logo ind2                                                                                                  

Pada tanggal 10 dan 11 Agustus 2024, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman (FISIP Unmul) menyelenggarakan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) acara ini merupakan langkah awal bagi para mahasiswa baru untuk memahami lingkungan kampusnya serta saling mengenal dengan sesama mahasiswa baru.

Hari pertama acara PKKMB diawali dengan sambutan dari Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FISIP UNMUL, Muhammad Ichsan Al Bajri, dan laporan ketua panitia oleh Wakil Dekan III Daryono, S.Sos., M.Si., Ph.D yang kemudian diikuti oleh sambutan Dekan FISIP UNMUL Dr. Finnah Fourqoniah, M.Si. Dalam sambutannya, Dekan FISIP UNMUL tidak hanya membuka secara resmi acara PKKMB tetapi juga memberikan arahan penting kepada mahasiswa baru.

Acara PKKMB ini diikuti oleh 669 peserta mahasiswa baru FISIP UNMUL yang tentu saja penuh dengan semangat baru. Dalam acara ini, mahasiswa baru tidak hanya diberikan pengetahuan akademis tetapi juga keterampilan sosial dan kepemimpinan yang sangat diperlukan bagi mahasiswa baru.

pkkmbfisip 1

Dalam PKKMB ini diisi dengan kegiatan kuliah umum yang disampaikan oleh Walikota Samarinda, Andi Harun, dengan tema “Kepemimpinan dan Manajemen Organisasi Berbasis Revolusi Mental Pemimpin Muda Melalui Nilai-Nilai Gotong Royong, Etos Kerja, Dan Integritas Di Lingkungan Kampus.” Andi Harun memberikan wawasan yang mendalam tentang pembentukan karakter bagi mahasiswa dan calon pemimpin muda, yang akan membantu mereka tumbuh menjadi generasi yang tangguh di tengah perubahan yang cepat.

pkkmbfisip 2

Selain itu, acara PKKMB juga dihadiri oleh narasumber lain yang tidak kalah inspiratif, seperti Lenggono, Direktur Ketahanan Pangan dan Kedeputian Lingkungan Hidup serta Sumber Daya Alam Otoritas Nusantara, yang memberikan kuliah tentang “Mengembangkan Academic Mindset Mahasiswa Guna Mendorong Perilaku Akademis Yang Produktif Dan Inspiratif.

pkkmbfisip 5

Tidak ketinggalan, Wakil Dekan I FISIP UNMUL, Dr. Rina Juwita, S.IP., MHRIR, juga memberikan kuliah umum yang sangat informatif dengan tema “Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia 5.0 Sebagai Transformasi Pendidikan Di Masa Depan Dan Eksplorasi Karir Dalam Model Kampus Merdeka.

pkkmbfisip 4

Tim Satgas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS) juga turut berpartisipasi dalam acara PKKMB dengan menghadirkan narasumber oleh Koordinator Program Studi Administrasi Publik, Dr. Fajar Apriani, M.Si, yang membahas tentang menciptakan lingkungan kampus yang bebas dari kekerasan seksual dan tindakan asusila.

pkkmbfisip 8

pkkmbfisip 9

Dosen Program Studi Psikologi Ayunda Ramadhani, S.Psi.,M.Psi juga memberikan kuliah umum dengan materi "Pengembangan Pendidikan Berbasis Nilai Etika Dan Pentingnya Kesadaran Kesehatan Mental Dan Perundungan" lalu ada pula materi Personal Branding dan Games dari tim Wardah.

pkkmbmapres

Disela sela kuliah umum Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik juga memberikan penghargaan kepada mahasiswa berprestasi tahun 2024.

pkkmbfisipunmul_1

pkkmbfisipunmul_1

Hari kedua acara PKKMB diisi dengan beragam kegiatan yang bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai lembaga mahasiswa dan program studi yang ada di FISIP Unmul. Dalam PKKMB ini, para mahasiswa baru diperkenalkan pada berbagai lembaga mahasiswa seperti Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), hingga Himpunan Mahasiswa seperti HIMANISLIK, HIMIP, HIMAPSOS, HIMAKSI, HIMAHI, HIMAPSI, HIMABISNIS, HIMAPIN, serta beragam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) seperti KPM, LDK, SEC, olahraga, PMK, dan FISIPERS.

pkkmbfisipunmul_1

pkkmbfisipunmul_1

Tidak hanya lembaga mahasiswa, para mahasiswa baru juga diperkenalkan pada beragam program studi yang ada di FISIP Unmul, seperti Administrasi Publik, Ilmu Pemerintahan, Pembangunan Sosial, Hubungan Internasional, Ilmu Komunikasi, Administrasi Bisnis, dan Psikologi. Melalui tahapan-tahapan ini, diharapkan para mahasiswa baru dapat lebih memahami pilihan program studi yang mereka ambil serta mendukung mereka untuk meraih prestasi akademik.

Acara PKKMB diakhiri dengan pengumuman beberapa lomba yang diselenggarakan selama kegiatan ini. Beberapa lomba yang diumumkan antara lain adalah tugas video mahasiswa baru terbaik, peserta Putra dan Putri PKKMB terbaik, yel-yel terbaik, juara game cluster, penampilan terbaik lembaga mahasiswa, dan juara penampilan program studi terbaik. Lomba-lomba ini tidak hanya bertujuan untuk menghibur, tetapi juga untuk memotivasi para mahasiswa baru agar dapat berprestasi di bidang akademik.

Dari acara PKKMB ini, mahasiswa baru FISIP UNMUL tidak hanya diberikan pengetahuan dan keterampilan baru, tetapi juga inspirasi dan motivasi untuk menjadi generasi yang berkualitas dan berdaya saing di masa depan. Dengan adanya rangkaian acara yang informatif dan menginspirasi, diharapkan para mahasiswa baru dapat memulai perjalanan mereka di dunia kampus dengan penuh semangat.

pkkmbfisip 10

pkkmbfisip 11

pkkmbfisip 12

pkkmbfisip 13

pkkmbfisip 14

pkkmbfisip 15

pkkmbfisip 16

pkkmbfisip 18

pkkmbfisipunmul_1

pkkmbfisipunmul_1

 pascasarjana  dosenstaf  fasilitas  perpus  kontak
 qa  portal  galerifoto  falerivideo  download