logo ind2                                                                                                  

gedung s2.jpgSebelum tahun 2000, di Fisip Unmul hanya ada 3 pogram studi S1 yang setiap tahunnya hanya menerima mahasiswa sekitar 100 orang untuk ketiga program studi tersebut. Total mahasiswa aktif ketika itu sekitar 600 orang. Sekarang (2012), terdapat 11 program studi di berbagai jenjang (D3, S1, S2) yang setiap tahunnya menerima mahasiswa sekitar 1000 orang. Jumlah mahasiswa secara keseluruhan saat ini adalah 5336 orang. Peningkatan sekitar 10 kali lipat ini menuntut adanya

penyediaan sarana-prasarana, tenaga dosen dan staf, serta aturan-aturan baru untuk memfasilitasi kelancaran proses belajar mengajar.

Dalam hal sarana-prasarana dan fasilitas, beberapa gedung baru dibangun seperti Gedung S1 Administrasi Niaga dan Perkantoran (2 lantai), Gedung Ilmu Komunikasi (2 lantai), Hedung Perpustakan/SIA (2 lantai), Gedung S2 (3 lantai), dan yang terbaru adalah Gedung Dekanat (3 lantai). Dengan pembangunan gedung-gedung baru ini berarti jumlah dan luas ruang kelas dan perkantoran meningkat. Ruang seminar untuk mahasiswa, ruang rapat, dan ruang pertemuan juga bertambah. Renovasi ruang kantor dan kelas lama juga dilakukan sehingga terbangun ruang perpustakaan baru yang lebih luas, ruang dosen, dan ruang konferensi.

Untuk fasilitas, ruang-ruang kelas sekarang dilengkapi dengan LCD permanen sehingga para dosen tinggal membawa laptop untuk menampilkan materi kuliah dengan presentasi powerpoint atau program sejenis. Di ruang seminar mahasiswa, layarnya berupa TV LCD layar lebar dan mahasiswa tinggal mencolokkan USB interface ke laptop mahasiswa.

Perpustakaan FIsip Unmul juga dibenahi, dari yang bersifat manual ke perpustakaan digital. Di perpustakaan baru ini mahasiswa yang ingin menjadi anggota perpustakaan akan mendapatkan kartu perpustakaan dengan data-data digital. Pembuatan kartu anggota perpustakaan ini memakai mekanisme pembuatan kartu langsung jadi, dimana calon anggota difoto dengan kamera khusus perpustakaan, fotonya masuk ke form kartu anggota yang sudah ada, data di-entry ke database dan digitalisasi dalam bentuk barcode, diprint, dilaminating, dan diserahkan ke anggota perpustaaan. Ini memerlukan waktu sekitar 30 menit per mahasiswa. Jadi prinsip atau mekanisme pembuatan kartu anggota adalah langsung jadi; namun, karena peminjamnya banyak sementara staf yang melayani terbatas maka diperlukan waktu lebih. Selain itu, buku-buku dikatalogisasi secara elektronik sehingga memudahkan pencarian referensi dengan fitur pencarian (Search). Buku-buku koleksi juga di-barcoding sehingga dengan bantuan alat scan perpustakaan proses pinjam meminjam menjadi lebih efisien. Skripsi didigitalisasi sehingga para anggota perpustakaan bisa membaca skripsi di layat komputer perpustakaan.

Penataan lingkungan kampus juga dilakukan dengan membangun gazebo-gazebo, memperbaiki tempat-tempat duduk/diskusi, penghijauan kampus, dan lain sebagainya. Ini dimaksudkan agar kampus Fisip Unmul menjadi semakin asri dan nyaman bagi komunitas penggunanya.

Beberapa fasilitas lain juga diadakan dan dibenahi seperti pembangunan lapangan basket, penataan perpakiran, perluasan ruang perpustakaan, dan lain sebagainya.

Agar input dan output seimbang. peraturan tentang tata-laksana skripsi diubah. Kalau sebelumnya ada Seminar I (seminar proposal), Seminar II (seminar hasil penelitian), dan Ujian Skripsi/Pendadaran, sekarang ini hanya ada Seminar Proposal dan Ujian Skripsi. Dalam Seminar proposal yang baru, mahasiswa sebanyak 5 orang dilibatkan sebagai pembahas.

Dalam berbenah untuk merespon peningkatan minat calon mahasiswa untuk kuliah di Fisip serta perkembangan teknologi informasi dalam pendidikan, banyak hal-hal lain yang telah dilakukan yang bisa dilihat atau dipahami dengan meng-explore homepage Fisip ini atau berkunjung ke kampus Fisip Unmul.

pelayanan fakultas covid19 min


kwmahasiswaan

recent

kontak person operator

kuisioner fisip unmul min

   
 digital library  

Pro : Sivitas Akademika

  1. MAHASISWA
  2. DOSEN/STAF
  3. ALUMNI
FISIP UNMUL - Sesuai Surat Wakil Rektor III, Bidang Kemahasiswaan dan Alumni nomor 089/UN17.19/KM/2021 tanggal 22 Maret 2021...
More inMahasiswa  
Thumbnail   SURAT EDARAN REKTOR UNIVERSITAS MULAWARMAN Nomor : 1555 /UN17/KP/2020 TENTANG LIBUR CUTI BERSAMA HARI RAYA IDUL FITRI...
More inDosen/Staf  
Tracer Study Universitas Mulawarman
Sabtu, 19 September 2020
Thumbnail Dihimbau kepada lulusan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Mulawarman untuk mengisi kuisioner...
More inAlumni