Welcome to Fisip Unmul Question & Answer (Q&A), where you can ask questions and receive answers. Please use it appropriately, and hope it's fruitful.

Selamat Datang di webpage Tanya Jawab Fisip Unmul. Silakan gunakan media ini sebagaimana mestinya, dan semoga bermanfaat.

NAVIGASI
Halaman Depan (Home)
Ajukan Pertanyaan
Website Fisip Unmul
Perpustakaan Fisip Unmul
Portal Karya Ilmiah Fisip Unmul
Download

Register
Login

SPAM & PENGGUNA
Belakangan, banyak spam dari anonim masuk ke Q&A ini. Untuk itu, kami menonaktifkan pengguna anonim. Silakan mendaftar untuk pengguna baru atau login untuk pengguna lama yang ingin mengajukan pertanyaan.


Disclaimer
Posting yang tidak sesuai ketentuan/misi dari Q&A ini (termasuk spam, iklan, dsb) akan dihapus atau tidak ditampilkan. Pengirim posting dimaksud bisa juga di-banned.

Mengapa adaptasi dapat menyebabkan terjadinya keanekaragaman hayati

+1 suara
ditanyakan 5 Mei 2014 dalam Perpustakaan oleh anonim
ditag ulang 21 Mei 2014 oleh admin

1 Jawaban

0 suara
1. Keanekaragaman hayati merupakan komponen ekosistem yang sangat penting, misalnya hutan hujan tropis. Hutan hujan tropis memiliki nilai ekologis atau nilai lingkungan yang penting bagi bumi, antara lain: a. Merupakan paru-paru bumi Kegiatan fotosintesis hutan hujan tropis dapat menurunkan kadar karbondioksida (CO2) di atmosfer, yang berarti dapat mengurangi pencemaran udara dan dapat mencegah efek rumah kaca. b. Dapat menjaga kestabilan iklim global, yaitu mempertahankan suhu dan ke lembaban udara.
2. Keanekaragaman hayati sangat penting bagi kelangsungan dan kelestarian makhluk hidup. Keanekaragaman dapat terjadi akibat proses evolusi dan adaptasi. Evolusi adalah perubahan yang terjadi dalam waktu lama yang akan membentuk makhluk hidup yang berbeda dengan asalnya sehingga akan menimbulkan spesies baru. Sedangkan adaptasi adalah proses penyesuaian diri terhadap linkungan yang berbeda akan menghasilkan makhluk hidup yang berbeda pula. Misalnya burung galatik yang hidup di kepulauan Galapagos, pada mulanya burung galatik berasal dari tempat yang sama di amerika selatan. Oleh karena hidupnya berpindah-pindah dan menghuni tempat yang berbeda, lama kelamaan paruh burung galatik mengalami perubahan sesuai dengan kondisi lingkungan baru.
3. Biasanya untuk meningkatkan hasil pertanian para petani menggunakan pupuk kimia (buatan). Namun penggunaan pupuk yang berlebihan dapat membahayakan lingkungan. Pupuk yang berlebihan dapat terbawa air ke danau. Akibatnya, tanaman air, misalnya enceng gondok, akan mengalami pertumbuhan dan perkembangbiakan yang luar biasa. Selanjutnya, air danau akan mengalami pendangkalan sehingga ikan dan hewan air lainnya akan kehilangan habitatnya.
Untuk membasmi hama dan penyakit para petani menggunakan pestisida. Namun peggunaan pestisida yang berlebihan akanmembunuh hewan – hewan berhabitat di daerah tersebut. Matinya hewan – hewan tersebut menganggu kestabilan lingkungan karena hewan pemangsa akan kehilangan makanannya. Akibatnya, keanekaragaman makhluk hidup di daerah tersebut terancam punah.
5. Daerah Persebaran Bioma Hutan Hujan:
a. Asia Tengah / Tenggara
b. Amerika Tengah
c. Amazone
d. Lembah Kongo
e. Orinoco
6. a. Anoa Dataran Rendah (Bubalus depressicornis) ; endemik di Sulawesi
b. Anoa Pegunungan (Bubalus quarlesi) ; endemik di Sulawesi
c. Babirusa (Babyrousa babyrussa) ; endemik di Sulawesi
d. Badak Bercula Batu atau Badak Jawa (Rhinoceros sondaicus) ; endemik di Jawa
e. Badak Sumatra (Dicerorhinus sumatrensis) ; endemik di Sumatera
7. karena dengan adanya taman nasional bs menjaga fauna/flora yang mungkin akan punah sehingga keanekaragaman hayati bs terjg dan tetap d lestarikan. Semoga jawaban diatas dapat menjadi bahan referensi anda untuk menjawab dan bisa mencari sumber informasi yang lebih berkompeten. Sumber https://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20130522103356AAVGOer
dijawab 6 Mei 2014 oleh admin
...