Wisuda adalah upacara pengukuhan lulusan dan penyerahan ijazah yang dilaksanakan oleh Rektor, Direktur Program Pascasarjana dan Dekan Fakultas/Ketua UP. Fakultas di lingkungan Universitas Mulawarman. Pelaksanaan wisuda Universitas Mulawarman diselenggarakan sebanyak empat kali dalam setahun, serta bilamana perlu dilaksanakan wisuda tambahan yang waktunya akan ditentukan oleh Rektor Universitas Mulawarman. Pelaksanaan dan pendaftaran
wisuda diselenggarakan oleh Bagian Pendidikan Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Mulawarman dengan berkoordinasi dengan pihak Program Pascasarjana/Fakultas/UP.Fakultas, Biro Administrasi Umum dan Keuangan dan lembaga perbankan yang ditunjuk oleh Universitas Mulawarman sebagai penerima setoran biaya wisuda.
Pelaksanaan dan pendaftaran
Pelaksanaan pendaftaran Wisuda dilakukan secara online dengan alur sebagai berikut :
1. Membayar biaya pendaftaran sesuai nominal yang ditentukan oleh Universitas Mulawarman pada Bank Mitra yang sudah bekerjasama dengan Universitas Mulawarman antara lain : Bank BNI, Bank Mandiri, Bank BTN, Bank Muamalat dan Bankaltim, melalui : teller, ATM, Internet Banking atau Mobile Banking.
2. Calon Wisudawan membuat pernyataan bersedia dan sanggup membayar biaya wisuda yang telah ditetapkan dan mentaati tata tertib selama prosesi wisuda berlangsung (terdapat pada tanda bukti telah mendaftar wisuda online).
3. Login pada sistem online menggunakan NIM dan Password yang sama dengan password pada portal akademik untuk mendaftar pada portal wisuda http://wisuda.unmul.ac.id
4. Mengisi biodata dan meng-upload file pas foto hitam putih (memakai jas dan dasi) secara online pada portal wisuda dimana dan kapan saja (counter internet/warnet) atau memanfaatkan fasilitas internet di fakultas masing-masing.
5. Bagi calon wisudawan yang kesulitan mengakses ke sistem online dapat minta bantuan petugas helpdesk di Gedung Belakang Sub Bagian Registrasi dan Statistik BAAK Rektorat UNMUL atau menghubungi kontak person panitia bagian Pendidikan BAAK Unmul
kontak person
- Hidayatul Muttaqien, S.Kom | 08125574413 |
- M. Syahrian Noor | 085246911784 |
- Agus Tri Haryono, S.Kom | 085247559718 |
- Dwi Rahmawati, S,Kom | 081347203868 |
- Aulia Rahman | 081349763746 |
- Wisnu Ari Setyadi | 085752157888 |
- Fenti Ria Benazir, S.Kom | 085250701809 |
- Cristiono Fajari | 085246761278 |
dokumen telah registrasi
6. Mencetak Tanda bukti telah mendaftar wisuda secara online pada portal wisuda http://wisuda.unmul.ac.id
7. Menyerahkan print out tanda pendaftaran wisuda secara online, kepada panitia wisuda di Gedung Belakang Ruang Sub Bagian Registrasi dan Statistik BAAK Rektorat Unmul, tanggal 05 November s/d 19 November 2014, mulai pukul 08.00 Wita s/d 14.30 Wita, dengan melampirkan dokumen-dokumen sebagai berikut :
a. Bukti Pembayaran uang Pendaftaran wisuda di Bank Mitra
b. Fotocopy Surat Keterangan Kelulusan yang telah dilegalisir oleh pejabat yang berwenang sebanyak 2 lembar (1 lembar untuk mendafar wisuda, dan 1 lembar untuk formulir penulisan ijazah)
c. Sertifikat TOEFL atau surat keterangan pernah mengikuti test TOEFL dari Balai Bahasa Unmul Asli beserta fotocopy yang dilegalisir oleh Balai Bahasa Unmul sebanyak 2 lembar (1 lembar untuk mendafar wisuda, dan 1 lembar untuk formulir penulisan ijazah)
d. Surat Keterangan Penyerahan Karya Tulis Asli dari UPT. Perpustakaan Unmul
8. Calon Wisudawan yang sudah menyerahkan print out tanda bukti pendaftaran online beserta dokumen kelengkapan seperti pada point 7 ayat a, b, c, dan d akan memperoleh tanda bukti pendaftaran wisuda dari petugas setelah verifikasi
9. Calon Wisudawan yang tidak menyerahkan print out tanda bukti pendaftaran online beserta dokumen kelengkapan seperti pada point 7 ayat a, b, c, dan d, sesuai batas tanggal yang ditentukan, panitia berhak membatalkan sebagai wisudawan Unmul pada periode bersangkutan serta tidak terdaftar dalam buku lulusan.
Dokumen kelengkapan Ijazah
10. Mengisi Formulir penulisan ijazah, yang sudah ditandatangani oleh Pembantu Dekan I Fakultas/Pembantu Ketua I UP. Fakultas/Ketua Program Pascasarjana, dan sudah diberi cap/stempel, kemudian menyerahkan kepada petugas di gedung Belakang Ruang Sub Bagian Registrasi dan Statistik BAAK Rektorat Unmul, dengan kelengkapan sebagai berikut :
a. Fotocopy ijazah terakhir yang telah dilegalisasi Pejabat yang berwenang.
b. Pas foto hitam putih terbaru ukuran 3 x 4 cm, memakai jas dan dasi sebanyak 5 lembar (memakai jilbab dan kacamata membuat surat pernyataan diatas materai Rp.3000,-)
c. Fotocopy Surat keterangan Kelulusan yang telah dilegalisasi oleh pejabat yang berwenang sebanyak 1 lembar
d. Sertifikat TOEFL atau surat keterangan pernah mengikutii Test TOEFL dari UPT. Balai Bahasa Unmul Asli, beserta fotocopy yang sudah dilegalisasi oleh Balai Bahasa Unmul sebanyak 1 lembar.
INFORMASI PENDAFTARAN WISUDA BULAN SEPTEMBER 2014
1. Pendaftaran dibuka mulai tanggal 05 November s/d 19 November 2014
2. Biaya Pendaftaran sebesar Rp. 400.000,-
3. Jadwal Gladi Bersih dan Wisuda sebagai berikut :
Gladi Bersih | Wisuda |
Hari Kamis, tgl 18 Desember 2014, Pukul 14.00 Wita, bertempat di GOR 27 September Unmul, dengan ketentuan sbb: 1. Wisudawan wajib menandatangani daftar hadir, antara pukul 12.30 s/d 14.00 Wita 2. Pengambilan Undangan Wisudawan 3. Menempati kursi sesuai nomor urut daftar hadir (Nomor urut panggilan yang dipasang pada toga ada dalam surat undangan wisuda 4. Pakaian Bebas Pantas |
Hari Sabtu, tgl 20 Desember 2014, Pukul 08.45 Wita, bertempat di GOR 27 September Unmul, dengan ketentuan sbb : 1. Wisudawan wajib menandatangani daftar hadir, antara pukul 07.30 s/d 08.30 Wita langsung menempati kursi yang telah ditentukan 2. Tepat Pukul 08.45 Wita pintu gedung tempat acara ditutup 3. Memakai Toga 4. Anak-anak dibawah 15 Tahun dilarang masuk gedung acara wisuda |
4. Kepada wisudawan yang belum memiliki toga dan berminat untuk membeli, dapat menghubungi Koperasi Pegawai Negeri Tri Dharma Unmul, dengan harga :
1. untuk S1 dan Diploma sebesar Rp. 130.00,-/buah
2. untuk S2 dan S3 sebesar Rp. 220.000,-/buah
Demikian Prosedur Operasional Standar (POS) ini dibuat untuk dapat diinformasikan kepada pihak terkait dan dilaksanakan sebagaimana mestinya.