logo ind2                                                                                                  

Penyerahan Hadiah Kepada 5 Lulusan Terbaik Pada Yudisium Gel. II Tahun 2021

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fisip Kembali Gelar Susur Sungai Bersama Dinas PUPR-PERA

Selamat Dan Sukses : Mahasiswa Fisip Mewakili Universitas Mulawarman Dalam Program Indonesian International Student Mobility Awards 2021

Fisip UNMUL Jalin Kerjasama Bersama Fakultas Ilmu Sosial dan Kependidikan UNU Kaltim

Fisip Unmul : Selamat dan Sukses Kepada Prodi Psikologi Atas Keberhasilan 9 Kelompok Mahasiswa Meraih Pendanaan PKM 2021- DIKTi

2Foto Fisip Unmul bersama Dinas PUPR-PERA Kaltim

FISIPERS - Dalam rangka kegiatan Pemberitaan dan Edukasi dalam Menjaga Ekosistem Sungai Karang Mumus, Mahasiswa FISIPERS Universitas Mulawarman menyelenggarakan kegiatan susur Sungai Karang Mumus bersama DPUPR-PERA Bidang Sumber Daya Air, Provinsi Kalimantan Timur, Rabu (09/06/21).


4Kegiatan susur Sungai Karang Mumus ini diawali dengan pengarahan serta diskusi, yang dilaksanakan di ruang rapat Command Center Bidang Sumber Daya Air DPUPR-PERA Provinsi Kalimantan Timur, dan dihadiri langsung oleh Kepala Bidang Sumber Daya Air DPUPR-PERA Runandar, Dosen Pembimbing FISIP UNMUL, serta perwakilan Mahasiswa S1 Pemerintahan Integratif FISIP Universitas Mulawarman.
1Dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dan keselamatan, kegiatan susur Sungai Karang Mumus dimulai dari dermaga yang berada di jalan Pangeran Suriansyah hingga menepi di aliran Sungai Karang Mumus yang berada di Jalan Pemuda untuk melihat progress pengerjaan pengerokan bantaran sungai yang menghambat aliran air.

53Proses Normalisasi Bantaran Sungai Karang Mumus

Sepanjang penyisiran sungai, banyak sekali sampah yang berserakan bahkan menghambat jalannya air. Sampah yang mengapung di sungai ini pun beragam, mulai dari botol plastik hingga kasur bekas yang dibuang begitu saja ke dalam sungai.

Rumah- rumah yang dibangun tanpa izin hingga memakan badan sungai sangat banyak dan membuat air sungai tersebut tercemar mengingat mereka melakukan segala aktivitas di atas sungai dikarenakan rumah mereka yang dibangun di badan sungai.

Tentunya sulit bagi pemerintah untuk mengatasi permasalahan banjir bilamana masyarakat pun tidak mau bekerjasama dalam menjaga kebersihan sungai. Ada baiknya masyarakat lebih mendengarkan anjuran pemerintah, mulai dari membuang sampah pada tempatnya hingga tidak membangun rumah di atas badan sungai.7Harapannya, kegiatan susur sungai tidak hanya berhenti disini melainkan tetap ada tindaklanjutannya, baik berupa edukasi maupun aksi untuk mengurangi sampah dan pencemaran lingkungan khususnya di Kota Samarinda.(Lms/ssy)

pelayanan fakultas covid19 min


kwmahasiswaan

recent

kontak person operator

kuisioner fisip unmul min

   
 digital library  

Pro : Sivitas Akademika

  1. MAHASISWA
  2. DOSEN/STAF
  3. ALUMNI
Thumbnail Pendaftaran Pelaksanaan Sosialisasi Peningkatan Kompetensi Dosen dan Tendik Tahun 2021 melalui ...
More inDosen/Staf  
Tracer Study Universitas Mulawarman
Sabtu, 19 September 2020
Thumbnail Dihimbau kepada lulusan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Mulawarman untuk mengisi kuisioner...
More inAlumni