logo ind2                                                                                                  


Dharma Wanita Persatuan (DWP) Fisip Unmul melakukan acara rutin bulanan berupa arisan yang pesertanya merupakan staf administrasi, serta dosen ataupun istri Dosen Fisip.  Acara arisan dharma wanita ini dihadiri anggota Dharma Wanita Persatuan (DWP) Fisip Unmul,  acara berlangsung di ruang Rapat II Gedung Dekanat Fisip Unmul. Juma’at, 7 Oktober 2016. Tema yang diangkat dalam arisan dharma wanita Fisip kali ini adalah Seminar SADARI (Periksa Payudara Sendiri)

Seminar ini menghadirkan pembicara dari SADARI Foundation yang diwakili oleh Sdri Sulatri, Skm, M.Kes  sebagai pembicara dan rekannya  Sdra Ghufron.

Sadari foundation adalah sebuah yayasan atau lembaga yang peduli terhadap perempuan terutama para remaja putri dengan memberikan edukasi, memberikan informasi, serta bercerita tentang bagaimana cara mencegah kanker payudara dengan SADARI (pemeriksaan payudara sendiri). Kegiatan sadari foundation ini lebih berfokus pada program preventif alias mencegah lebih baik dari pada mengobati serta melakukan promosi kesehatan dengan memberikan informasi sebanyak banyaknya kepada para wanita dari tingkat usia remaja, dewasa hingga usia diatas 40 tahun.

Dalam paparan yang disampaikan mengenai pentingnya menjaga payudara yang merupakan salah satu alat vital bagi wanita. Di jelaskan beberapa faktor pemicu kanker payudara sebagai berikut :

- Menstruasi terlalu dini
- Baru punya anak pertama di usia 30 tahun
- Hingga menopause di usia yang terlalu lanjut
- Stres juga jadi salah satu faktor yang memicu kanker payudara
-  Serta pola makan yang tidak  sehat serta tidur yang tidak teratur

Adapun beberapa gejala-gejala awal kanker payudara sebagai berikut :

.1. Adanya benjolan permanen yang nggak terasa sakit dan terasa keras saat disentuh;

2. Penebalan pada kulit payudara atau di area ketiak;

3. Payudaramu mengalami perubahan ukuran dan bentuk;

4. Kulit payudara berkerut;

5. Keluar cairan berupa darah; hingga

6. Terasa adanya tarikan pada puting susu.

Sadari baiknya dilakukan 7 - 10 hari setelah menstruasi setiap bulannya. Caranya adalah sebagai berikut:

* Berdirilah di depan cermin dalam keadaan pakaian yang terbuka dari pinggang ke atas dan pastikan pencahayaan ruangan baik.

* Perhatikan payudaramu, sebab kebanyakan wanita nggak memiliki ukuran payudara yang sama, biasanya payudara kanan lebih besar atau lebih kecil.

* Setelah itu taruh lengan di samping tubuh, perhatikan deh bentuk, ukuran, dan apakah ada perubahan seperti permukaan dan warna kulit, serta bentuk puting payudara.

* Kemudian letakkan tanganmu pada pinggang dan tekan kuat-kuat, sambil perhatikan payudaramu dari kiri ke kanan juga sebaliknya.

* Selanjutnya, membungkuklah di depan cermin, hingga payudaramu terjulur ke bawah. Perhatikan dan raba untuk mengetahui apakah ada perubahan tertentu pada payudaramu.

* Tautkan tanganmu di belakang kepala untuk kemudian tekan ke dalam. Periksalah kedua payudaramu, termasuk di bagian bawah.

* Periksa apakah ada cairan yang keluar dari putingmu. Tekan secara perlahan area puting payudaramu dengan menggunakan jari telunjuk dan jempolmu. Perhatikan, apakah ada cairan yang keluar dari puting? Ulangi pada payudara yang lain.

Cara ini diyakini cukup efektif untuk pendeteksian sejak dini.

Paparan mengenai Sadari yang diselingi dengan video  singkat di ikuti dengan penuh perhatian dan antusias tinggi yang dibuka dengan forum tanya jawab dari ibu dharma wanita.

Dalam Sambutannya Ibu Hj. Ida Armediawati M. Noor mengungkapkan rasa terima kasih serta apresiasi tinggi kepada para ibu dharma wanita persatuan Fisip serta SADARI Foundation yang telah berkenan hadir dan memberikan ilmunya. Diharapkan agar sebagai wanita dapat mencintai diri sendiri serta orang orang yang ada disekitar nya, jangan lah malu ataupun sungkan untuk bertanya mengenai kanker payudara maupun sejenisnya sebagai salah satu upaya pencegahan secara dini.

Acara Arisan Dharma Wanita Persatuan Fisip Unmul dirangkai dengan pemberian cinderamata kepada SADARI FOUNDATION, Pembagian Door Prize serta pengundian arisan bulanan yang dilakukan langsung oleh Ibu Ketua Dharma Wanita Fisip.

Jaya selalu DWP Fisip dan semakin maju didepan. 

 pascasarjana  dosenstaf  fasilitas  perpus  kontak
 qa  portal  galerifoto  falerivideo  download