logo ind2                                                                                                  

Pelaksanaan Yudisium Daring Fisip Unmul 2020

PKKMB FISIPOL UNMUL 2020 " Mencetak Millenial Muda Berwawasan Kebangsaan untuk Indonesia Maju"

Dirgahayu Indonesia 75 Tahun

Kegiatan Webinar Nasional “Kecenderungan Penyalahgunaan Kewenangan Dalam Pilkada 2020”

Fisip Unmul Selayang Pandang

  1. SEJARAH
  2. PRODI
  3. FASILITAS
  4. ORGANISASI
  5. DOSEN DAN STAF
  6. MAHASISWA
  7. ALUMNI
  8. WEB PRODI
  9. EJOURNAL
  10. KONTAK
Cikal bakal berdirinya Fisip Unmul bisa ditelusuri sejak tahun 1962, yang diberi nama Perguruan Tinggi Mulawarman. Nama ini ditetapkan secara resmi dalam Surat Keputusan Gubernur Kaltim No. 15/PPK/62. Nama ini tak lama digunakan karena ketika meminta pengesahan Menteri PTIP kemudian nama ini diubah menjadi Universitas Kalimantan Timur (Unikat). Berdasarkan Keputusan Presiden RI tanggal 23 April 1963, nama yang disetujui adalah Universitas Mulawarman (Unmul). Pada saat menggunakan nama Perguruan Tinggi Mulawarman, hanya ada dua Fakultas Ketatanegaraan dan Ketataniagaan. Pada tahun 1966, kedua Fakultas tersebut dipisah menjadi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik dan Fakultas Ekonomi.
Jumlah Program Studi (Prodi) di Fisipol Unmul mengalami peningkatan pesat dibandingkan dengan ketika awalnya berdiri. Sebelum tahun 2000, jumlah Prodi hanya tiga, yakni Ilmu Administrasi Publik, Ilmu Pemerintahan, dan Pembangunan Sosial. Peningkatan secara signifikan terjadi mulai tahun 2000 dengan dibentuknya Prodi-Prodi baru. Sekarang ini, Fisip Unmul memiliki sembilan program S1 (Administrasi Publik, Ilmu Pemerintahan, Pembangunan Sosial, Ilmu Hubungan Internasional, Administrasi Bisnis, Administrasi Bisnis kons. Pariwisata & Hospitality, Ilmu Komunikasi, Psikologi, Pemerintahan Integratif) dan satu program S2 (Magister Administrasi Publik).
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman memiliki fasilitas dan prasarana yang beragam, lengkap dan sangat memadai guna menunjang proses belajar mengajar di lembaga ini. Fasilitas serta prasarana dikelola dan dirawat oleh staf Umum dan BMN yang khusus untuk itu. Beberapa di antaranya adalah gedung perkuliahan dan perkantoran (Dekanat) yang representatif, ruang pertemuan ilmiah dan konferensi yang luas, ruang seminar dan ruang sidang ujian skripsi yang dilengkapi dengan peralatan modern, perpustakaan digital, hot spot, tempat parkir yang luas, sarana keagamaan (tempat ibadah), alat musik (band), berbagai jenis lapangan olahraga, dan lain sebagainya.
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman dipimpin oleh Dekan, yang dibantu oleh tiga Wakil Dekan, yakni Wakil Dekan I (bidang akademik), Wakil Dekan II (bidang administrasi, kepegawaian dan keuangan) dan Wakil Dekan III (bidang kemahasiswaan). Di bidang akademik, Dekan membawahi Program Studi (dipimpin Ketua Prodi, yang dibantu Sekretaris Prodi). Di bidang administrasi, Dekan membawahi Tata Usaha (TU), yang dipimpin oleh Ketua Tata Usaha (KTU). KTU membawahi sub-sub bagian (Subag), yang dipimpin oleh Kepala Sub-Bagian (Kasubag), seperti Kasubag Pendidikan, Kasubag Kemahasiswaan & Alumni, Kasubag Keuangan & SDM, Kasubag BMN & Perlengkapan.
Peran dosen dan staf sangat krusial dalam proses belajar mengajar pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman. Hingga bulan April 2017, jumlah keseluruhan dosen tetap PNS sebanyak 88 dan dosen tetap non-pns sebanyak 18 dosen. Dilihat dari segi pendidikannya, proporsi mereka adalah 31 dosen berpendidikan Doktor, 57 dosen berpendidikan Magister dan 0 berpendidikan Sarjana. Sementara itu, jumlah keseluruhan staf di Fisip Unmul adalah 114 orang, yang terdiri dari 70 laki-laki dan 44 perempuan. Di lihat dari status kepegawaiannya, 27 orang staf adalah PNS sementara 87 orang adalah pegawai Honorer atau yang belum berstatus sebagai PNS.
Peminat ilmu-ilmu sosial dan politik belakangan ini meningkat pesat. Ini dicirikan dengan peningkatan jumlah mahasiswa yang signifikan. Sebelum tahun 2000, jumlah mahasiswa tercatat tidak lebih dari 700 orang, sementara pada bulan April 2007 jumlanya mencapai 4585 orang, dimana 1296 di antaranya adalah mashasiswa dari jalur seleksi nasional, sementara 3288 orang dari jalur seleksi lokal/mandiri di semua jenjang (D3. S1, dan S2). Pada tahun 2012, jumlah mahasiswa yang terdaftar di Fisip Unmul adalah 5.732 orang. Dari jumlah ini, sebanyak 396 mahasiswa (7,42%) tidak melakukan her registrasi, sementara mayoritas dari mereka, yakni sebanyak 5.336 mahasiswa (92,58%) telah melakukan her-registrasi atau yang aktif kuliah.
Oleh karena Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman (Fisip Unmul) didirikan sejak 1962, sudah banyak alumni yang dihasilkan oleh Fakultas ini. Dari data yang ada, jumlah mereka adalah 6145 orang, yang sekarang tersebar di seluruh Indonesia dan bahkan ada yang di luar negeri. Namun, jumlah yang terbanyak berada/bermukim di Kalimantan Timur. Banyak di antara mereka yang berprofesi sebagai Pegawai Negeri Sipil, birokrat, pejabat, politisi, pengusaha, wiraswasta, aktivis, self-employed, dan lain sebagainya. Para alumni Fisip Unmul memiliki wadah organisasi alumni yang diberi nama IKA-Fisip Unmul (Ikatan Keluarga Alumni Fakulas Ilmu Sosial dan Ilmu Poltik, Universitas Mulawarman).
Fisip Unmul memberikan ruang bagi Prodi untuk tampil di cyber space sehingga mereka bisa berkiprah secara kreatif untuk kepentingan Prodi dalam payung Keluarga Besar Fisip Unmul. Alasan lainnya, ketika mengusulkan akreditasi, Prodi terkait diminta mencantumkan alamat situs Program Studi, yang menjadi salah satu poin penilaian akreditasi. Beberapa yang sudah online adalah Program Magister (S2) Administrasi Publik (http://map.fisip-unmul.ac.id), Prodi Ilmu Pemerintahan (https://ip.fisip-unmul.ac.id), Prodi Psikologi (https://psikologi.fisip-unmul.ac.id), Prodi Ilmu Hubungan Internasional (https://hi.fisip.unmul.ac.id), Prodi Ilmu Komunikasi (https://ilkom.fisip-unmul.ac.id), Prodi Administrasi Bisnis (https://adbisnis.fisip-unmul.ac.id), Prodi Administrasi Negara (https://an.fisip-unmul.ac.id), Prodi Sosiatri (https://sos.fisip-unmul.ac.id), Prodi Pemerintahan Integratif (http://pin.or.id).
Semua Program Studi/Pendidikan di Fisip Unmul telah memiliki eJournal, sbb: 1) eJournal Ilmu Administrasi Negara (https://ejournal.an.fisip-unmul.ac.id), 2) eJournal Ilmu Pemerintahan (https://ejournal.ip.fisip-unmul.ac.id), 3) eJournal Sosiatri-Sosiologi (https://ejournal.sos.fisip-unmul.ac.id), 4) eJournal Ilmu Hubungan Internasional (https://ejournal.hi.fisip-unmul.ac.id), 5) eJournal Ilmu Komunikasi (https://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id), 6) eJournal Administrasi Bisnis (https://ejournal.adbisnis.fisip-unmul.ac.id), 7) eJournal Psikologi (https://ejournal.psikologi.fisip-unmul.ac.id), 8) eJournal Pemerintahan Integratif (http://ejournal.pin.or.id), 9) eJournal Magister Ilmu Administrasi Negara (http://ar.mian.fisip-unmul.ac.id). Pintu gerbang (gateway) dari eJournal-eJournal tersebut adalah Portal Karya Ilmiah Fisip Unmul (https://portal.fisip-unmul.ac.id).
Kampus Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman (Fisip Unmul) berlokasi Kota Samarinda, Kalimantan Timur. Kampus Fisip Unmul ini terletak di dataran tinggi dalam kompleks kampus Universitas Mulawarman sehingga bebas banjir. Alamatnya adalah: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman, Kampus Gunung Kelua, Samarinda 75411, Kalimantan Timur. Fisip Unmul bisa dihubungi dengan telepon pada nomor (0541) 743820 dan 748662, atau dengan Fax pada nomor (0541) 743820. Fisip Unmul bisa juga dihubungi dengan email di alamat fisip[at]fisip-unmul.ac.id (ganti tanda [at] dgn @) atau melalui website (menu Kontak di web ini). Selain itu, Fisip Unmul memiliki account Facebook dan Twitter, yang bisa dipakai sebagai sarana kontak.

Calon Mahasiswa Baru

  1. INTRO
  2. PENDAFTARAN
  3. UKT
  4. BEASISWA
  5. PILIHAN STUDI
Minat lulusan SMU/SMK untuk menjadi mahasiswa Fisip Unmul tergolong tinggi. Demikian juga lulusan S1 yang ingin melanjutkan ke S2. Ini bisa dilihat dari banyaknya dan terus meningkatnya pelamar dalam lima tahun terakhir. Tingginya animo tersebut direspon dengan tiap tahun melakukan penerimaan mahasiswa baru di sepuluh Program Studi dari berbagai jalur penerimaan (SNMPTN, SBMPTN, SMMPTN) dan jenjang studi (S1 & S2). Jumlah mahasiswa yang diterima setiap tahunnya adalah sekitar 1000 orang. Dilihat dari jumlah mahasiswa, Fisip Unmul sekarang ini menempati urutan ketiga di lingkungan Unmul, setelah FKIP dan Fekon, dengan total 5336 lebih mahasiswa yang aktif kuliah. Mahasiswa-mahasiswa Fisip Unmul tersebar di 10 Program Studi di berbagai jenjang studi (S1/Program Sarjana dan S2/Program Pascasarjana).
Untuk bisa menjadi mahasiswa pada salah satu Program Studi di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman, ada tiga jalur yang dapat ditempuh, yakni Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN). Untuk bisa ikut dalam seleksi penerimaan mahaiswa baru di ketiga atau salah satu jalur tersebut, maka calon mahasiswa mesti melakukan pendaftaran untuk mendapatkan identitas peserta atau kartu peserta ujian. Pendaftaran di ketiga jalur masuk tersebut dilakukan secara online di Internet, di link situs yang telah ditentukan oleh Depdiknas (untuk SNMPTN), Majelis Rektor PTN se-Indonesia (SBMPTN), dan Universitas Mulawarman (Jalur Mandiri/SMMPTN).
Pemerintah Pusat (dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan) berusaha meringankan beban biaya pendidikan di PTN bagi keluarga yang kurang mampu, sehingga anak-anak dari keluarganya yang tergolong kurang mampu tetap bisa mengenyam pendidikan di perguruan tinggi negeri. Tindak lanjutnya adalah, mulai tahun 2013, jumlah UKT di Fakultas-Fakultas di Unmul bervariasi jumlahnya. Di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman (Fisip unmul),jumlah UKT terendah adalah Rp 500.000,00/semester sementara yang tertinggi adalah Rp 3.000.000,00/semester. Interval jumlah UKT ini ditentukan berdasarkan penghasilan, pekerjaan, dan pengeluaran dari orang tua mahasiswa yang bersangkutan. Perhitungannya jumlah UKT ini memakai rumus perhitungan yang telah ditentukan.
Setiap tahun Fisip Unmul menerima alokasi beasiswa yang diperuntukkan bagi mahasiswa yang kurang mampu dan atau yang berprestasi. Pendaftaran untuk mendapatkan beasiswa ini bukan hanya bisa dilakukan ketika sudah menjadi mahasiswa, tapi juga ketika masih mendaftar masuk di Fisip Unmul (baik jalur undangan, jalur ujian tertulis, dan jalur mandiri/lokal). Beasiswa yang ditawarkan adalah beasiswa dengan Program Bidikmisi dari Departemen Pendidikan Nasional. Ketika menjadi mahasiswa, tawaran-tawaran beasiswa bukan hanya datang dari Depdiknas, tapi juga dari berbagai lembaga dan perusahaan seperti PT. Taspen, Bank Indonesia, Yayasan Supersemar, Osaka Gas Company, PT Pupuk Kaltim, LNG Bontang, Pertamina, PT. Djarum, Pemprov. Kaltim, BBPM, BRI, Eka Cipta Foundation, PPE, BCA, dsb.


Lembaga Beasiswa BAZNAS, sebagai bagian dari penyaluran zakat memiliki amanah yang besar, yaitu menjamin keberlangsungan program pendidikan

bagi golongan kurang mampu/miskin sebagai pertanggungjawaban antar generasi sekaligus menyiapkan generasi penerus bangsa yang memiliki kedalaman ilmu pengetahun dan keluhuran akhlak melalui program beasiswa.

BCB Studentpreneur Muda  Cendekia BAZNAS kategori Studentpreneur Muda adalah mereka yang saat ini sedang merintis atau menekuni kegiatan wirausaha, diharapkan di masa depan, setiap penerima beasiswa memiliki kemandirian pendapatan dan kemandirian ekonomi melalui program usaha
Cendekia BAZNAS kategori Aktivisi Muda adalah mereka yang saat ini aktif berkontribusi untuk masyarakat melalui kegiatan organisasi/kerelawanan, diharapkan setiap mahasiswa aktif mengikuti kegiatan organisasi di internal maupun eksternal kampus
Cendekia BAZNAS kategori Teladan Muda adalah mereka yang saat ini memegang komitmen berprestasi dan menjadi yang terbaik di bidangnya, adalah penerima beasiswa yang berprestasi di bidangnya masing-masing melalui partisipasi-aktif di berbagai kompetisi, baik skala nasional maupun internasional.

Persyaratan, ketentuan, dan cara pendaftarannya
1. Informasi persyaratan dan modul pendaftaran : bit.ly/formulirBCBIndonesia2020
2. Link pendaftaran online : bit.ly/daftarBCBIndonesia2020

Fasilitas Beasiswa
1. Bantuan Uang UKT/SPP maksimal Rp 4 juta rupiah / semester
2. Bantuan Uang saku sebesar Rp400 ribu/ bulan
3. Pembinaan bersama mentor dan Lembaga Beasiswa BAZNAS

Timeline Pendaftaran
Daftar online : 23 April - 8 Mei 2020
Seleksi berkas : 8 Mei - 20 Mei 2020
Pengumuman seleksi berkas : 20 Mei 2020
Seleksi tahap 2 : 1 - 10 Juni 2020
Pengumuman kelolosan : 15 Juni 2020

Pusat Informasi
Narahubung (WA) : 0813-8286-7500 ( M Solehudin)
Instagram : @lembagabeasiswabaznas
Facebook : Lembaga Beasiswa BAZNAS
Email : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

AQ : Kumpulan Tanya-Jawab Beasiswa

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Terima kasih Kakak2 sekalian sudah menghubungi kami, mohon disimak baik2. Ini adalah kumpulan Tanya-Jawab beasiswa mungkin pertanyaan Kaka2 sekalian sudah terjawab disini!

Catatan penting Dimohon untuk mendownload formulir dan modul pendaftaran, serta membacanya secara lengkap. Download di bit.ly/formulirBCBIndonesia2020

1. Apakah formulir ditulis tangan atau diketik?
- silahkan boleh pilih yang mana aja, boleh diketik, boleh tulis tangan, yang penting bisa dibaca

2. Masih semester 2, apakah boleh mendaftar?
- Untuk beasiswa tahun ini hanya untuk yang semester 4. Semester 2,6.8 atau lainnya belum bisa mendaftar

3. Kampus saya tidak terdaftar, apakah boleh mendaftar?
- mohon berkenan, untuk saat ini hanya dibuka untuk kampus yang sudah terdaftar saja. Mohon doa semoga kami bisa memperluas jaringan di tahun tahun berikutnya

4. Apakah boleh mendaftar berbeda kategori dengan kampus?
- silahkan mendaftar sesuai kategori kampus masing-masing

5. Bagaimana cara daftarnya!
- silahkan cek kembali modul pendaftaran. Di sana sudah termuat syarat dan cara pendaftarannya

6. Apakah berkas pendaftaran hanya online?
- Betul, hanya online. namun, berkas aslinya mohon disimpan sebagai bukti saat seleksi oleh kampus

7. Apakah S2 atau S3 boleh ikut?
- beasiswa ini hanya untuk S1 on-going.

8. Mendapat rekomendasi masyarakat maksudnya bagaimana?
- silahkan download formulir pendaftaran. Di sana ada format surat rekomendasi tokoh masyarakat. Silahkan minta rekomendasi ke tokoh masyarakat dimana Anda tinggal saat ini

9. Surat dari pengurus masjid, maksudnya bagaimana?
- silahkan download formulir pendaftaran. Di sana ada format suratnya. Silahkan meminta persetujuan ke pengurus masjid dimana Anda tinggal saat ini

10. IPK yang dipakai yang mana?
- IPK yang ada saja, dan itu adalah IPK yang terbaru

11. Bidik Misi boleh ikut?
- tidak boleh, karena terhitung sudah mendapatkan beasiswa serupa

12. Terkait IPK, bagaimana jika sulit mendapatkan tanda tangan dan cap kampus karena kampus tutup?
- untuk transkrip IPK, mudah2an semua kampus bisa akses secara online. Langsung print out aja tidak harus ttd dan cap kampus, yang penting sumbernya asli/valid. Jangan lupa simpan berkas aslinya

13. Surat pernyataan harus tanda tangan asli?
- Betul, harus asli. Tidak boleh e-ttd

14. Tidak punya surat keterangan penghasilan orang tua, bagaimana?
- Surat keterangan penghasilan bisa dibuat, silahkan hubungi/datangi ke kelurahan setempat minta suratnya di sana

15. Berkas yang sudah lengkap dan sudah discan, dimasukkan kemana?
- berkasnya di upload saat daftar online.

16. Akreditasi Jurusan apakah harus minimal B?
- Ya, akreditasi jurusan dan akreditasi kampus minimal B

17. Foto nya seperti apa?
- foto ukuran 4x6 cm, 1 lembar, background polos, rapi, foto formal, pakai almamater lebih bagus

18. Sudah mendapat beasiswa lain, apakah boleh?
- Tidak diperkenankan. Kita prioritaskab untuk mereka yang sama sekali tidak sedang menerima beasiswa dari mana pun.

Apakah ada pertanyaan yang belum terjawab?, silahkan ditanyakan kembali ???

Pejabat Struktural & Dekan2 Fisip

PENDAFTARAN YUDISIUM GELOMBANG IV TAHUN 2020 AKAN DIBUKA PADA 14 September 2020, Pukul : 12:00 pm Klik link : https://akademik.fisip-unmul.ac.id

kuisioner fisip unmul min



kontak person operator

pelayanan fakultas covid19 min

digital library

Pro : Sivitas Akademika

  1. MAHASISWA
  2. DOSEN/STAF
  3. ALUMNI
Thumbnail   SURAT EDARAN REKTOR UNIVERSITAS MULAWARMAN Nomor : 1555 /UN17/KP/2020 TENTANG LIBUR CUTI BERSAMA HARI RAYA IDUL FITRI...
More inDosen/Staf  
Thumbnail Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP UNMUL) selalu berusaha berbenah diri dalam menghadapi tantangan masa...
More inAlumni