Bersama ini kami sampaikan ralat/perbaikan pada SOP Wisuda Gelombang II Universitas Mulawarman Nomor 1688/UN17/DL/2018 tanggal 12 April 2018 di halaman 2, khususnya pada Huruf B : tentang pelaksanaan pendaftaran Wisuda dan Penulisan Ijazah Online angka 6 huruf a dan b. Ralat/perbaikan ini mengingat pasal 49, 50,51 Peraturan Akademik Universitas MUlawarman Tahun 2016 perihal syarat kelulusan disamping lulus mata kuliah juga dipersyaratkan lulus English Proficiency Test (EPT) Unmul untuk Program Vokasi dan Sarjana score 400, Program Profesi 425, Program Magister 450 serta Program Doktor 500, yang diberlakukan bagi mahasiswa angkatan 2016, 2017, 2018 dan seterusnya, kecuali lulusan program diploma (S0) TOEFL belum dipersyaratkan. Wisuda adalah upacara pengukuhan lulusan dan penyerahan ijazah yang dilaksanakan oleh Rektor, Direktur Program Pascasarjana dan Dekan Fakultas/Ketua UP. Fakultas di lingkungan Universitas Mulawarman.
Pelaksanaan wisuda Universitas Mulawarman diselenggarakan sebanyak empat kali dalam setahun, serta bilamana perlu dilaksanakan wisuda tambahan yang waktunya akan ditentukan oleh Rektor Universitas Mulawarman. Pelaksanaan dan pendaftaran wisuda diselenggarakan oleh
Bagian Pendidikan Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Mulawarman dengan berkoordinasi dengan pihak Program Pascasarjana/Fakultas/UP.Fakultas, Biro Administrasi Umum dan Keuangan dan lembaga perbankan yang ditunjuk oleh Universitas Mulawarman sebagai penerima setoran biaya wisuda.
Pelaksanaan dan Pendaftaran
Pelaksanaan pendaftaran Wisuda dilakukan secara online dengan alur sebagai berikut :1. Membayar biaya pendaftaran sesuai nominal yang ditentukan oleh Universitas Mulawarman pada Bank Mitra yang sudah bekerjasama dengan Universitas Mulawarman antara lain : Bank BNI, Bank Mandiri, Bank BTN, Bank Muamalat dan Bankaltim, melalui : teller, ATM, Internet Banking atau Mobile Banking.
2. Login pada sistem online menggunakan NIM dan Password yang sama dengan password pada portal akademik untuk mendaftar pada portal wisuda http://wisuda.unmul.ac.id
3. Mengisi biodata dan meng-upload file pas foto hitam putih (memakai jas dan dasi) secara online pada portal wisuda dimana dan kapan saja (counter internet/warnet) atau memanfaatkan fasilitas internet di fakultas masing-masing.
4. Mengisi kuesioner tingkat kepuasan mahasiswa dalam penyelenggaraan proses belajar mengajar di Universitas Mulawarman.
5. Mengisi kuesioner status pekerjaan wisudawan baik sebelum wisuda dan sesudah wisuda, maupun perkiraan masa tunggu memperoleh pekerjaan setelah wisuda
6. Mengunggah hasil scan dari dokumen-dokumen asli untuk persyaratan penulisan Ijazah, sebagai berikut :
a. Sertifikat lulus TOEFL dari UPT. bahasa Unmul;
b. Bagi yang tidak lulus TOEFL : Surat Keterangan pernah mengikuti TOEFL minimal dua kali dari UPT. Bahasa Unmul Surat Keterangan hanya berlaku bagi mahasiswa S1, S2, S3 sebelum angkatan 2016; khusus lulusan Program Diploma (S0) TOEFL belum dipersyaratkan;
c. Surat Keterangan Kelulusan (SKL) dari Fakultas/Pascasarjanan, Sertifikat TOEFL/ Surat Keterangan pernah mengikuti TOEFL minimal dua kali dari UPT. bahasa dan bukti penyerahan karya tulis dari UPT. Perpustakaan (format online) sudah diverifikasi oleh operator SIA masing-masing Fakultas/Pascasarjana/UPT. Unmul.
d. pas foto hitam putih (memakai jas dan dasi)
e. Ijazah Terakhir yang dimiliki
f. Surat Keterangan dari pejabat-pejabat terkait apabila ada kesalahan dalam penulisan ijazah sebelumnya (jika ada)
g. Bukti telah menyerahkan tugas akhir ke UPT. Perpustakaan Unmul
h. Surat Keterangan Cuti Akademik (untuk kelulusan yang melebihi dari masa studi maksimal);
i. Draft penulisan Ijazah yang telah ditandatangani oleh lulusan yang bersangkutan;
j. Surat Pernyataan menggunakan jilbab/kaca mata di atas materai Rp. 6.000,-
Hasil scan yang bukan dari Dokumen Asli, maka dianggap tidak memenuhi syarat pendaftaran wisuda.
7. Mengirim Pas foto hitam putih terbaru ukuran 3x4 cm, memakai jas dan dasi sebanyak 5 lembar (memakai jilbab dan kaca mata meng-upload surat pernyataan di atas materai Rp. 3.000,- atau Rp. 6.000,-) ke alamat yang tertera pada format amplop yang dicetak malalui http://wisuda.unmul.ac.id
Pas Foto harus berkualitas baik (dicetak ditempat studio foto/pencetakan foto), jika dianggap tidak baik panitia akan menunda penyelesaian ijazah.
8. Bagi calon wisudawan yang kesulitan mengakses ke sistem online dapat minta bantuan petugas helpdesk di Gedung Belakang Sub Bagian Registrasi dan Statistik BAK Rektorat UNMUL atau menghubungi kontak person panitia bagian Pendidikan BAAK Unmul
Kontak Person
- Hidayatul Muttaqien, S.Kom 08113302117
- M. Syahrian Noor 085246911784
- Isai Julianto M. 081347251823
Informasi Pendaftaran Wisuda
INFORMASI PENDAFTARAN WISUDA Gelombang II BULAN JUNI 2018
1. Pendaftaran dibuka mulai Tanggal 16 s/d 31 Mei 2018,-
2. Peserta dengan nomor urut 1.501 akan diwisuda pada pelaksanaan wisuda Gelombang III, bulan September 2018;
3. Biaya Pendaftaran sebesar Rp. 400.000,- (empat ratus ribu rupiah), kecuali bagi lulusan yang sudah masuk kategori UKT;
4. Jadwal Gladi Bersih dan Wisuda sebagai berikut :
* Ralat Gladi Bersih Wisuda
Hari Kamis, Tanggal 28 Juni 2018, berubah menjadi Selasa, tanggal 03 Juli 2018 Pukul 14.00 Wita, bertempat di GOR 27 September Unmul, dengan ketentuan sbb:
a. Wisudawan diharuskan menandatangani daftar hadir, antara pukul 12.30 s/d 14.00 Wita
b. Pengambilan Undangan Wisuda
c. Menempati kursi sesuai nomor urut daftar hadir (Nomor urut panggilan yang dipasang pada toga ada dalam surat undangan wisuda)
d. Pakaian Bebas Pantas
* Pelaksanaan Wisuda
Hari Sabtu, Tanggal 30 Juni 2018, Pukul 08.45 Wita, berubah menjadi Kamis, Tanggal 05 Juli 2018 bertempat di GOR 27 September Unmul, dengan ketentuan sbb :
a. Wisudawan wajib menandatangani daftar hadir, antara pukul 07.30 s/d 08.30 Wita langsung menempati kursi yang telah ditentukan
b. Tepat Pukul 08.45 Wita pintu gedung tempat acara ditutup
c. Memakai Toga yang sudah dipasang nomor urut panggilan di sebelah kiri
d. Anak-anak dibawah 15 Tahun dilarang masuk gedung acara wisuda
4. Kepada wisudawan yang belum memiliki toga dan berminat untuk membeli, dapat menghubungi Koperasi Pegawai Negeri Tri Dharma Unmul, dengan harga :
1. untuk S1 dan Diploma sebesar Rp. 130.000,-
2. Untuk Profesi sebesar Rp. 130.000,-
3. untuk S2 sebesar Rp. 220.000,-
4. untuk S3 sebesar Rp. 240.000,-