FISIP UNMUL - Dalam rangka campus tour yang berlangsung pada hari Selasa, 17 Mei 2022, siswa siswi SMA Fastabiqul Khairat Samarinda berkesempatan mengunjungi prodi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Mulawarman. Tujuan dari campus tour ini adalah untuk mengenalkan dunia kampus kepada siswa siswi SMA Fastabiqul Khairat Samarinda, khususnya program studi Ilmu Komunikasi.

Screenshot 3

Acara ini dibuka oleh Ibu Rina Juwita, S.IP., M.HRIR, selaku ketua program studi Ilmu Komunikasi yang menyambut dengan hangat kedatangan para siswa siswi dan guru-guru Fastabiqul Khairat. Selaku wakil kepala sekolah, Pak Farhan, dalam sambutannya menjelaskan bahwa siswa siswi yang berkesempatan hadir pada hari ini merupakan siswa siswi jurusan IPS dan acara ini merupakan pertama kalinya SMA Fastabiqul Khairat mengunjungi Universitas Mulawarman.Screenshot 1

Sambutan kedua disampaikan oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial & Politik, Dr. H. Muhammad Noor, M.Si, yang berkesempatan hadir dalam acara ini bersama Wakil Dekan II, Dr. Finnah Fourqoniah, S.Sos., M.Si dan Wakil Dekan III, Dr. Muhammad Hairul Saleh, S.Sos., MA. Dalam sambutannya, Pak Noor, menjelaskan terkait sejarah Universitas Mulawarman dan Fakultasnya. Beliau menyebutkan bahwa FISIP merupakan fakultas yang banyak diminati, lalu Pak Noor memperkenalkan program studi apa saja yang ada di FISIP, termasuk program studi Ilmu Komunikasi yang merupakan program studi dengan jumlah peminat tertinggi.

“Dari 7 program studi di FISIP, Ilkom masuk keurutan ketiga peminat terbanyak,” ujar beliau.

Kemudian siswa siswi SMA Fastabiqul Khairat diajak untuk mengenal lebih dekat seputar program studi Ilmu Komunikasi melalui beberapa video yang telah disiapkan. Kegiatan ini pun diisi dengan menjelaskan lebih detail mengenai program studi Ilmu Komunikasi, memperkenalkan profil para dosen yang mengajar dan tenaga didik yang berada di Ilmu Komunikasi, serta memaparkan mata kuliah yang akan dipelajari oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi. Tak lupa, Ibu Rina pun turut memperkenalkan Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi, atau yang dikenal dengan HIMAKSI, serta memberi kesempatan kepada Widia Novi R, selaku ketua HIMAKSI untuk memperkenalkan HIMAKSI kepada siswa dan siswi.Screenshot 2Sesi tanya jawab yang dipandu oleh Ibu Rina disambut dengan antusias oleh siswa siswi SMA Fastabiqul Khairat untuk bertanya mengenai program studi Ilmu Komunikasi. Kemudian Ibu Finnah dan Pak Hairul berkesempatan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan oleh siswa siswi.

Kegiatan ditutup dengan mengunjungi laboratorium televisi dan fotografi serta mempelajari bagaimana cara mengoperasikan kamera dan alat-alat lainnya oleh anggota FISIPERS bersama para siswa siswi SMA Fastabiqul Khairat. (ayy/FISIPERS)