logo ind2                                                                                                  

Webinar Nasional Series #2 Pilkada dan Kotak Kosong: Sebuah Keniscayaan Pemilihan di Era Pandemi Covid-19.

Webinar Series # 3 "Positive Vibes in The Workplace" Program Studi Psikologi Universitas Mulawarman

Visitasi Akreditasi Prodi Hubungan Internasional oleh BAN-PT

Selamat Atas Keberhasilan FISIP UNMUL Sebagai Tim Terbaik I NUDC Tingkat Universitas

thumb ujian mahasiswaSkripsi adalah karya ilmiah tertinggi yang dibuat oleh mahasiswa yang mengikuti pendidikan Strata Satu (S1).Sebagai sebuah karya ilmiah puncak yang mesti dibuat, maka segenap tenaga dan pikiran mesti dicurahkan agar hasilnya bisa dibanggakan. Hasil karya tentu penting. Namun dalam rangka proses belajar di perguruan tinggi, proses pembuatan skripsi jauh lebih penting. Proses pembuatan skripsi adalah proses pembelajaran untuk bagaimana merangkai konsep-konsep menjadi sebuah teorisasi yang nantinya mengarahkan jalannya penelitian.

Proses pembuatan skripsi adalah proses bagaimana menghadapkan teori-teori abstrak dengan kenyataan-kenyataan faktual. Proses pembuatan skripsi adalah proses belajar untuk melatih diri dalam menjunjung dan menegakkan nilai-nilai yang dianut oleh para ilmuwan, cendekiawan,dan idealis. Proses pembuatan skripsi adalah proses pembentukan integritas diri dalam kerangka nilai-nilai yang dijunjung tinggi itu.
Dalam konteks ini setiap perguruan tinggi menetapkan proses penyelesaian skripsi serta pengujian hasil karya puncak itu, yang antara perguruan tinggi yang satu bisa berbeda dengan perguruan tinggi lainnya. Di Universitas Mulawarman, dalam rentang waktu yang cukup lama, salah satu bagian penyelesaian dan pengujian karya ilmiah dilakukan dalam tiga tahapan, yakni Seminar Proposal, Seminar Hasil Penelitian, dan Ujian Skripsi atau Pendadaran. Dalam setiap tahapan ini, ditentukan bahwa dua pembimbing dan tiga penguji diharapkan hadir. Dalam waktu yang cukup lama mahasiswa lain tidak dilibatkan atau tidak terlibat dalam tiga tahapan tersebut, walaupun sebenarnya tidak ada larangan kalau mahasiswa ingin hadir.

Proses tersebut sekarang dicoba diefisienkan dengan mengubah jumlah tahapan menjadi dua, yakni Seminar Proposal dan Ujian Skripsi/Pendadaran. Dalam Seminar Skripsi, ditentukan minimal satu pembimbing dan dua penguji mesti hadir. Ditentukan pula bahwa mahasiswa lain yang berjumlah lima orang wajib dihadirkan sebagai pembahas atau penanya. Dalam Ujian Skripsi/Pendadaran, mahasiswa diuji oleh minimal satu pembimbing dan dua penguji tanpa adanya mahasiswa lain. Ketentuan ini berlaku sejak April 2012 untuk mereka yang baru akan melakukan Seminar Proposal. Untuk mahasiswa yang sudah melakukan Seminar Proposal sebelum berlakunya ketentuan baru ini, tetap diberlakukan ketentuan lama.

Perubahan sistem penyelesaian dan pengujian skripsi ini tentu menuntut pembimbing untuk lebih serius dan intens dalam membimbing pembuatan dan penyelesaian skripsi mahasiswa. Di sisi lain, mahasiswa pun dituntut untuk lebih serius lagi dalam melakukan penelitian, penulisan, dan mempersiapkan diri menghadapi hari yang sangat menentukan, hari Ujian Skripsi.

PENDAFTARAN YUDISIUM GELOMBANG IV TAHUN 2020 AKAN DIBUKA PADA 14 September 2020, Pukul : 12:00 pm Klik link : https://akademik.fisip-unmul.ac.id

Pejabat Struktural & Dekan2 Fisip

pelayanan fakultas covid19 min


recent

kontak person operator

kuisioner fisip unmul min

digital library

Pro : Sivitas Akademika

  1. MAHASISWA
  2. DOSEN/STAF
  3. ALUMNI
Thumbnail   SURAT EDARAN REKTOR UNIVERSITAS MULAWARMAN Nomor : 1555 /UN17/KP/2020 TENTANG LIBUR CUTI BERSAMA HARI RAYA IDUL FITRI...
More inDosen/Staf  
Tracer Study Universitas Mulawarman
Sabtu, 19 September 2020
Thumbnail Dihimbau kepada lulusan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Mulawarman untuk mengisi kuisioner...
More inAlumni