logo ind2                                        57 th fisip min                        

Webinar Nasional "Dinamika Pelayanan Publik Masa Pandemi Covid-19 di Kalimantan Timur"

FISIP UNMUL in collaboration with HIGH PERFORMA PRESENT "High Class Response dalam masa New Normal"

Turut berduka cita atas meninggalnya Dosen Fisip Unmul Inda Fitryarini, S. Sos., M. Si

Informasi Workshop KBMI Tahun 2020

Fisip Unmul Selayang Pandang

  1. SEJARAH
  2. PRODI
  3. FASILITAS
  4. ORGANISASI
  5. DOSEN DAN STAF
  6. MAHASISWA
  7. ALUMNI
  8. WEB PRODI
  9. EJOURNAL
  10. KONTAK
Cikal bakal berdirinya Fisip Unmul bisa ditelusuri sejak tahun 1962, yang diberi nama Perguruan Tinggi Mulawarman. Nama ini ditetapkan secara resmi dalam Surat Keputusan Gubernur Kaltim No. 15/PPK/62. Nama ini tak lama digunakan karena ketika meminta pengesahan Menteri PTIP kemudian nama ini diubah menjadi Universitas Kalimantan Timur (Unikat). Berdasarkan Keputusan Presiden RI tanggal 23 April 1963, nama yang disetujui adalah Universitas Mulawarman (Unmul). Pada saat menggunakan nama Perguruan Tinggi Mulawarman, hanya ada dua Fakultas Ketatanegaraan dan Ketataniagaan. Pada tahun 1966, kedua Fakultas tersebut dipisah menjadi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik dan Fakultas Ekonomi.
Jumlah Program Studi (Prodi) di Fisipol Unmul mengalami peningkatan pesat dibandingkan dengan ketika awalnya berdiri. Sebelum tahun 2000, jumlah Prodi hanya tiga, yakni Ilmu Administrasi Negara, Ilmu Pemerintahan, dan Ilmu Sosiatri. Peningkatan secara signifikan terjadi mulai tahun 2000 dengan dibentuknya Prodi-Prodi baru. Sekarang ini, Fisip Unmul memiliki sembilan program S1 (Administrasi Negara, Ilmu Pemerintahan, Sosiatri/Pembangunan Sosial, Ilmu Hubungan Internasional, Administrasi Bisnis, Administrasi Bisnis kons. Pariwisata & Hospitality, Ilmu Komunikasi, Psikologi, Pemerintahan Integratif) dan satu program S2 (Magister Administrasi Publik).
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman memiliki fasilitas dan prasarana yang beragam, lengkap dan sangat memadai guna menunjang proses belajar mengajar di lembaga ini. Fasilitas serta prasarana dikelola dan dirawat oleh staf Umum dan BMN yang khusus untuk itu. Beberapa di antaranya adalah gedung perkuliahan dan perkantoran (Dekanat) yang representatif, ruang pertemuan ilmiah dan konferensi yang luas, ruang seminar dan ruang sidang ujian skripsi yang dilengkapi dengan peralatan modern, perpustakaan digital, hot spot, tempat parkir yang luas, sarana keagamaan (tempat ibadah), alat musik (band), berbagai jenis lapangan olahraga, dan lain sebagainya.
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman dipimpin oleh Dekan, yang dibantu oleh tiga Wakil Dekan, yakni Wakil Dekan I (bidang akademik), Wakil Dekan II (bidang administrasi, kepegawaian dan keuangan) dan Wakil Dekan III (bidang kemahasiswaan). Di bidang akademik, Dekan membawahi Program Studi (dipimpin Ketua Prodi, yang dibantu Sekretaris Prodi). Di bidang administrasi, Dekan membawahi Tata Usaha (TU), yang dipimpin oleh Ketua Tata Usaha (KTU). KTU membawahi sub-sub bagian (Subag), yang dipimpin oleh Kepala Sub-Bagian (Kasubag), seperti Kasubag Pendidikan, Kasubag Kemahasiswaan & Alumni, Kasubag Keuangan & SDM, Kasubag BMN & Perlengkapan.
Peran dosen dan staf sangat krusial dalam proses belajar mengajar pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman. Hingga bulan April 2017, jumlah keseluruhan dosen tetap PNS sebanyak 88 dan dosen tetap non-pns sebanyak 18 dosen. Dilihat dari segi pendidikannya, proporsi mereka adalah 31 dosen berpendidikan Doktor, 57 dosen berpendidikan Magister dan 0 berpendidikan Sarjana. Sementara itu, jumlah keseluruhan staf di Fisip Unmul adalah 114 orang, yang terdiri dari 70 laki-laki dan 44 perempuan. Di lihat dari status kepegawaiannya, 27 orang staf adalah PNS sementara 87 orang adalah pegawai Honorer atau yang belum berstatus sebagai PNS´╗┐.
Peminat ilmu-ilmu sosial dan politik belakangan ini meningkat pesat. Ini dicirikan dengan peningkatan jumlah mahasiswa yang signifikan. Sebelum tahun 2000, jumlah mahasiswa tercatat tidak lebih dari 700 orang, sementara pada bulan April 2007 jumlanya mencapai 4585 orang, dimana 1296 di antaranya adalah mashasiswa dari jalur seleksi nasional, sementara 3288 orang dari jalur seleksi lokal/mandiri di semua jenjang (D3. S1, dan S2). Pada tahun 2012, jumlah mahasiswa yang terdaftar di Fisip Unmul adalah 5.732 orang. Dari jumlah ini, sebanyak 396 mahasiswa (7,42%) tidak melakukan her registrasi, sementara mayoritas dari mereka, yakni sebanyak 5.336 mahasiswa (92,58%) telah melakukan her-registrasi atau yang aktif kuliah.
Oleh karena Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman (Fisip Unmul) didirikan sejak 1962, sudah banyak alumni yang dihasilkan oleh Fakultas ini. Dari data yang ada, jumlah mereka adalah 6145 orang, yang sekarang tersebar di seluruh Indonesia dan bahkan ada yang di luar negeri. Namun, jumlah yang terbanyak berada/bermukim di Kalimantan Timur. Banyak di antara mereka yang berprofesi sebagai Pegawai Negeri Sipil, birokrat, pejabat, politisi, pengusaha, wiraswasta, aktivis, self-employed, dan lain sebagainya. Para alumni Fisip Unmul memiliki wadah organisasi alumni yang diberi nama IKA-Fisip Unmul (Ikatan Keluarga Alumni Fakulas Ilmu Sosial dan Ilmu Poltik, Universitas Mulawarman).
Fisip Unmul memberikan ruang bagi Prodi untuk tampil di cyber space sehingga mereka bisa berkiprah secara kreatif untuk kepentingan Prodi dalam payung Keluarga Besar Fisip Unmul. Alasan lainnya, ketika mengusulkan akreditasi, Prodi terkait diminta mencantumkan alamat situs Program Studi, yang menjadi salah satu poin penilaian akreditasi. Beberapa yang sudah online adalah Program Magister (S2) Administrasi Publik (http://map.fisip-unmul.ac.id), Prodi Ilmu Pemerintahan (https://ip.fisip-unmul.ac.id), Prodi Psikologi (https://psikologi.fisip-unmul.ac.id), Prodi Ilmu Hubungan Internasional (https://hi.fisip.unmul.ac.id), Prodi Ilmu Komunikasi (https://ilkom.fisip-unmul.ac.id), Prodi Administrasi Bisnis (https://adbisnis.fisip-unmul.ac.id), Prodi Administrasi Negara (https://an.fisip-unmul.ac.id), Prodi Sosiatri (https://sos.fisip-unmul.ac.id), Prodi Pemerintahan Integratif (http://pin.or.id).
Semua Program Studi/Pendidikan di Fisip Unmul telah memiliki eJournal, sbb: 1) eJournal Ilmu Administrasi Negara (https://ejournal.an.fisip-unmul.ac.id), 2) eJournal Ilmu Pemerintahan (https://ejournal.ip.fisip-unmul.ac.id), 3) eJournal Sosiatri-Sosiologi (https://ejournal.sos.fisip-unmul.ac.id), 4) eJournal Ilmu Hubungan Internasional (https://ejournal.hi.fisip-unmul.ac.id), 5) eJournal Ilmu Komunikasi (https://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id), 6) eJournal Administrasi Bisnis (https://ejournal.adbisnis.fisip-unmul.ac.id), 7) eJournal Psikologi (https://ejournal.psikologi.fisip-unmul.ac.id), 8) eJournal Pemerintahan Integratif (http://ejournal.pin.or.id), 9) eJournal Magister Ilmu Administrasi Negara (http://ar.mian.fisip-unmul.ac.id). Pintu gerbang (gateway) dari eJournal-eJournal tersebut adalah Portal Karya Ilmiah Fisip Unmul (https://portal.fisip-unmul.ac.id).
Kampus Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman (Fisip Unmul) berlokasi Kota Samarinda, Kalimantan Timur. Kampus Fisip Unmul ini terletak di dataran tinggi dalam kompleks kampus Universitas Mulawarman sehingga bebas banjir. Alamatnya adalah: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman, Kampus Gunung Kelua, Samarinda 75411, Kalimantan Timur. Fisip Unmul bisa dihubungi dengan telepon pada nomor (0541) 743820 dan 748662, atau dengan Fax pada nomor (0541) 743820. Fisip Unmul bisa juga dihubungi dengan email di alamat fisip[at]fisip-unmul.ac.id (ganti tanda [at] dgn @) atau melalui website (menu Kontak di web ini). Selain itu, Fisip Unmul memiliki account Facebook dan Twitter, yang bisa dipakai sebagai sarana kontak.

Calon Mahasiswa Baru

  1. INTRO
  2. PENDAFTARAN
  3. UKT
  4. BEASISWA
  5. PILIHAN STUDI
´╗┐Minat lulusan SMU/SMK untuk menjadi mahasiswa Fisip Unmul tergolong tinggi. Demikian juga lulusan S1 yang ingin melanjutkan ke S2. Ini bisa dilihat dari banyaknya dan terus meningkatnya pelamar dalam lima tahun terakhir. Tingginya animo tersebut direspon dengan tiap tahun melakukan penerimaan mahasiswa baru di sepuluh Program Studi dari berbagai jalur penerimaan (SNMPTN, SBMPTN, SMMPTN) dan jenjang studi (S1 & S2). Jumlah mahasiswa yang diterima setiap tahunnya adalah sekitar 1000 orang. Dilihat dari jumlah mahasiswa, Fisip Unmul sekarang ini menempati urutan ketiga di lingkungan Unmul, setelah FKIP dan Fekon, dengan total 5336 lebih mahasiswa yang aktif kuliah. Mahasiswa-mahasiswa Fisip Unmul tersebar di 10 Program Studi di berbagai jenjang studi (S1/Program Sarjana dan S2/Program Pascasarjana).
Untuk bisa menjadi mahasiswa pada salah satu Program Studi di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman, ada tiga jalur yang dapat ditempuh, yakni Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN). Untuk bisa ikut dalam seleksi penerimaan mahaiswa baru di ketiga atau salah satu jalur tersebut, maka calon mahasiswa mesti melakukan pendaftaran untuk mendapatkan identitas peserta atau kartu peserta ujian. Pendaftaran di ketiga jalur masuk tersebut dilakukan secara online di Internet, di link situs yang telah ditentukan oleh Depdiknas (untuk SNMPTN), Majelis Rektor PTN se-Indonesia (SBMPTN), dan Universitas Mulawarman (Jalur Mandiri/SMMPTN).
Pemerintah Pusat (dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan) berusaha meringankan beban biaya pendidikan di PTN bagi keluarga yang kurang mampu, sehingga anak-anak dari keluarganya yang tergolong kurang mampu tetap bisa mengenyam pendidikan di perguruan tinggi negeri. Tindak lanjutnya adalah, mulai tahun 2013, jumlah UKT di Fakultas-Fakultas di Unmul bervariasi jumlahnya. Di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman (Fisip unmul),jumlah UKT terendah adalah Rp 500.000,00/semester sementara yang tertinggi adalah Rp 3.000.000,00/semester. Interval jumlah UKT ini ditentukan berdasarkan penghasilan, pekerjaan, dan pengeluaran dari orang tua mahasiswa yang bersangkutan. Perhitungannya jumlah UKT ini memakai rumus perhitungan yang telah ditentukan.
Setiap tahun Fisip Unmul menerima alokasi beasiswa yang diperuntukkan bagi mahasiswa yang kurang mampu dan atau yang berprestasi. Pendaftaran untuk mendapatkan beasiswa ini bukan hanya bisa dilakukan ketika sudah menjadi mahasiswa, tapi juga ketika masih mendaftar masuk di Fisip Unmul (baik jalur undangan, jalur ujian tertulis, dan jalur mandiri/lokal). Beasiswa yang ditawarkan adalah beasiswa dengan Program Bidikmisi dari Departemen Pendidikan Nasional. Ketika menjadi mahasiswa, tawaran-tawaran beasiswa bukan hanya datang dari Depdiknas, tapi juga dari berbagai lembaga dan perusahaan seperti PT. Taspen, Bank Indonesia, Yayasan Supersemar, Osaka Gas Company, PT Pupuk Kaltim, LNG Bontang, Pertamina, PT. Djarum, Pemprov. Kaltim, BBPM, BRI, Eka Cipta Foundation, PPE, BCA, dsb.

Kamis, 19 Desember 2019 bertempat di ruang serbaguna Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik rangkaian kegiatan pemilihan anggota senat universitas mulawarman dari wakil dosen (guru besar dan non guru besar ) sebagai bentuk penerapan demokratisasi dalam menyalurkan aspirasi, saran serta pendapat untuk kemajuan FISIP kedepannya.

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman adalah fakultas tertua di Universitas Mulawarman yang dalam perkembangannya telah memiliki 8 Program Studi Sarjana dan 1 Program Studi Pasca Sarjana dengan Akreditasi A untuk Program Studi Administrasi Negara/Publik dan program studi yang lain dengan akreditasi B.

Acara diawali dengan pembacaan doa oleh Paijan S.Sos., M.Kom yang dilanjutkan dengan sambutan Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman Dr. H. Muhammad Noor., M.Si sekaligus membuka acara Pemilihan Anggota Senat Universitas Mulawarman Wakil Dosen (Guru Besar Dan Non Guru Besar) FISIP Periode 2019 - 2023. Dekan FISIP dua periode ini menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi kepada rekan-rekan dosen yang telah hadir meluangkan waktu memenuhi undangan dari panitia pelaksana, rangkaian kegiatan pemilhan senat telah melalui beberapa tahapan yang mengacu pada peraturan yang berlaku. Adapun tahapan pemilihan anggota senat telah dimulai sejak tanggal 9 Desember 2019 hingga 19 Desember 2019. Acara Pemilihan Anggota Senat Universitas Mulawarman Wakil Dosen (Guru Besar Dan Non Guru Besar) FISIP Periode 2019 - 2023 di ketuai oleh Dr. Finnah Fourqoniah., M.Si, Rahmah Daniah, S.IP., M.Si. dan Drs. Halimin. Adapun bakal calon anggota senat guru besar yang lolos seleksi administrasi dan bersedia adalah : 1. Prof. Dr. Hj. Nurfitriyah, MS. 2. Prof. Dr. H. Harihanto, MS. sedangkan bakal calon anggota senat dari dosen non guru besar adalah : 1. Dr. Muhammad Zaini, M.Si. 2. Dr. Muhammad Hairul Saleh, S.Sos., MA. 3. Dr. Fajar Apriani, S.Sos., M.Si.

Terpilih secara aklamasi dari peserta yang menghadiri pemilihan Anggota Senat sebanyak 54 orang dosen. Anggota Senat Universitas Mulawarman Wakil Dosen (Guru Besar dan Non Guru Besar) FISIP Periode 2019 - 2023 terpilih 1. Prof. Dr. Hj. Nurfitriyah, MS. 2. Prof. Dr. H. Harihanto, MS.  3. Dr. Muhammad Zaini, M.Si. 4. Dr. Muhammad Hairul Saleh, S.Sos., MA. dan 5. Dr. Fajar Apriani, S.Sos., M.Si. sebagai Anggota Senat Universitas Mulawarman Wakil Dosen (Guru Besar dan Non Guru Besar) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Periode 2019 - 2023. Adapun bertindak sebagai saksi adalah Dr. Enos Paselle, S.Sos., M.AP dan Dra. Lisbet Situmorang, M.Si. Kegiatan Pemilihan diakhiri dengan jabat tangan pemberian ucapan kepada anggota senat terpilih dan fhoto bersama. Bravo FISIP

Pejabat Struktural & Dekan2 Fisip

kuisioner fisip unmul min

pelayanan fakultas covid19 min

digital library

Pro : Sivitas Akademika

  1. MAHASISWA
  2. DOSEN/STAF
  3. ALUMNI
Thumbnail   SURAT EDARAN REKTOR UNIVERSITAS MULAWARMAN Nomor : 1555 /UN17/KP/2020 TENTANG LIBUR CUTI BERSAMA HARI RAYA IDUL FITRI...
More inDosen/Staf  
Thumbnail Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP UNMUL) selalu berusaha berbenah diri dalam menghadapi tantangan masa...
More inAlumni