Kegiatan heregistrasi dilaksanakan oleh Bagian Akademik Biro Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Mulawarman (Unmul). Heregistrasi dan pengisian kartu rencana studi adalah kegiatan yang wajib dilaksanakan oleh seluruh mahasiswa, selama masih aktif terdaftar dan belum lulus di suatu program studi yang ada di lingkungan Unmul. 

 

Herregistrasi dan pengisian kartu rencana studi mahasiswa pada semester genap tahun akademik 2019/2020 di lingkungan Universitas Mulawarman dilaksanakan secara online. Dengan alur sebagai berikut : 

1. Membayar SPP/UKT pada Bank yang telah berkerjasama dengan Universitas Mulawarman antara lain : Bank BNI, Bank Mandiri, Bank BTN, Bank Muamalat dan Bankaltimtara Cabang Samarinda;

2. Bagi mahasiswa yang akan melaksanakan penundaan pembayaran SPP/UKT semester genap tahun akademik 2019/2020 untuk memudahkan heregistrasi agar segera mengurus Surat Keterangan Penundaan SPP/UKT di Fakultas masing-masing selambat-lambatnya dua minggu sebelum masa pembayaran SPP/UKT berakhir, dan kemudian melapor ke Bagian Keuangan BUK Rektorat Unmul;

3. Melakukan heregistrasi dan pengisian kartu rencana studi mahasiswa semester genap tahun akademik 2019/2020 Unmul menggunakan sistem online pada alamat website https://sia.unmul.ac.id, pada tanggal 02 s/d 24 Januari 2020, dengan cara :
a. LOGIN ke sistem registrasi online pada website https://sia.unmul.ac.id, pilih menu portal mahasiswa dan dosen;
b. Mengetik username dan password pada Portal akademik dan memindahkan kode keamanan/security;
c. Bagi mahasiswa  yang memperoleh Beasiswa dari Pemerintah Pusat seperti Program BIDIKMISI, Program Adik Papua, Program Adik 3T, dll., apabila dana SPP/UKT belum cair, agar segera mengurus Surat Keterangan Penundaan Pembayaran SPP/UKT yang ditandatangani oleh Kepala Biro Umum dan Keuangan Unmul;
d. Memindahkan kode security;

e. Meng-Klik tombol "Registrasi"
f. Mencetak Tanda Bukti Telah Registrasi Semester Genap 2019/2020;

4. Pastikan pengisian pada biodata SIA online SUDAH BENAR seperti : nama, tempat dan tanggal lahir sudah sesuai dengan ijazah terakhir, serta isian Nomor KTP/NIK serta ijazah terakhir sudah benar, karena data tersebut akan berhubungan dengan portal Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti) Kemenristekdikti). Apabila ada perbedaan silahkan lapor ke Bagian Akademik BAK Rektorat Unmul;

5. Mahasiswa diharuskan mengunggah file semua prestasi yang dicapai, partisipasi kegiatan kelembagaan dan partisipasi non kurikuler pada website https://sia/unmul.ac.id, berupa sertifikat, piagam penghargaan, surat tugas dan undangan kegiatan serta foto saat menerima hadiah/penghargaan, diupload dalam bentuk pdf;

6. Mahasiswa yang sudah menempuh perkuliahan pada semester ganjil tahun akademik 2019/2020 diharuskan mengisi borang "Evaluasi Kinerja Dosen Dalam Perkuliahan" dengan LOGIN ke sitem registrasi online pada website https://sia.unmul.ac.id, pilih menu portal mahasiswa dan dosen;

6. Bagi mahasiswa yang telah melaksanakan heregistrasi dan mengisi borang " Evaluasi Kinerja Dosen Dalam Perkuliahan" online selanjutnya mengisi Kartu Rencana Studi (KRS) secara online di website : https://sia.unmul.ac.id, dan mencetaknya, dengan memperhatikan kurikulum dan mata kuliah yang ditawarkan pada semester genap tahun akademik 2018/2019. Berkonsultasi dengan Pembimbing Akademik serta Koordinator Program Studi masing-masing fakultas, bagi mahasiswa yang tidak bisa mengisi KRS secara online dapat meminta bantuan kepada operator SIA fakultas masing-masing.

7. Bagi mahasiswa yang telah melaksanakan heregistrasi dan mengisi borang " Evaluasi Kinerja Dosen Dalam Perkuliahan" online selanjutnya mengisi Kartu rencana Studi (KRS) secara online di website : https://sia.unmul.ac.id, dan mencetaknya, dengan memperhatikan kurikulum dan mata kuliah yang ditawarkan pada semester genap tahun akademik 2019/2020. Berkonsultasi dengan Pembimbing Akademik serta Koordinator Program Studi masing-masing fakultas, bagi mahsiswa yang tidak bisa mengisi KRS secara online dapat meminta bantuan kepada operator SIA fakultas masing-masing.

8. Mengikuti perkulihaan semester genap tahun akademik 2019/2020 sesuai jadwal yang telah ditentukan oleh fakultas masing-masing.

9. Bagi mahasiswa yang kesulitan untuk akses ke sistem baik heregistrasi maupun pengisian KRS secara online dapat menghubungi petugas helpdesk di Ruang Pelayanan Akademik Gedung Baru lantai Rektorat Unmul atau menghubungi kontak person panitia  :      

Isai Julianto M 081347251823
Hidayatul Muttaqien, S.Kom 08113302117
Nur Fauzan Hidayat, S.Kom 085246271514
Fahrul Rodzi, S.Kom 085250595938
Astuti Nur Janah, SP   085250286008
M.Yamin Halimin, S.Hut   082155411843
Wiwin Rachmawati, S.Sos   0813477840943
Mosiyah, S.Pd     085247369735


10. Bagi mahasiswa yang tidak membayar SPP/ UKT, tidak melakukan herregistrasi dan tidak mengisi Kartu Rencana Studi (KRS) online pada waktu yang ditentukan, tidak diperbolehkan mengikuti seluruh kegiatan akademik Universitas Mulawarman, pada semester yang berjalan.

Demikian Prosedur Operasi Standar ini dibuat untuk dilaksanakan sebagaimana mestinya.