logo ind2                                                                                                  

Selamat dan Sukses kepada seluruh Dosen Fisipol Unmul yang mengikuti Diklat Pelatihan Dasar (Latsar) PPPK April 2024

Welcome to ICONPO 2024

PEMILIHAN MAHASISWA BERPRESTASI (PILMAPRES) 2024

Selamat dan Sukses Prodi Psikologi Fisip Unmul Telah Meraih Akreditasi Baik Sekali

Pelantikan dan Serah Terima Jabatan Wakil Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman

10
PROGRAM STUDI
113
DOSEN
91
STAF
3671
MAHASISWA

Fisip Unmul Selayang Pandang

  1. SEJARAH
  2. PRODI
  3. FASILITAS
  4. ORGANISASI
  5. DOSEN DAN STAF
  6. MAHASISWA
  7. ALUMNI
  8. WEB PRODI
  9. EJOURNAL
  10. KONTAK
Cikal bakal berdirinya Fisip Unmul bisa ditelusuri sejak tahun 1962, yang diberi nama Perguruan Tinggi Mulawarman. Nama ini ditetapkan secara resmi dalam Surat Keputusan Gubernur Kaltim No. 15/PPK/62. Nama ini tak lama digunakan karena ketika meminta pengesahan Menteri PTIP kemudian nama ini diubah menjadi Universitas Kalimantan Timur (Unikat). Berdasarkan Keputusan Presiden RI tanggal 23 April 1963, nama yang disetujui adalah Universitas Mulawarman (Unmul). Pada saat menggunakan nama Perguruan Tinggi Mulawarman, hanya ada dua Fakultas Ketatanegaraan dan Ketataniagaan. Pada tahun 1966, kedua Fakultas tersebut dipisah menjadi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik dan Fakultas Ekonomi.
Jumlah Program Studi (Prodi) di Fisipol Unmul mengalami peningkatan pesat dibandingkan dengan ketika awalnya berdiri. Sebelum tahun 2000, jumlah Prodi hanya tiga, yakni Ilmu Administrasi Publik, Ilmu Pemerintahan, dan Pembangunan Sosial. Peningkatan secara signifikan terjadi mulai tahun 2000 dengan dibentuknya Prodi-Prodi baru. Sekarang ini, Fisip Unmul memiliki delapan program S1 (Administrasi Publik, Ilmu Pemerintahan, Pembangunan Sosial, Ilmu Hubungan Internasional, Administrasi Bisnis, Ilmu Komunikasi, Psikologi, Pemerintahan Integratif) dan dua program S2 (Magister Administrasi Publik, Magister Ilmu Pemerintahan).
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman memiliki fasilitas dan prasarana yang beragam, lengkap dan sangat memadai guna menunjang proses belajar mengajar di lembaga ini. Fasilitas serta prasarana dikelola dan dirawat oleh staf Umum dan BMN yang khusus untuk itu. Beberapa di antaranya adalah gedung perkuliahan dan perkantoran (Dekanat) yang representatif, ruang pertemuan ilmiah dan konferensi yang luas, ruang seminar dan ruang sidang ujian skripsi yang dilengkapi dengan peralatan modern, perpustakaan digital, hot spot, tempat parkir yang luas, sarana keagamaan (tempat ibadah), alat musik (band), berbagai jenis lapangan olahraga, dan lain sebagainya.
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman dipimpin oleh Dekan, yang dibantu oleh tiga Wakil Dekan, yakni Wakil Dekan I (bidang akademik), Wakil Dekan II (bidang administrasi, kepegawaian dan keuangan) dan Wakil Dekan III (bidang kemahasiswaan). Di bidang akademik, Dekan membawahi Program Studi (dipimpin Ketua Prodi, yang dibantu Sekretaris Prodi). Di bidang administrasi, Dekan membawahi Tata Usaha (TU), yang dipimpin oleh Ketua Tata Usaha (KTU). KTU membawahi sub-sub bagian (Subag), yang dipimpin oleh Kepala Sub-Bagian (Kasubag), seperti Kasubag Pendidikan, Kasubag Kemahasiswaan & Alumni, Kasubag Keuangan & SDM, Kasubag BMN & Perlengkapan.
Peran dosen dan staf sangat krusial dalam proses belajar mengajar pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman. Hingga bulan April 2017, jumlah keseluruhan dosen tetap PNS sebanyak 88 dan dosen tetap non-pns sebanyak 18 dosen. Dilihat dari segi pendidikannya, proporsi mereka adalah 31 dosen berpendidikan Doktor, 57 dosen berpendidikan Magister dan 0 berpendidikan Sarjana. Sementara itu, jumlah keseluruhan staf di Fisip Unmul adalah 114 orang, yang terdiri dari 70 laki-laki dan 44 perempuan. Di lihat dari status kepegawaiannya, 27 orang staf adalah PNS sementara 87 orang adalah pegawai Honorer atau yang belum berstatus sebagai PNS.
Peminat ilmu-ilmu sosial dan politik belakangan ini meningkat pesat. Ini dicirikan dengan peningkatan jumlah mahasiswa yang signifikan. Sebelum tahun 2000, jumlah mahasiswa tercatat tidak lebih dari 700 orang, sementara pada bulan April 2007 jumlanya mencapai 4585 orang, dimana 1296 di antaranya adalah mashasiswa dari jalur seleksi nasional, sementara 3288 orang dari jalur seleksi lokal/mandiri di semua jenjang (D3. S1, dan S2). Pada tahun 2012, jumlah mahasiswa yang terdaftar di Fisip Unmul adalah 5.732 orang. Dari jumlah ini, sebanyak 396 mahasiswa (7,42%) tidak melakukan her registrasi, sementara mayoritas dari mereka, yakni sebanyak 5.336 mahasiswa (92,58%) telah melakukan her-registrasi atau yang aktif kuliah.
Oleh karena Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman (Fisip Unmul) didirikan sejak 1962, sudah banyak alumni yang dihasilkan oleh Fakultas ini. Dari data yang ada, jumlah mereka adalah 6145 orang, yang sekarang tersebar di seluruh Indonesia dan bahkan ada yang di luar negeri. Namun, jumlah yang terbanyak berada/bermukim di Kalimantan Timur. Banyak di antara mereka yang berprofesi sebagai Pegawai Negeri Sipil, birokrat, pejabat, politisi, pengusaha, wiraswasta, aktivis, self-employed, dan lain sebagainya. Para alumni Fisip Unmul memiliki wadah organisasi alumni yang diberi nama IKA-Fisip Unmul (Ikatan Keluarga Alumni Fakulas Ilmu Sosial dan Ilmu Poltik, Universitas Mulawarman).
Fisip Unmul memberikan ruang bagi Prodi untuk tampil di cyber space sehingga mereka bisa berkiprah secara kreatif untuk kepentingan Prodi dalam payung Keluarga Besar Fisip Unmul. Alasan lainnya, ketika mengusulkan akreditasi, Prodi terkait diminta mencantumkan alamat situs Program Studi, yang menjadi salah satu poin penilaian akreditasi. Beberapa yang sudah online adalah Program Magister (S2) Administrasi Publik (https://map.fisip-unmul.ac.id), (S2) Ilmu Pemerintahan (https://mip.fisip-unmul.ac.id), Prodi Ilmu Pemerintahan (https://ip.fisip-unmul.ac.id), Prodi Psikologi (https://psikologi.fisip-unmul.ac.id), Prodi Ilmu Hubungan Internasional (https://hi.fisip.unmul.ac.id), Prodi Ilmu Komunikasi (https://ilkom.fisip-unmul.ac.id), Prodi Administrasi Bisnis (https://adbisnis.fisip-unmul.ac.id), Prodi Administrasi Publik (https://ap.fisip-unmul.ac.id), Prodi Pembangunan Sosial (https://ps.fisip-unmul.ac.id), Prodi Pemerintahan Integratif (http://pin.or.id).
Semua Program Studi/Pendidikan di Fisip Unmul telah memiliki eJournal, sbb: 1) eJournal Ilmu Administrasi Negara (https://ejournal.an.fisip-unmul.ac.id), 2) eJournal Ilmu Pemerintahan (https://ejournal.ip.fisip-unmul.ac.id), 3) eJournal Sosiatri-Sosiologi (https://ejournal.sos.fisip-unmul.ac.id), 4) eJournal Ilmu Hubungan Internasional (https://ejournal.hi.fisip-unmul.ac.id), 5) eJournal Ilmu Komunikasi (https://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id), 6) eJournal Administrasi Bisnis (https://ejournal.adbisnis.fisip-unmul.ac.id), 7) eJournal Psikologi (https://ejournal.psikologi.fisip-unmul.ac.id), 8) eJournal Pemerintahan Integratif (http://ejournal.pin.or.id), 9) eJournal Magister Ilmu Administrasi Negara (http://ar.mian.fisip-unmul.ac.id). Pintu gerbang (gateway) dari eJournal-eJournal tersebut adalah Portal Karya Ilmiah Fisip Unmul (https://portal.fisip-unmul.ac.id).
Kampus Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman (Fisip Unmul) berlokasi Kota Samarinda, Kalimantan Timur. Kampus Fisip Unmul ini terletak di dataran tinggi dalam kompleks kampus Universitas Mulawarman sehingga bebas banjir. Alamatnya adalah: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman, Kampus Gunung Kelua, Samarinda 75411, Kalimantan Timur. Fisip Unmul bisa dihubungi dengan telepon pada nomor (0541) 743820 dan 748662, atau dengan Fax pada nomor (0541) 743820. Fisip Unmul bisa juga dihubungi dengan email di alamat fisip[at]fisip-unmul.ac.id (ganti tanda [at] dgn @) atau melalui website (menu Kontak di web ini). Selain itu, Fisip Unmul memiliki account Facebook dan Twitter, yang bisa dipakai sebagai sarana kontak.

Calon Mahasiswa Baru

  1. INTRO
  2. PENDAFTARAN
  3. UKT
  4. BEASISWA
  5. PILIHAN STUDI
Minat lulusan SMU/SMK untuk menjadi mahasiswa Fisip Unmul tergolong tinggi. Demikian juga lulusan S1 yang ingin melanjutkan ke S2. Ini bisa dilihat dari banyaknya dan terus meningkatnya pelamar dalam lima tahun terakhir. Tingginya animo tersebut direspon dengan tiap tahun melakukan penerimaan mahasiswa baru di sepuluh Program Studi dari berbagai jalur penerimaan (SNBP, SNBT, SMMPTN) dan jenjang studi (S1 & S2). Jumlah mahasiswa yang diterima setiap tahunnya adalah sekitar 1000 orang. Dilihat dari jumlah mahasiswa, Fisip Unmul sekarang ini menempati urutan ketiga di lingkungan Unmul, setelah FKIP dan Fekon, dengan total 5336 lebih mahasiswa yang aktif kuliah. Mahasiswa-mahasiswa Fisip Unmul tersebar di 10 Program Studi di berbagai jenjang studi (S1/Program Sarjana dan S2/Program Pascasarjana).
Untuk bisa menjadi mahasiswa pada salah satu Program Studi di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman, ada tiga jalur yang dapat ditempuh, yakni Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), dan Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN). Untuk bisa ikut dalam seleksi penerimaan mahaiswa baru di ketiga atau salah satu jalur tersebut, maka calon mahasiswa mesti melakukan pendaftaran untuk mendapatkan identitas peserta atau kartu peserta ujian. Pendaftaran di ketiga jalur masuk tersebut dilakukan secara online di Internet, di link situs yang telah ditentukan oleh Depdiknas (untuk SNBP), Majelis Rektor PTN se-Indonesia (SNBT), dan Universitas Mulawarman (Jalur Mandiri/SMMPTN).
Pemerintah Pusat (dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan) berusaha meringankan beban biaya pendidikan di PTN bagi keluarga yang kurang mampu, sehingga anak-anak dari keluarganya yang tergolong kurang mampu tetap bisa mengenyam pendidikan di perguruan tinggi negeri. Tindak lanjutnya adalah, mulai tahun 2013, jumlah UKT di Fakultas-Fakultas di Unmul bervariasi jumlahnya. Di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman (Fisip unmul),jumlah UKT terendah adalah Rp 500.000,00/semester sementara yang tertinggi adalah Rp 3.000.000,00/semester. Interval jumlah UKT ini ditentukan berdasarkan penghasilan, pekerjaan, dan pengeluaran dari orang tua mahasiswa yang bersangkutan. Perhitungannya jumlah UKT ini memakai rumus perhitungan yang telah ditentukan.
Setiap tahun Fisip Unmul menerima alokasi beasiswa yang diperuntukkan bagi mahasiswa yang kurang mampu dan atau yang berprestasi. Pendaftaran untuk mendapatkan beasiswa ini bukan hanya bisa dilakukan ketika sudah menjadi mahasiswa, tapi juga ketika masih mendaftar masuk di Fisip Unmul (baik jalur undangan, jalur ujian tertulis, dan jalur mandiri/lokal). Beasiswa yang ditawarkan adalah beasiswa dengan Program Bidikmisi dari Departemen Pendidikan Nasional. Ketika menjadi mahasiswa, tawaran-tawaran beasiswa bukan hanya datang dari Depdiknas, tapi juga dari berbagai lembaga dan perusahaan seperti PT. Taspen, Bank Indonesia, Yayasan Supersemar, Osaka Gas Company, PT Pupuk Kaltim, LNG Bontang, Pertamina, PT. Djarum, Pemprov. Kaltim, BBPM, BRI, Eka Cipta Foundation, PPE, BCA, dsb.

Informasi


Wisuda adalah upacara pengukuhan lulusan dan penyerahan ijazah yang dilaksanakan oleh Rektor, Direktur Program Pascasarjana dan Dekan Fakultas/Ketua UP. Fakultas di lingkungan Universitas Mulawarman. Pelaksanaan wisuda Universitas Mulawarman diselenggarakan sebanyak empat kali dalam setahun, serta bilamana perlu dilaksanakan wisuda tambahan yang waktunya akan ditentukan oleh Rektor Universitas Mulawarman. Pelaksanaan dan pendaftaran wisuda diselenggarakan oleh Bagian

Pendidikan Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Mulawarman dengan berkoordinasi dengan pihak Program Pascasarjana/Fakultas/UP.Fakultas, Biro Administrasi Umum dan Keuangan dan lembaga perbankan yang ditunjuk oleh Universitas Mulawarman sebagai penerima setoran biaya wisuda. 

Pelaksanaan pendaftaran Wisuda dilakukan secara online dengan alur sebagai berikut :
1. Membayar biaya pendaftaran sesuai nominal yang ditentukan oleh Universitas Mulawarman pada Bank Mitra yang sudah bekerjasama dengan Universitas Mulawarman antara lain : Bank BNI, Bank Mandiri, Bank BTN, Bank Muamalat dan Bankaltim, melalui : teller, ATM, Internet Banking atau Mobile Banking.
2. Calon Wisudawan membuat pernyataan bersedia dan sanggup membayar biaya wisuda yang telah ditetapkan dan mentaati tata tertib selama prosesi wisuda berlangsung (terdapat pada tanda bukti telah mendaftar wisuda online).
3. Login pada sistem online menggunakan NIM dan Password yang sama dengan password pada portal akademik untuk mendaftar pada portal wisuda http://wisuda.unmul.ac.id
4. Mengisi biodata dan meng-upload file pas foto hitam putih (memakai jas dan dasi) secara online pada portal wisuda dimana dan kapan saja (counter internet/warnet) atau memanfaatkan fasilitas internet di fakultas masing-masing.
5. Bagi calon wisudawan yang kesulitan mengakses ke sistem online dapat minta bantuan petugas helpdesk di Gedung Belakang Sub Bagian Registrasi dan Statistik BAAK Rektorat UNMUL atau menghubungi kontak person panitia bagian Pendidikan BAAK Unmul :

- Hidayatul Muttaqien, S.Kom 08125574413
- Fenti Ria Benazir, S.Kom 085250701809
- Wisnu Ari Setyadi 085752157888
- M. Syahrian Noor 085246911784
- Agus Tri Haryono, S.Kom 085247559718
- Dwi Rahmawati, S,Kom 081347203868
- Aulia Rahman 081349763746

6. Mencetak Tanda bukti telah mendaftar wisuda secara online pada portal wisuda http://wisuda.unmul.ac.id
7. Menyerahkan print out tanda pendaftaran wisuda secara online, kepada panitia wisuda di Gedung Belakang Ruang Sub Bagian Registrasi dan Statistik BAAK Rektorat Unmul, tanggal 15 Februari s/d 5 Maret 2014, mulai pukul 08.00 Wita s/d 14.30 Wita, dengan melampirkan dokumen-dokumen sebagai berikut :
a. Bukti Pembayaran uang Pendaftaran wisuda di Bank Mitra
b. Fotocopy Surat Keterangan Kelulusan yang telah dilegalisir oleh pejabat yang berwenang sebanyak 2 lembar (1 lembar untuk mendafar wisuda, dan 1 lembar untuk formulir penulisan ijazah)
c. Sertifikat TOEFL atau surat keterangan pernah mengikuti test TOEFL dari Balai Bahasa Unmul Asli beserta fotocopy yang dilegalisir oleh Balai Bahasa Unmul sebanyak 2 lembar (1 lembar untuk mendafar wisuda, dan 1 lembar untuk formulir penulisan ijazah)
d. Surat Keterangan Penyerahan Karya Tulis Asli dari UPT. Perpustakaan Unmul (khusus lembar wisuda)
8. Calon Wisudawan yang sudah menyerahkan print out tanda bukti pendaftaran online beserta dokumen kelengkapan seperti pada point 6 ayat a, b, c, dan d akan memperoleh tanda bukti pendaftaran wisuda dari petugas setelah verifikasi
9. Calon Wisudawan yang tidak menyerahkan print out tanda bukti pendaftaran online beserta dokumen kelengkapan seperti pada point 6 ayat a, b, c, dan d, sesuai batas tanggal yang ditentukan, panitia berhak membatalkan sebagai wisudawan Unmul pada periode bersangkutan serta tidak terdaftar dalam buku lulusan.
10. Mengisi Formulir penulisan ijazah, yang sudah ditandatangani oleh Pembantu Dekan I Fakultas/Pembantu Ketua I Up. Fakultas/Ketua Program Pascasarjana, dan sudah diberi cap/stempel, kemudian menyerahkan kepada petugas di gedung Belakang Ruang Sub Bagian Registrasi dan Statistik BAAK Rektorat Unmul, dengan kelengkapan sebagai berikut :
a. Fotocopy ijazah terakhir yang telah dilegalisasi Pejabat yang berwenang.
b. Pas foto hitam putih terbaru ukuran 3 x 4 cm, memakai jas dan dasi sebanyak 5 lembar (memakai jilbab dan kacamata membuat surat pernyataan diatas materai Rp.3000,-)
c. Fotocopy Surat keterangan Kelulusan yang telah dilegalisasi oleh pejabat yang berwenang sebanyak 1 lembar
d. Sertifikat TOEFL atau surat keterangan pernah mengikutii Test TOEFL dari UPT. Balai Bahasa Unmul Asli, beserta fotocopy yang sudah dilegalisasi oleh Balai Bahasa Unmul sebanyak 1 lembar.

INFORMASI PENDAFTARAN WISUDA BULAN MARET 2014
1. Pendaftaran dibuka mulai tanggal 15 Februari s/d 5 Maret 2014
2. Biaya Pendaftaran sebesar Rp. 400.000,-
Gladi Bersih Wisuda
Hari Kamis, tgl 27 Maret 2014, Pukul 14.00 Wita, bertempat di GOR 27 September Unmul, dengan   ketentuan sbb :
1. Wisudawan wajib menandatangani daftar hadir, antara pukul 12.30 s/d 14.00 Wita
2. Menempati kursi sesuai nomor urut daftar hadir
3. Pengambilan Undangan Wisudawan
4. Pakaian Bebas Pantas
Pelaksanaan Wisuda
Hari Sabtu, tgl 29 Maret  2014, Pukul 08.45 Wita, bertempat di GOR 27 September Unmul, dengan ketentuan sbb :
1. Wisudawan wajib menandatangani daftar hadir, antara pukul 07.30 s/d 08.30 Wita langsung menempati kursi yang telah ditentukan
2. Tepat Pukul 08.45 Wita pintu gedung tempat acara ditutup
3. Memakai Toga
4. Anak-anak dibawah 15 Tahun dilarang masuk gedung acara wisuda
*. Kepada wisudawan yang belum memiliki toga dan berminat untuk membeli, dapat menghubungi Koperasi Pegawai Negeri Tri Dharma Unmul, dengan harga :
    1. untuk S1 dan Diploma sebesar    Rp. 130.00,-/buah
    2. untuk S2 dan S3 sebesar           Rp. 220.000,-/buah
Demikian Prosedur Operasional Standar (POS) ini dibuat untuk dapat diinformasikan kepada pihak terkait dan dilaksanakan sebagaimana mestinya.

Pejabat Struktural & Dekan2 Fisip

pelayanan fakultas covid19 min


kwmahasiswaan

recent

kontak person operator

kuisioner fisip unmul min

   
 digital library  

Pro : Sivitas Akademika

  1. MAHASISWA
  2. DOSEN/STAF
  3. ALUMNI
A. Pendahuluan Wisuda adalah upacara pengukuhan lulusan dan penyerahan ijazah yang dilaksanakan oleh Rektor, Dekan...
More inMahasiswa  
Thumbnail Pendaftaran Pelaksanaan Sosialisasi Peningkatan Kompetensi Dosen dan Tendik Tahun 2021 melalui ...
More inDosen/Staf  
Thumbnail No. Nama Perusahaan Posisi Link Pendaftaran 1 PT Pelita Samudera Shipping Tbk Graduate Development Program (GDP)...
More inAlumni  
 pascasarjana  dosenstaf  fasilitas  perpus  kontak
 qa  portal  galerifoto  falerivideo  download