Wisuda adalah upacara pengukuhan lulusan dan penyerahan ijazah yang dilaksanakan oleh Rektor, Direktur Program Pascasarjana dan Dekan Fakultas/Ketua UP. Fakultas di lingkungan Universitas Mulawarman.
Pelaksanaan wisuda Universitas Mulawarman diselenggarakan sebanyak empat kali dalam setahun, serta bilamana perlu dilaksanakan wisuda tambahan yang waktunya akan ditentukan oleh Rektor Universitas Mulawarman. Pelaksanaan dan pendaftaran wisuda diselenggarakan oleh Bagian Pendidikan Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Mulawarman dengan berkoordinasi dengan pihak Program Pascasarjana/Fakultas/UP.Fakultas, Biro Administrasi Umum dan Keuangan dan lembaga perbankan yang ditunjuk oleh Universitas Mulawarman sebagai penerima setoran biaya wisuda.
Pelaksanaan dan Pendaftaran
Pelaksanaan pendaftaran Wisuda dilakukan secara online dengan alur sebagai berikut :1. Membayar biaya pendaftaran sesuai nominal yang ditentukan oleh Universitas Mulawarman pada Bank Mitra yang sudah bekerjasama dengan Universitas Mulawarman antara lain : Bank BNI, Bank Mandiri, Bank BTN, Bank Muamalat dan Bankaltim, melalui : teller, ATM, Internet Banking atau Mobile Banking.
2. Login pada sistem online menggunakan NIM dan Password yang (sama dengan password pada portal akademik) untuk mendaftar pada portal wisuda http://wisuda.unmul.ac.id
3. Mengisi biodata dan form penulisan Ijazah , secara online pada portal wisuda http ://wisuda.unmul.ac.id dimana saja (counter internet/warnet atau memanfaatkan fasilitas internet di fakultas masing-masing.
4. Mengisi kuisioner tingkat kepuasan mahasiswa dalam penyelenggaraan proses belajar mengajar di Universitas Mulawarman.
5. Mengisi kuisioner status pekerjaan wisudawan baik sebelum wisuda dan sesudah wisuda, maupun perkiraan masa tunggu memperoleh pekerjaan setelah wisuda.
6. Mengunggah hasil scan dari dokumen-dokumen asli sebagai berikut :
a. Sertifikat lulus TOEFL/MU-EPT dari UPT. Bahasa Unmul, sedangkan yang tidak lulus TOEFL dapat mengunggah Surat Keterangan pernah mengikuti TOEFL minimal dua kali dari UPT. Bahasa Unmul (Surat Keterangan hanya berlaku bagi mahasiswa S1, S2, S3 sebelum angkatan 2016). Khusus lulusan Program Diploma (SO) TOEFL/MU-EPT belum dipersyaratkan;
b. Surat Keterangan Penyerahan Karya Tulis dari UPT. Perpustakaan (format online)
c. Surat Keterangan Kelulusan (SKL) dari Fakultas Pascasarjana);
Catatan :
Huruf a,b dan c : sudah diverifikasi oleh operator SIA masing-masing Fakultas/Pascasarjana/UPT. Perpustakaan/UPT. Bahasa Unmul.
d. Pas fhoto berwarna (memakai jasa dan dasi, berlatar belakang merah);
catatan :
Pas fhoto harus berkualitas baik, jika dianggap tidak memenuhi syarat panitia akan menunda penyelesaian ijazah.
e. Ijazah terakhir yang dimilki
f. Surat Keterangan dari pejabat terkait apabila ada kesalahan dalam penulisan ijazah sebelumnya (jika ada);
g. Surat Keterangan Cuti Akademik (untuk lulusan yang melebihi dari masa studi maksimal)
h. Draft penulisan Ijazah yang telah ditandatangani oleh lulusan yang bersangkutan;
i. Surat Pernyataan menggunakan jilbab/kacamata diatas materai Rp. 6000,-
Catatan :
Hasil scan yang bukan dari Dokumen Asli dianggap tidak memenuhi syarat pendaftaran wisuda dan penulisan ijazah.
7. Bagi Calon
4. Meng-upload hasil scan dari dokumen-dokumen asli persyaratan untuk penulisan Ijazah, sebagi berikut:
a. Meng-upload file pas foto hitam putih (memakai jas dan dasi)
b. Ijazah Terakhir
c. Surat Keterangan dari pejabat-pejabat terkait apabila ada kesalahan dalam penulisan ijazah(jika ada)
d.Surat Keterangan Kelulusan, SKL (format online) yang sudah diverifikasi oleh operator SIA Fakultas/pascasarjana (dengan syarat lulusan telah menyerahkan karya tulis/skripsi/tesis/disertai ke UPT. Perpustakaan Unmul);
e. Sertifikat TOEFL atau Surat Keterangan pernah mengikuti Test TOEFL dari Balai Bahasa Unmul(format. Balai Bahasa Unmul yang berwenang);
f. Bukti telah menyerahkan tugas akhir ke UPT. Perpustakaan Unmul;
g. Surat Cuti Akademik (untuk kelulusan yang melebihi dari masa studi maksimal);
h. Draft penulisan Ijazah yang telah ditandatangani oleh lulusan;
i. Surat Pernyataan menggunakan jilbab/kaca mata di atas materai Rp. 6.000,-
Hasil scan yang bukan dari Dokumen Asli, maka dianggap tidak memenuhi syarat pendaftaran wisuda.
7. Bagi calon wisudawan yang kesulitan mengakses ke sistem online dapat minta bantuan petugas helpdesk di Gedung Belakang Sub Bagian Registrasi dan Statistik BAK Rektorat UNMUL atau menghubungi kontak person panitia bagian Pendidikan BAAK Unmul
Kontak Person
- Hidayatul Muttaqien, S.Kom 08113302117- M. Syahrian Noor 085246911784
- Isai Julianto M. 081347251823
Informasi Pendaftaran Wisuda
INFORMASI PELAKSANAAN WISUDA GELOMBANG I BULAN MARET 20201. Pendaftaran dibuka mulai Tanggal : 25 November 2019 s/d 24 Februari 2020, dengan catatan akan ditutup jika peserta sudah mencapai 1.500 orang, sebelum tanggal 24 Februari 2020;
2. Biaya Pendaftaran sebesar Rp. 400.000,- (empat ratus ribu rupiah), kecuali bagi lulusan yang sudah masuk kategori UKT;
3. Jadwal Gladi Bersih dan Pelaksanaan Wisuda sebagai berikut :
Gladi Bersih Wisuda | Pelaksanaan Wisuda |
Hari Kamis, Tanggal 26 Maret 2020, Pukul 14.00 Wita, bertempat di GOR 27 September Unmul,dengan ketentuan sbb: | Hari Sabtu, Tanggal 28 Maret 2020, Pukul 08.45 Wita, bertempat di GOR 27 September Unmul, dengan ketentuan sbb : |
a. Wisudawan diharuskan menandatangani daftar hadir, antara pukul 12.30 s/d 14.00 Wita b. Pengambilan Undangan Wisuda |
a. Wisudawan wajib menandatangani daftar hadir, antara pukul 06.45 s/d 07.45 Wita langsung menempati kursi yang telah ditentukan |
b. Pengambilan Undangan Wisuda | b. Tepat Pukul 07.45 Wita pintu gedung tempat acara ditutup |
c. Menempati kursi sesuai nomor urut daftar hadir | c. Memakai Toga yang sudah dipasang nomor urut panggilan di sebelah kiri |
d. Pakaian Bebas Pantas | d. Anak-anak dibawah 15 Tahun dilarang masuk gedung acara wisuda |
4. Kepada wisudawan yang belum memiliki toga dan berminat untuk membeli, dapat menghubungi Badan Pengelola Usaha, disamping Gedung UPT. Perpustakaan Pusat Univeristas Mulawarman dengan harga :
1. untuk S1 dan Diploma sebesar Rp. 240.000,-
2. untuk S2 sebesar Rp.320.000,-
3. untuk S3 sebesar Rp. 330.000,-
5. Kepada Dekan Fakultas/Direktur Pascasarjana di lingkungan Unmul, dimohon tidak mengusulkan peserta wisuda diluar waktu yang telah ditentukan. Bagi panitia wisuda tidak boleh menerima pendaftaran diluar ketentuan.