logo ind2                                                                                                  


Banyak mahasiswa yang karena kesalahan strategi mengalami permasalahan dalam pemenuhan syarat TOEFL (Test of English as a Foresign Language) atau MU-EPT (Mulawarman University English Proficiency Test) sehingga bisa memperlambat kelulusan. Apalagi syarat skor TOEFL/MU-EPT yang diminta Universitas Mulawarman mengalami kenaikan. Untuk mahasiswa S1 dari 400 menjadi 425, sedangkan untuk mahasiswa S2 dari 450 menjadi 475, dan untuk mahasiswa S3 dari 500 menjadi 525.

Beberapa poin yang perlu diperhatikan oleh mahasiswa Fisip Unmul, baik mahasiswa S1 maupun S2, agar tidak mengalami permasalahan dalam pemenuhan syarat kelulusan adalah sebagai berikut:
1. Mengikuti dan menyerahkan hasil test TOEFL/MU-EPT adalah wajib bagi seluruh mahasiswa Fisip Unmul karena menjadi syarat kelulususan di Universitas Mulawarman, termasuk di Fisip Unmul.
2. Test TOEFL/MU-EPT diselenggarakan oleh Balai Bahasa Universitas Mulawarman.
3. Menyerahkan hasil test TOEFL Prediction yang diperoleh dari lembaga-lembaga kursus Bahasa Inggris tidak diakui oleh Balai Bahasa Unmul atau akan diminta mengulangi test TOEFL Prediction di Balai Bahasa Unmul. Jadi, mahasiswa yang ingin mengikuti test TOEFL Prediction wajib dilakukan di Balai Bahasa Unmul.
4. Oleh karena untuk mendapatkan skor tersebut tidak mudah, maka kepada seluruh mahasiswa Fisip Unmul dihimbau untuk mengikuti test TOEFL/MU-EPT jauh-jauh hari sebelum kelulusan, Bahkan mahasiswa dihimbau/didorong untuk mengikuti test TOEFL/MU-EPT sejak Semester I/II karena hasil test TOEFL/MU-EPT berlaku selama menjadi mahasiswa Unmul.
5. Bagi mahasiswa yang merasa kemampuan Bahasa Inggrisnya kurang, disarankan untuk sejak dini mengikuti kursus-kursus Bahasa Inggris di Balai Bahasa Unmul atau di tempat lain sebagai persiapan menghadapi test TOEFL/MU-EPT.
6. Jika ada pertanyaan-pertanyaan terkait test TOEFL/MU-EPT, silakan menghubungi Balai Bahasa Unmul di Jln. Flores No. 1. Samarinda atau mengunjungi websitenya di https://balai-bahasa.unmul.ac.id.

Terlampir adalah Surat Edaran Wakil Dekan I ke seluruh mahasiswa Fisip Unmul terkait test TOEFL/MU-EPT, yang bisa dibaca di sini

 

 

 

 pascasarjana  dosenstaf  fasilitas  perpus  kontak
 qa  portal  galerifoto  falerivideo  download