logo ind2                                                                                                  

cyber office
Pada tahun 1969, Departemen Pertahanan AS mulai mengadakan riset untuk menghubungkan beberapa komputer agar bisa saling berkomunikasi. Sepuluh tahun kemudian, 10 komputer berhasil dihubungkan dalam sebuah jaringan sehingga komputer-komputer tersebut bisa saling berkomunikasi antara satu dengan yang lainnya. Tahun 1971, Roy Tomlinson berhasil menciptakan email untuk jaringan ARPANET. Setahun kemudian dia menyempurnakannya dan pada tahun ini pula dipakai simbol @ (at) untuk icon email, yang sekarang menjadi icon pengguna twitter. Tahun 1973, jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan di luar AS, yang hasilnya adalah jaringan komputer di sebuah universitas diLondon bisa berkomunikasi dengan jaringan komputer di AS. Pada tahun ini juga, Vinton Cerf dan Bob Kahn mengemukakan gagasan brilian untuk menghubungan jaringan komputer di seluruh dunia. Gagasan besar inilah yang diangap sebagai cikal bakal gagasan tentang internet (inter network).

 Pada tahun 1979, newsgroup diciptakan oleh tiga orang ahli komputer, Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin. Newsgroup pertama di dunia ini diberi nama USENET. Tiga tahun kemudian (1982), Transmission Control Protocol (TCP) dan Internet Protokol (IP) ditemukan. Sementara itu, muncul jaringan komputer tandingan di Eropa yang diberi nama Eunet, yang menyediakan jasa email dan newsgroup. Tahun 1984 adalah tahun penemuan nama domain, Domain Name System (DNS). Tahun yang paling bersejarah adalah tahun 1990, karena pada tahun inilah Tim Berners Lee menciptakan program editor dan browser yang bisa menjelajahi komputer-komputer yang ada di berbagai jaringan. Program ini disebut www (world wide web). Tahun 1992, jutaan komputer sudah tersambung ke jaringan global, dan pada tahun ini muncul istilah "menjelajahi internet" (surfing the internet). Dua tahun kemudian (1994), 3000 situs internet (website) sudah online. Yahoo! dan Netscape lahir pada tahun ini. Empat tahun kemudian (1998), Netscape menyumbangkan source code-nya untuk publik sehingga menjadi open source. Source code ini diberi nama Mozilla, yang kemudian melahirkan beberapa program, yang satu diantaranya adalah browser Mozilla Firefox, yang dijadikan browser best view untuk web Fisip Unmul. Linux sendiri (open source) baru ditemukan tahun 1991 oleh Linus Benedict Torvalds (Linux versi 0.01)
 Di Indonesia, Internet Service Provider (ISP) pertama, yang bernama IndoNet, baru muncul sekitar tahun 1994. Setahun kemudian (1995), muncul Radnet. Keduanya memiliki situs, yang merupakan situs favorit bagi mahasiswa Indonesia yang belajar di luar negeri ketika itu (karena baru ada dua ketika itu). Setelah itu, ISP-ISP kemudian menyebar ke beberapa kota, termasuk ke Samarinda. ISP pertama di Samarinda berkibar di bawah bendera MegaNet.
 Internet masuk pertama kalinya ke unit di Unmul pada tahun 1997, dengan akses email dan browsing melalui ISP MegaNet. Dengan masuknya internet, pembuatan website dimulai, termasuk website Fisip Unmul. Tahun 1999, domain pertama or.id masuk ke unit Unmul di Gunung Kelua (UPT/CSF), yang webnya dihost di server MegaNet. Antara 1999-2001, beberapa web-web yang ada di Unmul (universitas dan fakultas) dihost di server Dikti dengan domain dikti.net (sebagai folder). Pada bulan Juli 2001, permohonan domain ac.id (universitas/Unmul) didaftarkan dari Jerman, dan webnya dihost di server dikti.net. Setelah itu, banyak situs-situs lembaga bermunculan dari kampus Gunung Keluadengan beberapa nama domain.
 
 Beberapa situs tersebut telah mengambil sebagian peran kantor (office) untuk alasan efisiensi, antisipasi, dan persiapan merespon kemajuan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang sangat pesat dan semakin masif, namun wilayah operasinya dunia maya (cyber space). Copycat kantor dunia nyata yang beroperasi di dunia maya disebut cyber office. Karakteristik cyber office bervariasi, tergantung dari seberapa besar urusan kantor di dunia nyata bisa dihandle atau dipermudah dengan bantuan TIK di dunia maya.
 
 Sekarang ini, situs-situs online di Unmul yang meramaikan langit kampus Gunung Kelua -- yang beberapa di antaranya telah memiliki atau berfungsi sebagai cyber office dengan gradasi yang variatif -- adalah sebagai berikut:
 
 UNIVERSITAS
 Universitas Mulawarman: http://www.unmul.ac.id
 
 FAKULTAS
 Fakultas Hukum: http://www.fhunmul.ac.id/
 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik: http://www.fisip-unmul.ac.id
 Fakultas Kehutanan: http://fahutan.unmul.ac.id
 Fakultas Ekonomi: http://fe.unmul.ac.id
 Fakultas Farmasi: http://farmasi.unmul.ac.id/
 Fakultas Teknik: http://ft.unmul.ac.id
 Fakultas Pertanian: http://fapertaunmul.wordpress.com
 Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan: http://fpik.unmul.ac.id/
 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam: http://fmipa.unmul.ac.id
 
 
 PROGRAM PASCASARJANA
 Program Magister Ilmu Aministrasi Negara, Fisip Unmul: http://mian.fisip.unmul.ac.id
 PROGRAM STUDI DI FISIP UNMUL
 Program S1 Pemerintahan Integratif: http://www.pin.or.id
 Prodi Ilmu Pemerintahan: http://ip.fisip-unmul.ac.id

 Prodi Ilmu Hubungan Internasional: http://hi.fisip-unmul.ac.id
 Prodi Psikologi: http://psikologi.fisip-unmul.ac.id
 Prodi Administrasi Bisnis : http://adbisnis.fisip-unmul.ac.id
 Prodi Ilmu Komunikasi : http://ilkom.fisip-unmul.ac.id
 
 LEMLIT, LPPM, PUSLIT, UPT
 Lembaga Penelitian: http://lemlit.unmul.ac.id
 Lembaga Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM): http://lppm-unmul.com
 Center for Social Forestry (CSF) Unmul: http://www.csf.or.id
 JURNAL ILMIAH
 International Journal of Social Forestry (IJSF): http://www.ijsf.org
 (Jurnal CSF Unmul, terakreditasi 2011-2016)
 
 ... dan lain sebagainya.
 
Lambat tetapi pasti, di tengah-tengah kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat pesat serta ciri masyarakat yang berubah semakin mobile, ada kecenderungan bahwa sebuah institusi juga membangun kantor "perwakilan"nya di dunia cyber sehingga institusi tersebut memiliki dua kantor: kantor di dunia nyata (real office) dan kantor di dunia maya (cyber office). Ada kecenderungan pula, cyber office lambat laun mengambil sebagian peran real office. Bahkan untuk beberapa tugas dan kewajiban lembaga, real office mengandalkan kantor "perwakilan"nya (cyber office) di dunia cyber. Inilah yang sekarang terjadi di kompleks kampus Gunung Kelu. Di "langit" GunungKelua, cyber office telah beroperasi (dalam berbagai varian), sedang dibangun, dalam tahap awal proses pembangunan, atau masih dalam perencanaan.
 
Kantor pusat Fisip Unmul berlokasi di kompleks kampus Gunung Kelua. Fakta atau trend yang ada tidak menegasikan apa-apa yang dipaparkan di atas.
  

 

Pejabat Struktural & Dekan2 Fisip

pelayanan fakultas covid19 min


recent

kontak person operator

kuisioner fisip unmul min

digital library

Pro : Sivitas Akademika

  1. MAHASISWA
  2. DOSEN/STAF
  3. ALUMNI
Thumbnail   SURAT EDARAN REKTOR UNIVERSITAS MULAWARMAN Nomor : 1555 /UN17/KP/2020 TENTANG LIBUR CUTI BERSAMA HARI RAYA IDUL FITRI...
More inDosen/Staf  
Tracer Study Universitas Mulawarman
Sabtu, 19 September 2020
Thumbnail Dihimbau kepada lulusan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Mulawarman untuk mengisi kuisioner...
More inAlumni