logo ind2                                                                                                  


poc3Sekelompok mahasiswa-mahasiswi Program Studi Ilmu Hubungan Internasional B angkatan 2020, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman, melaksanakan kegiatan atau proyek yang bertujuan untuk memenuhi syarat Ujian Akhir Semester (UAS) dari mata kuliah Politik dan Pemerintahan Cina. Proyek ini diadakan secara offline di kampus pada hari Jumat, 25 November 2022. Kegiatan ini diikuti oleh 30 orang mahasiswa-mahasiswi Ilmu Hubungan Internasional B sebagai partisipan, dan 7 orang mahasiswa-mahasiswi Ilmu Hubungan Internasional B yang bergerak sebagai pemimpin proyek.

 

Adapun tujuan dari proyek ini selain untuk memenuhi nilai UAS adalah untuk melihat seberapa jauh mahasiswa kelas B yang mengambil mata kuliah Politik dan Pemerintahan Cina paham terhadap materi yang telah disampaikan selama perkuliahan mata kuliah tersebut. Tidak hanya soal materi yang telah disampaikan selama perkuliahan, namun juga untuk melihat seberapa jauh pemahaman mereka soal Cina secara umum. Sekaligus, kegiatan ini dapat menjadi ruang yang menyenangkan bagi mahasiswa untuk melakukan diskusi. Hal ini dikarenakan, masih banyak mahasiswa yang belum tentu paham terhadap materi tersebut sehingga melalui project ini mahasiswa lebih tertarik dan enjoy dalam proses mengingat materi dan pendalaman pemahaman materi Cina, baik secara umum maupun analisis kritis.

Proyek kuis dibagi menjadi 3 sesi, yaitu sesi pertama Sesi pertama melibatkan semua partisipan untuk mengikuti kuis di aplikasi Quizizz yang berisi pertanyaan dengan jawaban pilihan ganda berwaktu tentang materi perkuliahan dari mata kuliah Politik & Pemerintahan Cina. Sesi pertama ini untuk menentukan 10 besar dari 30 orang dan berlanjut ke sesi kedua.

Sesi kedua berisi 10 besar yang akan berhadapan dengan diberikan pernyataan dan menentukan apakah penyataan itu termasuk benar/salah terkait materi kuliah Politik & Pemerintahan Cina maupun Cina secara umum. Setiap pernyataan yang ditanyakan akan diberikan penjelasan lebih lanjut setiap benar/salah di umumkan. Penjelasan tersebut bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang materi yang digunakan pada sesi benar/salah.

poc1

Sesi terakhir menyaring 10 besar menjadi 5 besar yang berisi pertanyaan rebutan untuk menentukan siapa juara 1, 2, dan 3. Sesi ini juga akan berisi materi perkuliahan Politik & Pemerintahan Cina maupun Cina secara umum. 3 besar dengan skor tertinggi akan diumumkan sebagai juara.

“Seperti kuis pada umumnya, jelas seru! Karena jiwa kompetitif langsung terpacu buat menang, tapi kuis yang kalian buat juga bukan sembarang kuis dan aku rasa kalian berhasil bikin kami khususnya aku untuk recall lagi semua pelajaran-pelajaran yang sudah disampaikan oleh pak arif mengenai topik-topik China. Karena semua pertanyaan yang dikuis kan itu memang masuk kedalam materi dan apa yg kita bahas selama di kelas. salah satu metode yang bagus juga buat kita mengingat2 pelajaran yang udah lewat melalui games itu, bc atmosfir nya bedaa, bisa have fun sama temen-temen tapi have fun nya yang berbobot karena sambil belajar.” Tutur Ulya Zahra Hanafi selaku juara pertama dari kuis

“Seru bangeeet! Sesi kuis yang pertama berdasarkan ranking terus kita bisa langsung liat ranking kita berapa, pertanyaan-pertanyaannya juga seruu sih ga memberatkan, apalagi panitianya bener-bener effort nyediakan konsumsi jadi pesertanya makin semangat buat join cerdas cermat. Aku suka kuis di sesi keduanya sih karena ngelatih konsentrasi dengan ngejawab soal pake kartu benar atau salah dan itu jadi ga ngeboseninnn. Hadiahnya-hadiahnya juga kereennn banget!” Tutur Lisa Amelia selaku peserta yang mengikuti kuis.

poc2

Dari terselenggaranya kuis ini, dampak jangka pendek yang diharapkan adalah para partisipan bisa bersenang-senang mengikuti kuis yang dibuat sambil melakukan evaluasi materi dari mata kuliah Politik & Pemerintahan Cina yang diambil. Untuk dampak jangka panjang, melalui pengetahuan baru yang di dapat di kuis ini, besar harapan untuk para partisipan agar bisa lebih berpikir secara kritis jika ada isu terkait dengan Cina secara umum. Melalui materi-materi kuis bisa dijadikan bahan acuan atau pengetahuan dasar untuk melihat sebuat isu terkait Cina secara kritis.

 pascasarjana  dosenstaf  fasilitas  perpus  kontak
 qa  portal  galerifoto  falerivideo  download