logo ind2                                                                                                  


Wisuda adalah upacara pengukuhan lulusan dan penyerahan ijazah yang dilaksanakan oleh Rektor, Direktur Program Pascasarjana dan Dekan Fakultas/Ketua UP. Fakultas di lingkungan Universitas Mulawarman. Pelaksanaan wisuda Universitas Mulawarman diselenggarakan sebanyak empat kali dalam setahun, serta bilamana perlu dilaksanakan wisuda tambahan yang waktunya akan ditentukan oleh Rektor Universitas Mulawarman. Pelaksanaan dan pendaftaran wisuda diselenggarakan oleh Bagian

Pendidikan Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Mulawarman dengan berkoordinasi dengan pihak Program Pascasarjana/Fakultas/UP.Fakultas, Biro Administrasi Umum dan Keuangan dan lembaga perbankan yang ditunjuk oleh Universitas Mulawarman sebagai penerima setoran biaya wisuda. 

Pelaksanaan pendaftaran Wisuda dilakukan secara online dengan alur sebagai berikut :
1. Membayar biaya pendaftaran sesuai nominal yang ditentukan oleh Universitas Mulawarman pada Bank Mitra yang sudah bekerjasama dengan Universitas Mulawarman antara lain : Bank BNI, Bank Mandiri, Bank BTN, Bank Muamalat dan Bankaltim, melalui : teller, ATM, Internet Banking atau Mobile Banking.
2. Calon Wisudawan membuat pernyataan bersedia dan sanggup membayar biaya wisuda yang telah ditetapkan dan mentaati tata tertib selama prosesi wisuda berlangsung (terdapat pada tanda bukti telah mendaftar wisuda online).
3. Login pada sistem online menggunakan NIM dan Password yang sama dengan password pada portal akademik untuk mendaftar pada portal wisuda http://wisuda.unmul.ac.id
4. Mengisi biodata dan meng-upload file pas foto hitam putih (memakai jas dan dasi) secara online pada portal wisuda dimana dan kapan saja (counter internet/warnet) atau memanfaatkan fasilitas internet di fakultas masing-masing.
5. Bagi calon wisudawan yang kesulitan mengakses ke sistem online dapat minta bantuan petugas helpdesk di Gedung Belakang Sub Bagian Registrasi dan Statistik BAAK Rektorat UNMUL atau menghubungi kontak person panitia bagian Pendidikan BAAK Unmul :

- Hidayatul Muttaqien, S.Kom 08125574413
- Fenti Ria Benazir, S.Kom 085250701809
- Wisnu Ari Setyadi 085752157888
- M. Syahrian Noor 085246911784
- Agus Tri Haryono, S.Kom 085247559718
- Dwi Rahmawati, S,Kom 081347203868
- Aulia Rahman 081349763746

6. Mencetak Tanda bukti telah mendaftar wisuda secara online pada portal wisuda http://wisuda.unmul.ac.id
7. Menyerahkan print out tanda pendaftaran wisuda secara online, kepada panitia wisuda di Gedung Belakang Ruang Sub Bagian Registrasi dan Statistik BAAK Rektorat Unmul, tanggal 15 Februari s/d 5 Maret 2014, mulai pukul 08.00 Wita s/d 14.30 Wita, dengan melampirkan dokumen-dokumen sebagai berikut :
a. Bukti Pembayaran uang Pendaftaran wisuda di Bank Mitra
b. Fotocopy Surat Keterangan Kelulusan yang telah dilegalisir oleh pejabat yang berwenang sebanyak 2 lembar (1 lembar untuk mendafar wisuda, dan 1 lembar untuk formulir penulisan ijazah)
c. Sertifikat TOEFL atau surat keterangan pernah mengikuti test TOEFL dari Balai Bahasa Unmul Asli beserta fotocopy yang dilegalisir oleh Balai Bahasa Unmul sebanyak 2 lembar (1 lembar untuk mendafar wisuda, dan 1 lembar untuk formulir penulisan ijazah)
d. Surat Keterangan Penyerahan Karya Tulis Asli dari UPT. Perpustakaan Unmul (khusus lembar wisuda)
8. Calon Wisudawan yang sudah menyerahkan print out tanda bukti pendaftaran online beserta dokumen kelengkapan seperti pada point 6 ayat a, b, c, dan d akan memperoleh tanda bukti pendaftaran wisuda dari petugas setelah verifikasi
9. Calon Wisudawan yang tidak menyerahkan print out tanda bukti pendaftaran online beserta dokumen kelengkapan seperti pada point 6 ayat a, b, c, dan d, sesuai batas tanggal yang ditentukan, panitia berhak membatalkan sebagai wisudawan Unmul pada periode bersangkutan serta tidak terdaftar dalam buku lulusan.
10. Mengisi Formulir penulisan ijazah, yang sudah ditandatangani oleh Pembantu Dekan I Fakultas/Pembantu Ketua I Up. Fakultas/Ketua Program Pascasarjana, dan sudah diberi cap/stempel, kemudian menyerahkan kepada petugas di gedung Belakang Ruang Sub Bagian Registrasi dan Statistik BAAK Rektorat Unmul, dengan kelengkapan sebagai berikut :
a. Fotocopy ijazah terakhir yang telah dilegalisasi Pejabat yang berwenang.
b. Pas foto hitam putih terbaru ukuran 3 x 4 cm, memakai jas dan dasi sebanyak 5 lembar (memakai jilbab dan kacamata membuat surat pernyataan diatas materai Rp.3000,-)
c. Fotocopy Surat keterangan Kelulusan yang telah dilegalisasi oleh pejabat yang berwenang sebanyak 1 lembar
d. Sertifikat TOEFL atau surat keterangan pernah mengikutii Test TOEFL dari UPT. Balai Bahasa Unmul Asli, beserta fotocopy yang sudah dilegalisasi oleh Balai Bahasa Unmul sebanyak 1 lembar.

INFORMASI PENDAFTARAN WISUDA BULAN MARET 2014
1. Pendaftaran dibuka mulai tanggal 15 Februari s/d 5 Maret 2014
2. Biaya Pendaftaran sebesar Rp. 400.000,-
Gladi Bersih Wisuda
Hari Kamis, tgl 27 Maret 2014, Pukul 14.00 Wita, bertempat di GOR 27 September Unmul, dengan   ketentuan sbb :
1. Wisudawan wajib menandatangani daftar hadir, antara pukul 12.30 s/d 14.00 Wita
2. Menempati kursi sesuai nomor urut daftar hadir
3. Pengambilan Undangan Wisudawan
4. Pakaian Bebas Pantas
Pelaksanaan Wisuda
Hari Sabtu, tgl 29 Maret  2014, Pukul 08.45 Wita, bertempat di GOR 27 September Unmul, dengan ketentuan sbb :
1. Wisudawan wajib menandatangani daftar hadir, antara pukul 07.30 s/d 08.30 Wita langsung menempati kursi yang telah ditentukan
2. Tepat Pukul 08.45 Wita pintu gedung tempat acara ditutup
3. Memakai Toga
4. Anak-anak dibawah 15 Tahun dilarang masuk gedung acara wisuda
*. Kepada wisudawan yang belum memiliki toga dan berminat untuk membeli, dapat menghubungi Koperasi Pegawai Negeri Tri Dharma Unmul, dengan harga :
    1. untuk S1 dan Diploma sebesar    Rp. 130.00,-/buah
    2. untuk S2 dan S3 sebesar           Rp. 220.000,-/buah
Demikian Prosedur Operasional Standar (POS) ini dibuat untuk dapat diinformasikan kepada pihak terkait dan dilaksanakan sebagaimana mestinya.

 pascasarjana  dosenstaf  fasilitas  perpus  kontak
 qa  portal  galerifoto  falerivideo  download