A. Pendahuluan

  1. Wisuda adalah upacara pengukuhan lulusan dan penyerahan ijazah yang dilaksanakan oleh Rektor, Dekan Fakultas dan Direktur Pascasarjana Universitas Mulawarman
  2. Pelaksanaan wisuda Universitas Mulawarman diselenggarakan pada bulan Maret, Juni, September dan Desember dengan tetap memperhatikan situasi dan kondisi Pandemi Covid-19, sehingga menjadi pertimbangan apakah dilaksanakan secara luring atau daring;
  3. Pelaksaan dan pendaftaran wisuda diselenggarakan oleh Bagian Akademik, Biro Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Mulawarman, berkoordinasi dengan Fakultas, Pascasarjana, Biro Umum dan Keuangan, LP2M, LP3M, UPT. Bahasa, UPT. Perpustakaan, UPT. TIK, UPT. Perkasa, Badan Pengelola Usaha, IKA Unmul dan lembaga perbankan yang ditunjuk oleh Universitas Mulawarman sebagai penerima setoran biaya wisuda.

B. Pelaksanaan pendaftaran Wisuda dan Pennulisan Ijazah dilakukan secara online, dengan alur sebagai berikut :

  1.  Membayar biaya pendaftaran sesuai nominal yang ditentukan oleh Universitas Mulawarman ke Bank yang bekerjasama dengan Universitas Mulawarman antara lain : Bank BNI / Bank Mandiri / Bank BTN / Bank Muamalat / Bankaltim, melalui : teller, Atm, Internet Banking atau Mobile Banking;
  2. Login pada sistem online menggunakan NIM dan Password (sama dengan password portal akademik) untuk mendaftar pada portal wisuda http://wisuda.unmul.ac.id;
  3. Mengisi biodata dan form pengisian ijazah, secara online pada portal wisuda http://wisuda.unmul.ac.id dimana saja (counter internet/warnet) atau memanfaatkan fasilitas internet di fakultas masing-masing;
  4. Mengisi kuesioner tingkat kepuasan mahasiswa dalam penyelenggaraan proses belajar mengajar di Universitas Mulawarman;
  5. Mengisi kuesioner status pekerjaan wisudawan baik sebelum wisuda dan sesudah wisuda, maupun perkiraan masa tunggu sesudah wisuda;
  6. Mengunggah hasil scan dari dokumen-dokumen asli sebagai berikut :

    1. Sertifkat lulus TOEFL/MU-EPT dari UPT. Bahasa Unmul, sedangkan yang tidak lulus TOEFL dapat mengunggah surat keterangan pernah mengikuti TOEFL minimal dua kali dari UPT. Bahasa Unmul (Surat Keterangan hanya berlaku bagi mahasiswa S1, Profesi, Spesialis, S1, S3 sebelum angkatan 2016). Khusus lulusan program Diploma (SO) TOEFL/MU-EPT belum dipersyaratkan; 
    2. Surat Keterangan Pwenyerahan Karya tulis dari UPT. Perpustakaan (format online);
    3. Surat Keterangan Kelulusan (SKL) dari Fakultas/Pascasarjana;
      Catatan :
      Huruf a,b dan c: sudah diverifikasi oleh operator SIA masing-masing Fakultas/Pascasarjana/UPT. Perpustakaan/UPT. Bahasa Unmul.
    4. Telah melapor (secara luring atau melalui sistem yang sudah disediakan) ke Skeretariat IKA unmul jalan Muara Pahu Kampus Unmul Gunung Kelua Samarinda, untuk mendaftar sebagai Anggota Alumni, serta telah diverifikasi oleh operator IT. IKA-Unmul;
    5. Mengupload pas foto berwarna untuk pembuatan data lulusan dan pencetakan ijazah (memakai jas dan dasi, berlatar belakang merah);
      Catatan :
      Pas Foto harus berkualitas baik, jika dianggap tidak memenuhi syarat panitia akan menunda penyelesaian ijazah;
    6. Ijazah terakhir yang dimiliki;
    7. Surat Keterangan dari pejabata terkait apabila ada kesalahan dalam penulisan ijazah sebelumnya (jika ada);
    8. Surat Keterangan Cuti Akademik (untuk lulusan yang melebihi dari masa studi maksimal);
    9. Draft penulisan Ijazah yang telah ditandatangani oleh lulusan yang bersangkutan;
    10. Surat pernyataan menggunakan jilbab/kacamata di atas materai Rp 10.000,-

      Catatan :
      Hasil scan yang bukan dari dokumen asli, dianggap tidak memenuhi syarat pendaftaran wisuda dan pencetakan ijazah.

  7. Sesuai Peraturan menteri Riset , Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 59 Tahun 2018 tanggal 20 Desember 2018 dan Surat Edaran Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud Nomor 7 Tahun 2020 Tentang Penerapan Nomor Ijazah Nasional dan Sistem Verifikasi Ijazah Secara Elektronik, mahasiswa yang lulus sampai tanggal 28 Desember 2020 sidah diberlakukan Penomoran Ijazah Nasional (PIN), oleh kaena itu :

    • Para lulusan harus memastikan data-data riwayat pembelajaran pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi sudah tertib dan benar serta sudah didaftarkan untuk memperoleh PIN.
    • Informasi tentang PIN dapat ditanyakan langsung pada Sub Bagian Akademik masing-masing Fakultas/Pascasarjana.
    • Setelah 1 (satu) minggu waktu pendaftaran wisuda ditutup dan proses pengusulan PIN lulusan ke Kementerian masih bermasalah, maka panitia wisuda akan menginformasikan kepada masing-masing Fakultas/Pascasarjana dan lulusan yang bersangkutan tentang penundaan keikutsertaan pada wisuda bulan Maret 2023.

  8. Bagi calon wisudawan yang kesulitan mengaskses ke sistem online dapat menghubungi Unit Layanan Terpadu (ULT) Unmul :

    1. Call Center (WA) ULT   : 0811 580 970
    2. Web ULT                      : https://ult.unmul.ac.id
    3. Portal ULT                     : https://eult.unmul.ac.id



INFORMASI PELAKSANAAN WISUDA
GELOMBANG I BULAN MARET 2023

 

  1. Pendaftaran dibuka mulai tanggal : 03 Januari 2023 s/d Februari 2023, dengan catatan akan ditutup jika peserta sudah mencapai 1.200 orang sebelum tanggal 06 Februari 2023;
  2. Biaya pendaftaran sebesar Rp. 400.000,- (empat ratus ribu rupiah), kecuali bagi lulusan yang sudah masuk kategori UKT;
  3. Bilamana pandemi Covid-19 di Kota Samarinda tetap bertahan pada kondisi normal, maka seluruh peserta wisuda dapat hadir secara luring/tatap muka (100%), serta aka didampingi Orang Tua/Keluarga. Apabila ada perubahan akan diumukan selanjutnya.
  4. Jadwal Gladi Wisuda dan Pelaksanaan Wisuda jika dilaksanakan secara luring/tatap muka, sebagai berikut :
 Gladi Wisuda Pelaksanaan Wisuda
Hari : Jum'at. 17 Maret 2023,
Pukul : 14.00 Wita, bertempat
di GOR 27 September Unmul,
dengan ketentuan sebagai
berikut :
  • Wisudawan harus
    menandatangani daftar
    hadir, antara pukul 13.00
    s/d 14.00 Wita;
  • Pengambilan undangan
    wisuda;
  • Menempati kursi sesuai
    nomor urut daftar hadir.
    pakaian bebas pantas
Hari : Sabtu, 18 Maret 2023,
Pukul :  08.00 Wita s/d selesai,
Tempat : Gor 27 September
Unmul, dengan ketentuan
sebagai berikut :
  • Wisudawan harus
    menandatangani daftar hadir
    antara pukul 07.00 Wita s/d
    07.45 Wita, langsung
    menempati kursi yang telah
    ditentukan;
  • Tepat pukul 07.50 Wita pintu
    gedung tempat acara ditutup;
  • Memakai Toga lengkap
  1. Kepada wisudawan yang belum memiliki toga dan bermionat untuk membeli, dapat menghubungi Badan Pengelola Usaha Unmul, yang beralamatkan disamping Gedung UPT. Perpustakaan Pusat Universitas Mulawarman, dengan harga :

    • untuk S1 & Diploma sebesar Rp. 260.000,-
    • untuk profesi & S2 sebesar    Rp. 340.000,-
    • untuk S3 sebesar                   Rp. 350.000,-

Info lebih lanjut dapat ditanyakan pada Kantor Badan Pengelola Usaha (BPU) Universitas Mulawarman pada nomor kontak dibawah ini :

- 0822 5500 2068 (wa dan tepon biasa)
- 0821 2040 6677 (khusus wa)

  1. Kepada Dekan Fakultas/Direktur Pascasarjana di lingkungan Unmul, dimohon tidak mengusulkan peserta wisuda diluar jadwal dan jumlah yang telah ditentukan. Bagi panitia wisuda tidak boleh menerima pendaftaran diluar ketentuan.