Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN) Unmul 2018

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) 2018

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Unmul 2018

Dies Natalis Fisip ke 55, Tetap Semangat Walau Hujan

01. Program S1 Pembangunan Sosial


Program Studi Sosiatri adalah program studi yang bernaung di bawah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman. Program studi ini adalah program studi tertua ketiga di Fisip Unmul (setelah Administrasi Negara dan Ilmu Pemeritahan).

TERAKREDITASI B

Profil


Perkembangan masyarakat saat ini menunjukkan dinamika sosial yang berlangsung cepat dan kompleks. Sejalan dengan perkembangan tersebut, berbagai problem sosial, baik pada level global maupun lokal antara lain kemiskinan, pengangguran, konflik dengan kekerasan serta disintegrasi memerlukan pemecahan secara sistematis, terencana dan cepat. Dalam menghadapi perkembangan dan perubahan yang demikian dibutuhkan kemampuan sosiatrisi untuk menganalisis, sekaligus memberikan solusi guna merumuskan agenda aksi; baik dalam proses demokratisasi maupun pengembangan kebijakan sosial. Berdasarkan pemikiran itu, Program Studi Ilmu Sosiatri Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik menyediakan wahana untuk memenuhi kemampuan tersebut.

02. Program S1 Administrasi Bisnis

Administrasi Bisnis Program Studi adalah program studi yang tersedia di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik yang berhubungan sosial berbasis ilmu administrasi dengan skema bisnis.

TERAKREDITASI B

pengantar

Program studi sarjana Administrasi Bisnis berfokus proses belajar mengajar yang pada ilmu administrasi dan praktek yang berkaitan dengan bisnis. Pelamar mahasiswa sarjana dapat berlaku untuk program ini melalui tiga titik masuk: seleksi nasional melalui undangan, pemilihan nasional dengan tes tertulis, dan seleksi lokal.

03. Program S1 Administrasi Negara


TERAKREDITASI B

Program Studi Administrasi Negara adalah program studi tertua di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman.

Profil


Pada awalnya berdirinya, 28 September 1962, UNMUL hanya memiliki satu fakultas, yaitu Fakultas Ketatanegaraan dan Ketataniagaan. Pada tahun 1966 mengalami pemisahan menjadi Fakultas Sosial Politik dan Fakultas Ekonomi. Program Studi S1 Administrasi Negara yang bernaung di bawah Jurusan Ilmu Administrasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, memiliki status terakreditasi dengan predikat B berdasarkan SK BAN-PT Nomor 001/BAN-PT/Ak-XI/S1/IV/2008 tanggal 18 April 2008.



04. Program S1 Ilmu Pemerintahan

Dalam proses belajar mengajar, ini program studi menyoroti teori dan praktek pemerintah, seperti sistem pemerintahan pada setiap tingkat (internasional [pemerintah perbandingan], tingkat provinsi, distric / kota, dan desa), hubungan pemerintah pusat-daerah , pemilu, demokrasi lokal dan good governance, isu-isu kontemporer pemerintah, dll

TERAKREDITASI B

Pengantar


Program Sarjana Pemerintah didirikan pada tahun 1984, berdasarkan Surat Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor:, 102/DIKTI/Kep/1984 tanggal 21 Agustus 1984.
Dalam sepuluh tahun terakhir, niat pemohon untuk mempelajari ilmu pemerintahan telah tinggi dan meningkat. Hal ini dapat diambil dari jumlah pelamar dan angka yang meningkat. Dalam pemilihan 2011 nasional, misalnya, total pelamar program studi adalah yang tertinggi di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Hal ini tampaknya karena meningkatnya jumlah pemerintah kabupaten dan kota di Kalimantan Timur, dari 6 kabupaten / kota pemerintah untuk 14 pemerintah kabupaten / kota. Peningkatan dengan segala cara membutuhkan pegawai pemerintah lebih.
Dalam perkembangan terbaru (awal 2012), usulan penetapan sebuah provinsi baru yang disebut Kaltara (Kalimantan Utara) telah disetujui oleh pemerintah pusat dan DPR. Proses pendiriannya sedang berlangsung. Ini berarti bahwa pegawai pemerintah lebih akan diperlukan.
Pada titik ini, keberadaan Program Sarjana di Pemerintah adalah sangat penting karena ini program studi bertujuan menghasilkan lulusan yang memiliki pengetahuan, pemahaman, keterampilan, dan sikap yang diperlukan dalam pemerintahan-hal yang berkaitan. Selain itu, kerja prospek lulusannya tidak hanya di lembaga pemerintah tetapi juga di sektor-sektor non-negara.

05. Program S1 Pemerintahan Integratif

TERAKREDITASI B

Latar Belakang



Masalah UU No 22/1999 tentang Pemerintahan Daerah, diikuti dengan jumlah UU 32/2004, merupakan tonggak sejarah baru dalam pelaksanaan desentralisasi di Indonesia, terutama dalam memberikan kewenangan yang luas otonomi di semua wilayah. Sejak deklarasi hukum, daerah otonom baru telah terbentuk di setiap tempat terpencil di kepulauan ini. Di Kalimantan Timur, enam wilayah telah berkembang menjadi 13 kabupaten. Dengan perkembangan daerah otonom baru, ketersediaan sumber daya manusia yang profesional untuk mewujudkan tugas pemerintah serta untuk menjamin untuk mencapai sukses dalam pelaksanaan otonomi daerah di masing-masing daerah merupakan faktor penting. Di provinsi ini, ketersediaan sumber daya manusia sangat terkait dengan aspek kuantitas dan kualitas.
Di 13 kabupaten provinsi, jumlah desa mencapai hingga 1.334 sedangkan jumlah kecamatan adalah 114. Jika diasumsikan bahwa setiap desa dan kecamatan perlu tiga pemimpin sipil, maka dalam rangka memenuhi aspek kuantitas, jumlah pemimpin sipil yang dibutuhkan adalah 4.344. Selama ini, lembaga-lembaga pendidikan yang menghasilkan pemimpin sipil hanya dapat menerima 30 siswa setiap tahun dari Kalimantan Timur keseluruhan. Jika upaya menghasilkan para pemimpin sipil didasarkan pada kuota, maka kita akan membutuhkan 140 tahun.
Untuk mengantisipasi kendala tersebut, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi dan seluruh kabupaten Kalimantan Timur menetapkan program pendidikan khusus untuk menghasilkan kader pemerintah sama dengan sarjana (gelar sarjana) dengan praktis dan berlaku orientasi.

 

06. Program S1 Ilmu Hubungan Internasional

Program Studi Hubungan Internasional adalah program studi yang bernaung di bawah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman yang bidang kajiannya mengkhususkan diri pada :

TERAKREDITASI B

Profil


 Nama Program Studi : Hubungan Internasional
 
 Tingkat Pendidikan : Sarjana
 
 Ketua Program Studi : Enny Faturachmi, S. IP., M. Si
 
 Sekertaris Program Studi : Tendy S, Sos., M. Si
 
 Alamat : Jl. Tanah Grogot Kampus Gn. Kelua Samarinda 75119
 
 Telepon. : 0541-741312
 
 Faksimili. : 0541-741312
 
 E-mail : -
 
 Website : hi.fisip-unmul.ac.id
 
 Cabang Ilmu : Hubungan Internasional
 
 Gelar yg diberikan : S.I.P
 
 Penjelasan Singkat :
 
Hubungan Internasional Program Studi adalah program studi yang lahir dari kerjasama akademik antara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman, Samarinda, dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hassanudin, Makassar berdasarkan aggreement kerjasama kedua fakultas Nomor 3362/J17.1.13 / PP/2001 dan Nomor 2738/J04.10/TU/2001. Ini program studi telah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan tanda C berdasarkan Surat Keputusan BAN-PT No 011/BAN-PT/Ak-IX/S1/VI/2008 tanggal 20 Juni 2008.
Ini program studi adalah satu-satunya Program Studi Hubungan Internasional tersedia di Samarinda, Kalimantan Timur, dan di Kalimantan sejak tahun 2001 hingga 2011. Oleh karena itu, diharapkan program studi ini bisa menjadi center of excellence dalam studi hubungan internasional di Kalimantan.
Dalam perkembangannya sejak tahun 2001, para mahasiswa aktif yang tersisa sudah dari batch ke batch 2005 2001, dengan jumlah siswa 932 orang sebesar. Ini menunjukkan kemajuan yang menjanjikan dalam pengembangan program studi. Sementara itu, lulusan dapat melayani permintaan pasar di berbagai sektor. Mereka bekerja di instansi pemerintah baik di tingkat nasional dan tingkat daerah (provinsi dan kabupaten / kota), sektor swasta (perusahaan asing dan lokal, dll dengan berbagai bidang pekerjaan.
Ada dua pilihan dalam penerimaan mahasiswanya, yakni melalui seleksi nasional dan seleksi lokal. Hal ini menyebabkan dua jenis manajemen kegiatan akademik, berdasarkan kelas kelompok asal. Mereka yang diterima melalui seleksi nasional dikelompokkan sebagai kelas pagi yang disebut (menghadiri kuliah terutama di pagi hari), sementara orang-orang melalui seleksi lokal melaksanakan proses belajar mengajar mereka di sore hari.
Sejauh latar belakang pendidikan dosen yang bersangkutan, dosen yang lulus dari perguruan tinggi baik di Indonesia maupun di luar negeri. Dosen penuh waktu berjumlah 13 orang, sedangkan waktu paruh 20 orang. Beberapadari mereka yang bergelar doktor, sedangkan lainnya adalah gelar master. Selain itu, ada beberapa profesor di antara mereka.

07. Program S1 Ilmu Komunikasi

Program Sarjana Komunikasi adalah program studi di bawah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman yang proses belajar mengajar berfokus pada berbagai aspek komunikasi massa, hubungan manusia, dll

TERAKREDITASI B

Visi dan Misi


Visi  :

“Menjadi lembaga yang menyelenggarakan dan mengembangkan Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat di bidang Ilmu Komunikasi dan mampu menghasilkan praktisi komunikasi yang handal dan profesional di Indonesia pada tahun 2023”.

Misi :

1. Menyelenggarakan pendidikan Ilmu Komunikasi yang handal dan profesional.
2. Melaksanakan kegiatan penelitian bidang Ilmu Komunikasi yang bermanfaat di tingkat lokal dan nasional.
3. Melaksanakan kegiatan pemberdayaan masyarakat melalui aktivitas pengabdian bidang Ilmu Komunikasi.
4. Melaksanakan berbagai kerjasama dengan pihak lain untuk memperkaya referensi ranah Ilmu Komunikasi dan mengasah soft skill lulusan Program Studi S1 Ilmu Komunikasi Fisip Unmul.

08. Program S1 Psikologi

Program Sarjana Psikologi adalah program studi saat ini di bawah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman. Program studi memfokuskan proses belajar mengajar pada perilaku dan proses mental manusia.

TERAKREDITASI C

Profil



Program sarjana di Psikologi didirikan pada tahun 2009 berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor 884/D/T/2009. Sejak berdirinya, data menunjukkan bahwa setiap tahun jumlah pelamar terdaftar ke peningkatan program dengan 50% rata-rata.

Psikologi merupakan disiplin akademik mempelajari perilaku dan proses mental manusia. Oleh karena itu, lokus penelitian ini cukup luas, dari proses belajar, mengingat dan berpikir, proses perkembangan individu, hubungan intrapersonal dan interpersonal, perilaku organisasi, gangguan kepribadian. Oleh karena itu, bidang akademik Psikologi dikelompokkan berdasarkan keprihatinan akademis seperti psikologi industri dan organisasi, bidang di bidang pendidikan, bidang klinis, bidang pembangunan manusia, dan sosial.

09. Program S1 Bisnis Hospitality Dan Pariwisata

Administrasi Bisnis FISIPOL Universitas Mulawarman melekatkan aspek entrepreneurial di setiap kajian keilmuan maupun praktek bisnis riil bidang ilmu masing-masing. Pembukaan Konsentrasi S1 Bisnis Pariwisata ini merupakan hasil pengembangan Konsentrasi Program Studi Administrasi Bisnis di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman.

Profil

Program Studi Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman memandang dan menyikapi suatu urgensi penyiapan dan pembibitan insan-insan Indonesia baru yang multitalenta serta menjadi pemain penting dan berkontribusi unggul dalam menciptakan nilai lebih kepariwisataan Indonesia di sub sektor andalan, diantaranya, ecotourism, perhotelan, travel agent, theme park, bisnis pertemuan dan konvensi (MICE: meeting, incentive, conference, exhibition). Nilai lebih program Administrasi Bisnis FISIPOL Universitas Mulawarman melekatkan aspek entrepreneurial di setiap kajian keilmuan maupun praktek bisnis riil bidang ilmu masing-masing. Pembukaan Konsentrasi S1 Bisnis Pariwisata ini merupakan hasil pengembangan Konsentrasi Program Studi Administrasi Bisnis di FISIPOL Universitas Mulawarman.

.

10. Program Pascasarjana

Program Pascasarjana Administrasi Negara adalah program pascasarjana yang hanya tersedia di Fakultas dan Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman. Minat lulusan Sarjana (S1) untuk melanjutkan studi di program pasca sarjana ini cukup tinggi.

TERAKREDITASI B

Latar Belakang


Dalam menghadapi era globalisasi dengan berbagai isu-isu baru akan menyebabkan karakter birokrasi yang ada pada saat ini, diperkirakan tidak cukup mampu untuk mengatasi berbagai permasalahan yang kompleks. Selain itu masyarakat juga terus mengalami kemajuan dalam segala aspek yang ditandai muncul dan maraknya isu demokrasi, keterbukaan HAM kelestarian linkungan dan lain sebagainya.
Menyadari terjadinya perubahan tersebut, maka menjadi sangat penting bagi birokrasi untuk melakukan transformasi karakteristiknya secara terus menerus dan terencana baik dalam kapabilitas, kapasitas, maupun fisibilitasnya agar dapat merespon perubahan dengan cepat. Hal ini hanya dapat dilakukan apabila aparat birokrasi (para personilnya) terus menerus di kembangkan wawasan dan kemampuan profesionalnya dengan peningkatan sumber daya manusia (SDM) tersebut secara baik. Untuk menyikapi permasalahan tersebut Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman, sejak tahun akademik 2000/2001 membuka Program Magister Ilmu Administrasi Negara Pascasarjana Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Pejabat Struktural & Dekan2 Fisip

digital library

Pro : Sivitas Akademika

  1. MAHASISWA
  2. DOSEN/STAF
  3. ALUMNI
Info Seputar Kampus Unmul
Jumat, 04 Agustus 2017
Thumbnail Universitas Mulawarman atau yang sering kita kenal dengan sebutan UNMUL, merupakan perguruan tinggi negeri di Kota Samarinda Kalimantan Timur....
More inMahasiswa  
Thumbnail 28 Oktober 2017 kemarin bersaman dengan hari Sumpah Pemuda, Konser Kebangsaan yang digagas oleh Lembaga Penyiaran Radio Republik Indonesia...
More inDosen/Staf  
Lowongan Kerja CPDK Bank Mandiri
Rabu, 11 April 2018
Thumbnail Sehubungan dengan pelaksanaan " Campus Recruitment " kerjasama UPT. Perkasa bekerjasama dengan PT. Bank mandiri (Persero) Tbk. yang secara khusus...
More inAlumni  

Jadwal Kuliah - Ujian

  1. GASAL
  2. GENAP
  3. UJIAN
Jadwal Kuliah Semester Ganjil 2017/2018
Selasa, 05 September 2017
Thumbnail Semester merupakan satuan waktu terkecil yang digunakan untuk menyatakan lamanya proses kegiatan belajar-mengajar suatu program dalam suatu jenjang...
Jadwal Kuliah Genap 2017/2018
Jumat, 02 Februari 2018
Thumbnail Semester adalah satuan terkecil untuk menyatakan lamanya suatu program pendidikan dalam suatu jenjang pendidikan. Satu semester setara dengan 18-19...
Thumbnail Berikut ini disajikan Jadwal Ujian Semester Ganjil Tahun Akademik 2017/2018 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman Reguler...
More inJadwal Ujian  

Latest News Feeds

  1. DIKTI
  2. Q&A
  3. PORTAL K. ILMIAH