Wisuda adalah upacara pengukuhan lulusan dan penyerahan ijazah yang dilaksanakan oleh Rektor, Direktur Program Pascasarjana dan Dekan Fakultas/Ketua UP. Fakultas di lingkungan Universitas Mulawarman. Pelaksanaan wisuda Universitas Mulawarman diselenggarakan sebanyak empat kali dalam setahun, serta bilamana perlu dilaksanakan wisuda tambahan yang waktunya akan ditentukan oleh Rektor Universitas Mulawarman. Pelaksanaan dan pendaftaran wisuda diselenggarakan oleh Bagian Pendidikan Biro Administrasi Akademik
dan Kemahasiswaan Universitas Mulawarman dengan berkoordinasi dengan pihak Program Pascasarjana/Fakultas/UP.Fakultas, Biro Administrasi Umum dan Keuangan dan lembaga perbankan yang ditunjuk oleh Universitas Mulawarman sebagai penerima setoran biaya wisuda. 1. Membayar biaya pendaftaran sesuai nominal yang ditentukan oleh Universitas Mulawarman pada Bank Mitra yang sudah bekerjasama dengan Universitas Mulawarman antara lain : Bank BNI, Bank Mandiri, Bank BTN, Bank Muamalat dan Bankaltim, melalui : teller, ATM, Internet Banking atau Mobile Banking.
Pelaksanaan dan Pendaftaran
Pelaksanaan pendaftaran Wisuda dilakukan secara online dengan alur sebagai berikut :
2. Calon Wisudawan membuat pernyataan bersedia dan sanggup membayar biaya wisuda yang telah ditetapkan dan mentaati tata tertib selama prosesi wisuda berlangsung (terdapat pada tanda bukti telah mendaftar wisuda online).
3. Login pada sistem online menggunakan NIM dan Password yang sama dengan password pada portal akademik untuk mendaftar pada portal wisuda http://wisuda.unmul.ac.id
4. Mengisi biodata dan meng-upload file pas foto hitam putih (memakai jas dan dasi) secara online pada portal wisuda dimana dan kapan saja (counter internet/warnet) atau memanfaatkan fasilitas internet di fakultas masing-masing.
5. Bagi calon wisudawan yang kesulitan mengakses ke sistem online dapat minta bantuan petugas helpdesk di Gedung Belakang Sub Bagian Registrasi dan Statistik BAAK Rektorat UNMUL atau menghubungi kontak person panitia bagian Pendidikan BAAK Unmul
Kontak Person
- Hidayatul Muttaqien, S.Kom 08113302117
- M. Syahrian Noor 085246911784
- Isai Julianto M. 081347251823
- Agus Tri Haryono, S.Kom 085247559718
- Dwi Rahmawati, S,Kom 081347203868
- Aulia Rahman 081349763746
- Wisnu Ari Setyadi 085752157888
- Fenti Ria Benazir, S.Kom 085250701809
- Cristiono Fajari 085246761278
Dokumen Telah Registrasi
6. Mencetak Tanda bukti telah mendaftar wisuda secara online pada portal wisuda http://wisuda.unmul.ac.id
7. Menyerahkan print out tanda pendaftaran wisuda secara online, kepada panitia wisuda di Gedung Belakang Ruang Sub Bagian Registrasi dan Statistik BAAK Rektorat Unmul, tanggal 07 Juni s/d 24 Juni 2016, mulai pukul 08.00 Wita s/d 16.00 Wita, dengan melampirkan dokumen-dokumen sebagai berikut :
a. Bukti Pembayaran uang Pendaftaran wisuda di Bank Mitra
b. Fotocopy Surat Keterangan Kelulusan yang telah dilegalisir oleh pejabat yang berwenang sebanyak 2 lembar (1 lembar untuk mendafar wisuda, dan 1 lembar untuk formulir penulisan ijazah)
c. Sertifikat TOEFL atau surat keterangan pernah mengikuti test TOEFL dari Balai Bahasa Unmul Asli beserta fotocopy yang dilegalisir oleh Balai Bahasa Unmul ( format online yang sudah diverifikasi oleh operator SIA UPT. Balai Bahasa Unmul yang berwenang, dan bisa di print out pada portal http://balai-bahasa.unmul.ac.id dengan menggunakan password port akademik dan nomor registrasi pendaftaran mengikuti TOEFL dari Balai Bahasa Unmul);
d. Surat Keterangan Penyerahan Karya Tulis Asli dari UPT. Perpustakaan Universitas Mulawarman
8. Calon Wisudawan yang sudah menyerahkan print out tanda bukti pendaftaran online beserta dokumen kelengkapan seperti pada point 7 ayat a, b, c, dan d akan memperoleh tanda bukti pendaftaran wisuda dari petugas setelah verifikasi
9. Calon Wisudawan yang tidak menyerahkan print out tanda bukti pendaftaran online beserta dokumen kelengkapan seperti pada point 7 ayat a, b, c, dan d, sesuai batas tanggal yang ditentukan, panitia berhak membatalkan sebagai wisudawan Unmul pada periode bersangkutan serta tidak terdaftar dalam buku lulusan.
Dokumen Kelengkapan Ijazah
10. Mengisi Formulir penulisan ijazah, yang sudah ditandatangani oleh Pembantu Dekan I Fakultas/Pembantu Ketua I UP. Fakultas/Ketua Program Pascasarjana, dan sudah diberi cap/stempel, kemudian menyerahkan kepada petugas di gedung Belakang Ruang Sub Bagian Registrasi dan Statistik BAAK Rektorat Unmul, dengan kelengkapan sebagai berikut :
a. Fotocopy ijazah terakhir yang telah dilegalisasi Pejabat yang berwenang.
b. Pas foto hitam putih terbaru ukuran 3 x 4 cm, memakai jas dan dasi sebanyak 5 lembar (memakai jilbab dan kacamata membuat surat pernyataan diatas materai Rp.3000,-)
c. Fotocopy Surat keterangan Kelulusan (format online yang sudah diferivikasi oleh operator SIA Fakultas yang berwenang yang telah dilegalisasi oleh pejabat yang berwenang sebanyak 1 lembar
d. Sertifikat TOEFL atau surat keterangan pernah mengikutii Test TOEFL dari UPT. Balai Bahasa Unmul ( format online yang sudah diverifikasi oleh operator SIA UPT. Balai Bahasa Unmul yang berwenang, dan bisa di prnt out pada portal http://balai-bahasa.unmul.ac.id dengan menggunakan password portal akademik dan nomor registrasi pendaftaran mengikuti TOEFL dari Balai Bahasa Unmul;
e. Pengumpulan berkas ditutup bersamaan dengan berakhirnya pendaftaran wisuda.
Informasi Pendaftaran Wisuda
INFORMASI PENDAFTARAN WISUDA BULAN JULI 2016
1. Pendaftaran dibuka mulai tanggal 07 Juni s/d 24 Juni 2016
2. Biaya Pendaftaran sebesar Rp. 400.000,- (empat ratus ribu rupiah)
3. Jadwal Gladi Bersih dan Wisuda sebagai berikut :
* Gladi Bersih Wisuda
Hari Selasa, tgl 19 Juli 2016, Pukul 14.00 Wita, bertempat di GOR 27 September Unmul, dengan ketentuan sbb:
a. Wisudawan wajib menandatangani daftar hadir, antara pukul 12.30 s/d 14.00 Wita
b. Pengambilan Undangan Wisudawan
c. Menempati kursi sesuai nomor urut daftar hadir (Nomor urut panggilan yang dipasang pada toga ada dalam surat undangan wisuda
d. Pakaian Bebas Pantas
* Pelaksanaan Wisuda
Hari Kamis, tgl 21 Juli 2016, Pukul 08.45 Wita, bertempat di GOR 27 September Unmul, dengan ketentuan sbb :
a. Wisudawan wajib menandatangani daftar hadir, antara pukul 07.30 s/d 08.30 Wita langsung menempati kursi yang telah ditentukan
b. Tepat Pukul 08.45 Wita pintu gedung tempat acara ditutup
c. Memakai Toga
d. Anak-anak dibawah 15 Tahun dilarang masuk gedung acara wisuda
4. Kepada wisudawan yang belum memiliki toga dan berminat untuk membeli, dapat menghubungi Koperasi Pegawai Negeri Tri Dharma Unmul, dengan harga :
1. untuk S1 dan Diploma sebesar Rp. 130.000,-
2. untuk S2 sebesar Rp. 220.000,-
3. untuk S3 sebesar Rp. 240.000,-