi Pendaftaran Pertukaran Mahasiswa Lintas Universitas

logo ind2                                                                                                  

1
PROGRAM STUDI
2
DOSEN
2
STAF
38
MAHASISWA

Fisip Unmul Selayang Pandang

  1. SEJARAH
  2. PRODI
  3. FASILITAS
  4. ORGANISASI
  5. DOSEN DAN STAF
  6. MAHASISWA
  7. ALUMNI
  8. WEB PRODI
  9. EJOURNAL
  10. KONTAK
Cikal bakal berdirinya Fisip Unmul bisa ditelusuri sejak tahun 1962, yang diberi nama Perguruan Tinggi Mulawarman. Nama ini ditetapkan secara resmi dalam Surat Keputusan Gubernur Kaltim No. 15/PPK/62. Nama ini tak lama digunakan karena ketika meminta pengesahan Menteri PTIP kemudian nama ini diubah menjadi Universitas Kalimantan Timur (Unikat). Berdasarkan Keputusan Presiden RI tanggal 23 April 1963, nama yang disetujui adalah Universitas Mulawarman (Unmul). Pada saat menggunakan nama Perguruan Tinggi Mulawarman, hanya ada dua Fakultas Ketatanegaraan dan Ketataniagaan. Pada tahun 1966, kedua Fakultas tersebut dipisah menjadi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik dan Fakultas Ekonomi.
Jumlah Program Studi (Prodi) di Fisipol Unmul mengalami peningkatan pesat dibandingkan dengan ketika awalnya berdiri. Sebelum tahun 2000, jumlah Prodi hanya tiga, yakni Ilmu Administrasi Publik, Ilmu Pemerintahan, dan Pembangunan Sosial. Peningkatan secara signifikan terjadi mulai tahun 2000 dengan dibentuknya Prodi-Prodi baru. Sekarang ini, Fisip Unmul memiliki delapan program S1 (Administrasi Publik, Ilmu Pemerintahan, Pembangunan Sosial, Ilmu Hubungan Internasional, Administrasi Bisnis, Ilmu Komunikasi, Psikologi, Pemerintahan Integratif) dan dua program S2 (Magister Administrasi Publik, Magister Ilmu Pemerintahan).
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman memiliki fasilitas dan prasarana yang beragam, lengkap dan sangat memadai guna menunjang proses belajar mengajar di lembaga ini. Fasilitas serta prasarana dikelola dan dirawat oleh staf Umum dan BMN yang khusus untuk itu. Beberapa di antaranya adalah gedung perkuliahan dan perkantoran (Dekanat) yang representatif, ruang pertemuan ilmiah dan konferensi yang luas, ruang seminar dan ruang sidang ujian skripsi yang dilengkapi dengan peralatan modern, perpustakaan digital, hot spot, tempat parkir yang luas, sarana keagamaan (tempat ibadah), alat musik (band), berbagai jenis lapangan olahraga, dan lain sebagainya.
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman dipimpin oleh Dekan, yang dibantu oleh tiga Wakil Dekan, yakni Wakil Dekan I (bidang akademik), Wakil Dekan II (bidang administrasi, kepegawaian dan keuangan) dan Wakil Dekan III (bidang kemahasiswaan). Di bidang akademik, Dekan membawahi Program Studi (dipimpin Ketua Prodi, yang dibantu Sekretaris Prodi). Di bidang administrasi, Dekan membawahi Tata Usaha (TU), yang dipimpin oleh Ketua Tata Usaha (KTU). KTU membawahi sub-sub bagian (Subag), yang dipimpin oleh Kepala Sub-Bagian (Kasubag), seperti Kasubag Pendidikan, Kasubag Kemahasiswaan & Alumni, Kasubag Keuangan & SDM, Kasubag BMN & Perlengkapan.
Peran dosen dan staf sangat krusial dalam proses belajar mengajar pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman. Hingga bulan April 2017, jumlah keseluruhan dosen tetap PNS sebanyak 88 dan dosen tetap non-pns sebanyak 18 dosen. Dilihat dari segi pendidikannya, proporsi mereka adalah 31 dosen berpendidikan Doktor, 57 dosen berpendidikan Magister dan 0 berpendidikan Sarjana. Sementara itu, jumlah keseluruhan staf di Fisip Unmul adalah 114 orang, yang terdiri dari 70 laki-laki dan 44 perempuan. Di lihat dari status kepegawaiannya, 27 orang staf adalah PNS sementara 87 orang adalah pegawai Honorer atau yang belum berstatus sebagai PNS.
Peminat ilmu-ilmu sosial dan politik belakangan ini meningkat pesat. Ini dicirikan dengan peningkatan jumlah mahasiswa yang signifikan. Sebelum tahun 2000, jumlah mahasiswa tercatat tidak lebih dari 700 orang, sementara pada bulan April 2007 jumlanya mencapai 4585 orang, dimana 1296 di antaranya adalah mashasiswa dari jalur seleksi nasional, sementara 3288 orang dari jalur seleksi lokal/mandiri di semua jenjang (D3. S1, dan S2). Pada tahun 2024, jumlah mahasiswa yang terdaftar di Fisip Unmul adalah 4.606 orang. Dari jumlah ini, sebanyak 7,42% mahasiswa tidak melakukan her registrasi, sementara mayoritas dari mereka, yakni sebanyak 92,58% mahasiswa telah melakukan her-registrasi atau yang aktif kuliah.
Oleh karena Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman (Fisip Unmul) didirikan sejak 1962, sudah banyak alumni yang dihasilkan oleh Fakultas ini. Dari data yang ada, jumlah mereka adalah 6145 orang, yang sekarang tersebar di seluruh Indonesia dan bahkan ada yang di luar negeri. Namun, jumlah yang terbanyak berada/bermukim di Kalimantan Timur. Banyak di antara mereka yang berprofesi sebagai Pegawai Negeri Sipil, birokrat, pejabat, politisi, pengusaha, wiraswasta, aktivis, self-employed, dan lain sebagainya. Para alumni Fisip Unmul memiliki wadah organisasi alumni yang diberi nama IKA-Fisip Unmul (Ikatan Keluarga Alumni Fakulas Ilmu Sosial dan Ilmu Poltik, Universitas Mulawarman).
Fisip Unmul memberikan ruang bagi Prodi untuk tampil di cyber space sehingga mereka bisa berkiprah secara kreatif untuk kepentingan Prodi dalam payung Keluarga Besar Fisip Unmul. Alasan lainnya, ketika mengusulkan akreditasi, Prodi terkait diminta mencantumkan alamat situs Program Studi, yang menjadi salah satu poin penilaian akreditasi. Beberapa yang sudah online adalah Program Magister (S2) Administrasi Publik (https://map.fisip-unmul.ac.id), (S2) Ilmu Pemerintahan (https://mip.fisip-unmul.ac.id), Prodi Ilmu Pemerintahan (https://ip.fisip-unmul.ac.id), Prodi Psikologi (https://psikologi.fisip-unmul.ac.id), Prodi Ilmu Hubungan Internasional (https://hi.fisip.unmul.ac.id), Prodi Ilmu Komunikasi (https://ilkom.fisip-unmul.ac.id), Prodi Administrasi Bisnis (https://adbisnis.fisip-unmul.ac.id), Prodi Administrasi Publik (https://ap.fisip-unmul.ac.id), Prodi Pembangunan Sosial (https://ps.fisip-unmul.ac.id), Prodi Pemerintahan Integratif (http://pin.or.id).
Semua Program Studi/Pendidikan di Fisip Unmul telah memiliki eJournal, sbb: 1) eJournal Ilmu Administrasi Negara (https://ejournal.an.fisip-unmul.ac.id), 2) eJournal Ilmu Pemerintahan (https://ejournal.ip.fisip-unmul.ac.id), 3) eJournal Sosiatri-Sosiologi (https://ejournal.sos.fisip-unmul.ac.id), 4) eJournal Ilmu Hubungan Internasional (https://ejournal.hi.fisip-unmul.ac.id), 5) eJournal Ilmu Komunikasi (https://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id), 6) eJournal Administrasi Bisnis (https://ejournal.adbisnis.fisip-unmul.ac.id), 7) eJournal Psikologi (https://ejournal.psikologi.fisip-unmul.ac.id), 8) eJournal Pemerintahan Integratif (http://ejournal.pin.or.id), 9) eJournal Magister Ilmu Administrasi Negara (http://ar.mian.fisip-unmul.ac.id). Pintu gerbang (gateway) dari eJournal-eJournal tersebut adalah Portal Karya Ilmiah Fisip Unmul (https://portal.fisip-unmul.ac.id).
Kampus Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman (Fisip Unmul) berlokasi Kota Samarinda, Kalimantan Timur. Kampus Fisip Unmul ini terletak di dataran tinggi dalam kompleks kampus Universitas Mulawarman sehingga bebas banjir. Alamatnya adalah: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman, Kampus Gunung Kelua, Samarinda 75411, Kalimantan Timur. Fisip Unmul bisa dihubungi dengan telepon pada nomor (0541) 743820 dan 748662, atau dengan Fax pada nomor (0541) 743820. Fisip Unmul bisa juga dihubungi dengan email di alamat fisip[at]fisip-unmul.ac.id (ganti tanda [at] dgn @) atau melalui website (menu Kontak di web ini). Selain itu, Fisip Unmul memiliki account Facebook dan Twitter, yang bisa dipakai sebagai sarana kontak.

Calon Mahasiswa Baru

  1. INTRO
  2. PENDAFTARAN
  3. UKT
  4. BEASISWA
  5. PILIHAN STUDI
Minat lulusan SMU/SMK untuk menjadi mahasiswa Fisip Unmul tergolong tinggi. Demikian juga lulusan S1 yang ingin melanjutkan ke S2. Ini bisa dilihat dari banyaknya dan terus meningkatnya pelamar dalam lima tahun terakhir. Tingginya animo tersebut direspon dengan tiap tahun melakukan penerimaan mahasiswa baru di sepuluh Program Studi dari berbagai jalur penerimaan (SNBP, SNBT, SMMPTN) dan jenjang studi (S1 & S2). Jumlah mahasiswa yang diterima setiap tahunnya adalah sekitar 1000 orang. Dilihat dari jumlah mahasiswa, Fisip Unmul sekarang ini menempati urutan ketiga di lingkungan Unmul, setelah FKIP dan Fekon, dengan total 5336 lebih mahasiswa yang aktif kuliah. Mahasiswa-mahasiswa Fisip Unmul tersebar di 10 Program Studi di berbagai jenjang studi (S1/Program Sarjana dan S2/Program Pascasarjana).
Untuk bisa menjadi mahasiswa pada salah satu Program Studi di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman, ada tiga jalur yang dapat ditempuh, yakni Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), dan Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN). Untuk bisa ikut dalam seleksi penerimaan mahaiswa baru di ketiga atau salah satu jalur tersebut, maka calon mahasiswa mesti melakukan pendaftaran untuk mendapatkan identitas peserta atau kartu peserta ujian. Pendaftaran di ketiga jalur masuk tersebut dilakukan secara online di Internet, di link situs yang telah ditentukan oleh Depdiknas (untuk SNBP), Majelis Rektor PTN se-Indonesia (SNBT), dan Universitas Mulawarman (Jalur Mandiri/SMMPTN).
Pemerintah Pusat (dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan) berusaha meringankan beban biaya pendidikan di PTN bagi keluarga yang kurang mampu, sehingga anak-anak dari keluarganya yang tergolong kurang mampu tetap bisa mengenyam pendidikan di perguruan tinggi negeri. Tindak lanjutnya adalah, mulai tahun 2013, jumlah UKT di Fakultas-Fakultas di Unmul bervariasi jumlahnya. Di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman (Fisip unmul),jumlah UKT terendah adalah Rp 500.000,00/semester sementara yang tertinggi adalah Rp 5.000.000,00/semester. Interval jumlah UKT ini ditentukan berdasarkan penghasilan, pekerjaan, dan pengeluaran dari orang tua mahasiswa yang bersangkutan. Perhitungannya jumlah UKT ini memakai rumus perhitungan yang telah ditentukan.
Setiap tahun Fisip Unmul menerima alokasi beasiswa yang diperuntukkan bagi mahasiswa yang kurang mampu dan atau yang berprestasi. Pendaftaran untuk mendapatkan beasiswa ini bukan hanya bisa dilakukan ketika sudah menjadi mahasiswa, tapi juga ketika masih mendaftar masuk di Fisip Unmul (baik jalur undangan, jalur ujian tertulis, dan jalur mandiri/lokal). Beasiswa yang ditawarkan adalah beasiswa dengan Program Bidikmisi dari Departemen Pendidikan Nasional. Ketika menjadi mahasiswa, tawaran-tawaran beasiswa bukan hanya datang dari Depdiknas, tapi juga dari berbagai lembaga dan perusahaan seperti PT. Taspen, Bank Indonesia, Yayasan Supersemar, Osaka Gas Company, PT Pupuk Kaltim, LNG Bontang, Pertamina, PT. Djarum, Pemprov. Kaltim, BBPM, BRI, Eka Cipta Foundation, PPE, BCA, dsb.

Informasi

FISIP UNMUL - Sesuai  surat pengumuman yang dikeluarkan oleh Wakil Dekan bidang Akademik Nomor 11623/UN.17.2/AK/2021 tanggal 23 Juni 2021 tentang "Pertukaran Mahasiswa Lintas Universitas". bahwa kepada mahasiswa Fisip Unmul, khususnya yang akan memasuki Semester 5 dan Semester 7 pada Semester Ganjil 2021/2022, bersama ini disampaikan tawaran dari Kemendikbud Ristek untuk mengikuti proses pembelajaran dalam program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), sebagai berikut:

1. Kemendikbud Ristek menawarkan program pertukaran mahasiswa Lintas Universitas di seluruh Indonesia dalam bentuk pengambilan mata kuliah di universitas-universitas yang dituju dengan ketentuan sbb:

  1. Perkuliahan akan dilakukan secara luring (offline) atau luring dan daring (online).
  2. Peserta pertukaran mahasiswa akan diberi bantuan biayai transportasi udara, UKT, akomodasi, biaya hidup, pulsa, dsb sesuai ketentuan Kemendikbud Ristek.
  3. Jumlah KRS yang wajib diambil adalah 20 SKS selama satu semester, dimana 20 SKS itu bisa sepenuhnya diambil di universitas tujuan (semuanya luring), atau minimal 10 SKS di universitas tujuan (luring) dan sisanya sebanyak maksimal 10 SKS diambil di universitas lain (daring), termasuk di PTN asal (mis, Unmul/Fisip Unmul).
  4. Mahasiswa memilih tiga pulau sebagai tempat universitas tujuan namun pulau tersebut bukan merupakan lokasi universitas asal atau domisili mahasiswa (mis. mahasiswa dari pulau Kalimantan bisa memilih pulau Jawa, Sumatra,dan Bali- NTB). Jika lolos seleksi, Kemendikbud Ristek yang akan menentukan di pulau mana masing-masing mahasiswa akan ditempatkan untuk perkuliahan luring/offline.
  5. Untuk perkuliahan daring, mahasiswa bisa mengambil mata kuliah di universitas- universitas lain atau di universitas asal mahasiswa (mis. Unmul/Fisip Unmul) yang mata kuliahnya ditawarkan di program MBKM (nama mata kuliah ada di website Kemendikbud Ristek; lihat lampiran untuk MK Fisip Unmul).
  6. Mahasiswa diharapkan mengambil mata kuliah yang sama, mirip, beririsan, atau yang mendukung  Capaian Pembelajaran (CPL) Prodi sehingga proses pembelajaran yang diikuti sesuai/mendukung Capaian Pembelajaran (CPL) yang telah ditetapkan oleh Prodi atau kompetensi lulusan yang ingin dicapai.
  7. Bila menurut Prodi mata kuliah yang diambil sangat jauh dengan bidang ilmunya, atau mata kuliah yang diambil semata-mata untuk menambah pengalaman belajar (khususnya mahasiswa Semester 7 yang sudah/hampir habis teori), mata kuliah yang diambil tersebut bisa dimasukkan di Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI). Untuk hal ini, mahasiswa akan diminta oleh Prodinya untuk membuat Surat Pernyataan bersedia memasukkan mata kuliah tsb di SKPI, yang penyerahannya ke Prodi dapat dilakukan pada saat meminta Surat Rekomendasi dari Prodi.
  8. Mata kuliah yang diambil mesti mendapat rekomendasi dari Koordinator/Ketua Program Studi. Surat Rekomendasi ini bisa diupload setelah dinyatakan lolos seleksi dalam program pertukaran mahasiswa.
  9. Surat Keterangan Sehat dari Puskemas/RS bisa diupload setelah dinyatakan lolos seleksi dalam program pertukaran mahasiswa.
  10. Mahasiswa yang mengambil program ini diharapkan mengkomunikasikan pilihannya dengan Koordinator/Ketua Prodinya.

2. Pendaftaran dilakukan secara daring/online di website Kemedikbud Ristek di URL https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/, Deadline pendaftarannya adalah hari Minggu tanggal 27 Juni 2021.

Fakultas mendorong mahasiswa Semester 5 dan Semester 7 (terutama Semester 5) untuk mengambil program pertukaran mahasiswa dalam program Merdeka Belajar Kampus Merdeka ini guna menambah pengalaman belajar di luar kampus sendiri, memperluas wawasan, dan memilih apa yang menjadi aspirasi karier mahasiswa nantinya sehingga slogan Kemenristek Dikti terkait MBKM yakni “Ambil Kendali Masa Depanmu” bisa terwujud.

ditjen.dikti 208759117 162262889287282 4652787221588675367 n

Untitled1234Untitled12345

lintas univ2

Informasi jadwal pendaftaran semula dijadwalkan tanggal 14 Juni s/d 27 Juni 2021 diperpanjang hingga 05 Juli 2021, Pendaftaran melalui url https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/

Mahasiswa yang telah mengikuti Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) diminta untuk mengisi formulir yang telah disediakan oleh Fakultas (isi sesuai dengan program yang diikuti) melalui https://mbkm.fisip-unmul.ac.id/site/, guna mempermudah penginputan nilai mahasiswa yang telah mengikuti program MBKM.

SILAHKAN UNDUH :

Informasi selengkapnya silakan bergabung di whatsapp group Mahasiswa Merdeka Unmul melalui https://chat.whatsapp.com/F7TLrCXGyVoKIqUPrL0ifO

 

Pejabat Struktural & Dekan2 Fisip

pelayanan fakultas covid19 min


kwmahasiswaan

recent

ruang min

kontak person operator

kuisioner fisip unmul min

 
 
 
digital library
 

Pro : Sivitas Akademika

  1. MAHASISWA
  2. DOSEN/STAF
  3. ALUMNI
Thumbnail Pendaftaran Pelaksanaan Sosialisasi Peningkatan Kompetensi Dosen dan Tendik Tahun 2021 melalui ...
More inDosen/Staf  
Thumbnail No. Nama Perusahaan Posisi Link Pendaftaran 1 PT Pelita Samudera Shipping Tbk Graduate Development Program (GDP)...
More inAlumni  
 pascasarjana  dosenstaf  fasilitas  perpus  kontak
 qa  portal  galerifoto  falerivideo  download
undefined