logo ind2                                                                                                  

Selamat dan Sukses Atas Terpilihnya Dr. Ir. H. Abdunnur, M. Si Sebagai Rektor Umul Periode 2022-2026

Mengundang Mantan Dekan Periode 1998-2003, Record Center Fisip Mengupas Sejarah Perkembangan Fakultas Kebanggaan

Timeline Pendaftaran Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat Batch III

POB Jalur Khusus Dies Natalis Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Universitas Mulawarman Tahun 2022

Perpanjangan Jadwal Pendaftaran Yudisium Fisip Unmul Dan Wisuda Gel. II Juni 2022

FISIPERS - Selasa (30/11/2021) Prodi Ilmu Komunikasi Angkatan 2019 menggelar Talkshow dengan tema "Fashion & Sexual Harassment" di Laboratorium Televisi Fakultas IImu Sosial dan Ilmu Politik Universtas Mulawarman. Acara dibuka oleh Ibu Rina Juwita, M.HR.IR selaku Ketua Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman. Beliau mengatakan keturut perhatinan kepada korban-korban pelecehan seksual yang kemudian disalahkan dikarenakan faktor pakaian yang seharusnya tidak menjadi alasan namun oknum yang melakukan pelecehan yang seharusnya disalahkan. Talkshow diselenggarakan dalam dua sesi dengan dua orang narasumber yang luar biasa serta pembahasan yang sangat perlu diperhatikan oleh orang banyak.

Screenshot 1Sesi pertama dibuka dengan menggali makna fashion dari pandangan seorang designer oleh ibu Amin Wahyuning Tyas. S.Sos ,beliau mengatakan bahwa fashion ikut serta dalam mengkampanyekan penolakan terhadap tindakan pelecehan seksual melalui kegiatan fashion seperti halnya bahwa fashion tidak mempengaruhi tindakan seorang untuk melakukan pelecehan seksual kendati demikian seseorang bebas menggunakan fashion apapun karena fashion adalah salah satu bentuk seni yang harus diapresiasi bukan dilecehkan.

Screenshot 2Selanjutnya acara talkshow disuguhkan dengan hiburan acara musikalisasi puisi. Oleh Eksa Trimarti dan Rio Hernanda dengan mempersembahkan Musikalisasi Puisi dengan judul "Kuhentikan Hujan" oleh Ari Reda dari Puisi Karya Pak Sapardji Djoko Damono. Dan diakhiri dengan lantunan lagu "Selaras" Oleh Kunto Aji dan Nadin Amizah dengan begitu merdu.

Sesi yang tidak kalah penting di sesi talkshow kali ini yaitu confession. Beberapa korban pelecehan seksual mengeluarkan suara mereka melalui google form yang sudah dipersiapkan lewat kegiatan Talkshow ini. Kemudian para korban mencoba untuk mengeluarkan suara mereka, ternyata banyak sekali korban pelecehan seksual bahkan di lingkungan perkuliahan pun sering kali terjadi, khususnya di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Mulawarman. Seorang korban mengungkapkan cerita kejadian memilukan itu pada kegiatan Talkshow ini.

Screenshot 3Pada sesi kedua dilanjutkan dengan pembahasan mengenai pelecehan seksual yang ditangani oleh ibu Ayunda Ramadhani M.Psi., Psikolog yakni seorang narasumber yang memang bergelut dibidangnya dan beliau pun menerangkan bahwa seringkali menerima laporan-laporan pelecehan seksual bahkan yang lebih mengejutkan bahwa laporan yang diterima oleh ibu Ayunda bersumber dari berbagai kalangan masyarakat tanpa memandang usia, profesi, atau pun gender. Selanjutnya acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, antusias dari para peserta sangat ramai baik secara online maupun offline. Salah satu pertanyaan datang dari peserta online menanyakan "Apakah sexual harassment terjadi karena kurangnya sex education di kalangan masyarakat?" Menurut narasumber seharusnya penanaman sex education dimulai sejak dini pada usia 3 tahun seorang anak dapat diberi pemahaman mengenai sex education yang disesuaikan dengan pengembangan pola pikir anak.

Screenshot 4Kemudian acara talkshow diakhiri dengan pemberian sertifikat dan cinderamata oleh panitia talkshow kepada narasumber pada kegiatan talkshow tersebut. Dan diakhiri dengan sesi foto bersama. Diharapkan dengan adanya acara ini dapat menambah wawasan dan tingkat kepedulian kita terhadap tindakan sexual harassment serta dapat menjadi agent of change.

pelayanan fakultas covid19 min


kwmahasiswaan

recent

kontak person operator

kuisioner fisip unmul min

   
 digital library  

Pro : Sivitas Akademika

  1. MAHASISWA
  2. DOSEN/STAF
  3. ALUMNI
Mulawarman Business School 2022
Selasa, 09 Agustus 2022
Thumbnail Berkenaan dengan program kewirausahaan dari UPT Perkasa yaitu "Mulawarman Business School" yang merupakan program...
More inMahasiswa  
Thumbnail Pendaftaran Pelaksanaan Sosialisasi Peningkatan Kompetensi Dosen dan Tendik Tahun 2021 melalui ...
More inDosen/Staf  
Thumbnail No. Nama Perusahaan Posisi Link Pendaftaran 1 PT Pelita Samudera Shipping Tbk Graduate Development Program (GDP)...
More inAlumni