Kegiatan registrasi/herregistrasi mahasiswa dilaksanakan oleh Bagian Akademik Biro Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Mulawarman, registrasi/herregistrasi yang dilanjutkan dengan pengisian kartu rencana studi
adalah kegiatan yang wajib dilaksanakan oleh seluruh mahasiswa, selama masih aktif terdaftar dan belum lulus di suatu program studi yang ada di lingkungan Unmul. registrasi/herregistrasi dan pengisian kartu rencana studi dilaksanakan sebanyak dua kali dalam satu tahun, yakni semester ganjil dan semester genap.
Herregistrasi dan pengisian Kartu Rencana Studi mahasiswa pada semester genap tahun akademik 2022/2023 di lingkungan Unmul dilaksanakan secara online, dengan alur sebagai berikut :
- Membayar SPP/UKT pada Bank yang telah bekerjasama dengan Unmul yaitu: Bank BNI, bank BTN, Bank kaltimtara, Bank mandiri, dan/atau Bank Muamalat cabang Samarinda;
- Bagi mahasiswa yang akan melaksanakan penundaan pembayaran SPP/UKT semester genap tahun akademik 2022/2023 dan akan melakukan herregistrasi agar segera mengurus Surat Keterangan di fakultas masing-masing selambat-lambatnya dua minggu sebelum masa pembayaran berakhir, dan kemudian melapor ke Bagian Keuangan BUK Rektorat Unmul;
- Melakukan herregistrasi dan pengisian kartu rencana studi semester genap tahun akademik 2022/2023 setelah menyelesaikan administrasi pembayaran dengan menggunakan sistem online pada alamat website https:///sia.unmul.ac.id, dengan jadwal :
3.1. Pelaksanaan herregistrasi dimulai tanggal 02 s/d 27 Januari 2023;
3.3. Pengisian KRS 02 s/d 31 Januari 2023; dan
3.4. Perkuliahan Semester Genap 2022/2023 dimulai tanggal 1 Februari s/d 31 Mei 2023. - Setelah semua proses herregistrasi dilakukan bagi mahasiswa yang belum memiliki e-KTM dapat memilih salah satu bank yang telah bermitra dengan Unmul untuk percetakan e-KTM dengan syarat dan prosedur yang ditentukan oleh bank bersangkutan, format pemilihan bank percetakan e-KTM sudah ada di website: https:///sia.unmul.ac.id;
- Langkah-langkah dalam melakukan herregistrasi dan pengisian kartu rencana :
a. LOGIN ke sistem registrasi online pada website https:///sia.unmul.ac.id, pilih menu portal mahasiswa dan dosen;
b. Mengetik password pada Portal Akademik dengan menggunakan password sebelumnya;
c. Bagi mahasiswa yang memperoleh Beasiswa dari Pemerintah Pusat seperti Program BIDIKMISI, Program ADik Papua, Program ADik 3T, KIP-K dll., apabila dana SPP/UKTbelum cair, agar segera mengurus Surat Keterangan Penundaan Pembayaran SPP/UKT yang ditandatangani oleh Kepala Biro Umum dan Keuangan Unmul;
d. Mengetik ulang kode keamanan yang tampil pada halaman login;
e. Mengupload foto, melengkapi dan mengisi biodata di sistem online;
f. Mengklik tombol "registrasi";
g. Memilih salah satu bank mitra bagi mahasiswa yang belum memiliki e-KTM;
h. Mencetak Tanda Bukti Telah Registrasi Semester Genap 2022/2023, jika diperlukan untuk mengurus administrasi akademik. - Pastikan data pada SIA online sudah benar dan sudah terdaftar pada portal Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti), Kemdikbudristek, seperti : nama, tempat/tanggal lahir sesuai dengan ijazah terakhir, Nomor Iinduk Siswa Nasional (NISN), Nomor Induk Kependudukan (NIK), maupun riwayat studi dan riwayat kuliah;
- Mahasiswa yang sudah menempuh perkuliahan pada semester ganjil tahun akademik 2022/2023 diharuskan mengisi borang "Evaluasi Kinerja Dosen Dalam Perkuliahan" dengan LOGIN ke sistem registrasi online pada website https:///sia.unmul.ac.id, pilih menu portal mahasiswa dan dosen;
- Bagi mahasiswa yang telah melaksanakan herregistrasi dan mengisi borang "Evaluasi Kinerja Dosen Dalam Perkuliahan" online selanjutnya mengisi Kartu Rencana Studi (KRS) secara online di website https:///sia.unmul.ac.id, dan mencetaknya, dengan memperhatikan kurikulum dan mata kuliah yang ditawarkan pada semester genap tahun akademik 2022/2023.
kemudian berkonsultasi dengan Pembimbing Akademik serta Koordinator Program Studi masing-masing fakultas, bagi mahasiswa yang tidak bisa mengisi KRS secara online dapat meminta bantuan kepada operator SIA fakultas masing-masing. - Mengikuti perkuliahan semester genap tahun akademik 2022/2023 sesuai jadwal yang telah ditentukan oleh fakultas masing-masing.
- Bagi mahasiswa yang kesulitan untuk akses ke sistem baik herregistrasi maupun pengisian KRS secara online dapat menghubungi Unit Layanan Terpadu (ULT) Unmul :
1. Call Center (WA) ULT : 0811 580 970
2. Portal ULT : https://eult.unmul.ac.id
3. Operator SIA Fakultas/Pascasarjana masing-masing - Bagi mahasiswa yang tidak membayar SPP/UKT, tidak melakukan herregistrasi dan tidak mengisi/memprogramkan Kartu Rencana Studi (KRS) online pada waktu yang ditentukan, tidak diperbolehkan mengikuti seluruh kegiatan akademik Unmul pada semester genap tahun akademik 2022/2023.
Demikian Prosedur Operasional Baku ini dibuat untuk dilaksanakan sebagai mestinya.