logo ind2                                                                                                  

Jadwal Kegiatan Penerimaan Mahasiswa baru TA. 2022/2023 Universitas Mulawarman

Menuju Desa Wisata Kaltim, Desa Kerta Buana Tandatangani Mou Dengan Fisip Unmul

Talkshow Interaktif Dengan Tema PR Internasional Dan Diplomasi Dalam Persiapan IKN

Implementasi MBKM Prodi Administrasi Bisnis Fisip Unmul Jalin Kerjasama Dengan Fakultas Ekonomi Pembangunan UBT

Jadwal Vaksin Dosis Kedua Covid-19 Universitas Mulawarman

picture 4FISIPERS – Senin (3/1) dalam rangka tindak lanjut kegiatan penandatanganan Memorandum Of Understanding (MoU) pada Kamis (16/12) lalu, tim pendamping desa wisata dari FISIP Unmul kembali melakukan kunjungan ke Desa Kerta Buana. Kunjungan tersebut sekaligus dalam rangka melaksanakan Focus Group Discussion (FGD) bersama masyarakat sekitar untuk membahas lebih lanjut mengenai persiapan menuju desa wisata. Pembahasan pagi itu berfokus pada bagaimana memberdayakan BUM Desa dengan optimal sebagai tonggak baru perekonomian masyarakat.

picture 1Acara dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan disambung dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh tokoh masyarakat desa setempat, Bapak Ilham Jayadi.

picture 2Kemudian acara dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Desa yang diwakilkan oleh Sekretaris Desa. "Dengan menjadikan Desa Kerta Buana ini menjadi desa wisata yang maju, ini akan menggerakkan roda perekonomian desa menjadi lebih baik. Beliau mengharapkan agar para tamu yang menghadiri acara tersebut bisa memberikan masukan-masukan dari semua aspek agar penguatan Desa kerta Buana menjadi Desa wisata mendapatkan hasil yang maksimal," ucapnya pagi itu membuka acara.

picture 3Lebih lanjut ia menyampaikan rencana terkait penyelenggaraan festival seni yang akan diselenggarakan dalam waktu dekat. Hari Raya nyepi dipilih sebagai waktu pelaksanaan acara puncak. Pihak desa berharap festival tersebut dapat menjadi pintu gerbang dalam membuka perkembangan pariwisata di Desa Kerta Buana.

Persis seperti yang disampaikan dalam sambutan Sekretaris Desa sebelumnya, Muhammad Yasin selaku Ketua BPD juga mengharapkan para peserta forum diskusi bisa aktif memberikan masukan atau saran. Aspirasi yang disampaikan ini nantinya akan digunakan sebagai bahan evaluasi dalam mempersiapkan perekonomian desa wisata.

Sambutan yang terakhir disampaikan ketua tim ahli/ pendamping desa wisata dari Fisip Unmul, Ibu Hj. Hairunnnisa Husain, S.Sos., MM. Di kesempatan itu ia menyampaikan harapannya untuk Desa Kerta Buana agar bisa menjadi desa wisata yang membawa perekonomian desa menjadi lebih baik serta membuka banyak peluang pekerjaan. Sehingga dapat menjadi desa wisata percontohan yang ada di Kalimantan Timur (Kaltim).

 Acara kemudian berlanjut pada acara inti FGD yang dipandu oleh Hj. Hairunnisa Husain, S.Sos., MM sebagai moderator. Dalam diskusi tersebut dipaparkan materi oleh Arwin Sanjaya, S.Pd., M.AB yang membahas tentang berbagai informasi mengenai BUM Desa. Materi yang disampaikan diawali dengan pengenalan BUM Desa, tujuan, sampai dengan fungsinya.

picture 5Menurut PP No. 11 / 2021 Pasal 40, modal BUM Desa/BUM Desa Bersama terdiri atas: a. Penyeratan modal desa; b. Penyertaan modal masyarakat desa; dan bagian dari laba usaha yang ditetapkan dalam Musyawarah Desa/Musyawarah antar Desa untuk menambah modal. Kepemilikan bumdes yaitu 60% dipegang oleh pemerintah dan 40% dipegang oleh masyarakat. Beliau juga menjabarkan klasifikasi jenis usaha BUM Desa.picture 6

Setelah penjabaran materi yang disampaikan oleh Arwin Sanjaya, S.Pd., M.AB, sesi diskusi pun dibuka.

Salah satu peserta forum diskusi, I Ketut Ariyasa selaku Ketua Bumdes memberikan tanggapannya. Beliau memberikan informasi bahwa proses pengurusan sertifikat badan hukum hingga saat ini masih terus berjalan. Melihat potensi yang ada di desa Kerta Buana, terdapat pengusaha-pengusaha yang berdiri sendiri atau dengan kata lain usaha milik pribadi. Diharapkan para pengusaha tersebut bisa bekerja sama dengan Bumdes dalam membantu Desa Kerta Buana menjadi lebih baik. Salah satu usaha yang di desa Kerta Buana yang sudah bekerja sama dengan pihak Bumdes adalah usaha percetakan batako yang sudah berjalan selama satu bulan.picture 7

Setelah melewati sesi diskusi, penyampaian materi dilanjutkan oleh Fareis Athalets, S.Par., M.Par selaku akademisi Administrasi Bisnis Fisip Unmul yang membahas tentang cara membangun desa wisata dengan Sapta Pesona. Dalam penjabarannya, sapta pesona merupakan kondisi yang harus diwujudkan dalam rangka menarik wisatawan untuk berkunjung ke suatu tempat wisata.picture 8

Terdapat 7 unsur dalam mewujudkan desa wisata yang baik. Yang pertama aman, yaitu terjamin keselamatan jiwa dan fisik. Dengan penjagaan yang maksimal, para wisatawan akan merasa aman dan tenang. Yang kedua adalah sejuk, dibutuhkan peran aktif warga sekitar untuk bersama-sama memelihara lingkungan dan mewujudkan penghijauan.

Yang ketiga indah, yaitu suasana lingkungan yang menarik dan nyaman dipandang. Diwujudkan dengan pembangunan yang teratur sesuai dengan desain. Yang keempat adalah kenangan, salah satu perwujudannya adalah cinderamata yang khas serta hiburan seni budaya yang memiliki keunikan suatu daerah. Yang kelima bersih, diwujudkan dengan mengadakan kerja bakti secara teratur.

Yang keenam adalah tertib, dapat terwujud dengan dibuatnya petunjuk arah dan adanya pembaruan informasi secara berkala. Yang terakhir adalah ramah tamah, diwujudkan dengan menjadi tuan rumah yang baik, memiliki sikap sopan santun. Ketujuh Unsur tersebut merupakan tanggung jawab bersama.

picture 9Di akhir acara, Yoga sebagai ketua Perhimpunan Pemuda Hindu (Peradah) Kerta Buana, memberikan masukan saat berlangsungnya sesi diskusi. Ia berpendapat bahwa saat ini desa tersebut kurang tersedia tempat hiburan atau bersantai untuk anak-anak muda di desa Kerta Buana. Yoga menyarankan agar dibuatkan tempat bersantai seperti angkringan. Menurutnya, mempunyai usaha seperti angkringan atau café setidaknya dapat membantu perekonomian di Desa Kerta Buana. (hdry/nkh)

pelayanan fakultas covid19 min


kwmahasiswaan

recent

kontak person operator

kuisioner fisip unmul min

   
 digital library  

Pro : Sivitas Akademika

  1. MAHASISWA
  2. DOSEN/STAF
  3. ALUMNI
Thumbnail Informasi pendaftran Program Magang Duta Pelayanan di ULT Unmul, Pendaftran melalui dapat langsung dikirim kantor Unit...
More inMahasiswa  
Tracer Study Universitas Mulawarman
Sabtu, 19 September 2020
Thumbnail Dihimbau kepada lulusan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Mulawarman untuk mengisi kuisioner...
More inAlumni