Hujan Mewarnai Dies Natalis FISIP, Semangat Membangun Negeri

Lagi, Dosen Fisip Unmul Berkontribusi dalam Kegiatan Ilmiah Tingkat Internasional

Empat Dosen Fisip Unmul jadi Presenter di 2nd ICTROPS

TIM FISIPOL MENANG LOMBA PADUAN SUARA ASN UNMUL 2018

Fisip Unmul Selayang Pandang

  1. SEJARAH
  2. PRODI
  3. FASILITAS
  4. ORGANISASI
  5. DOSEN DAN STAF
  6. MAHASISWA
  7. ALUMNI
  8. WEB PRODI
  9. EJOURNAL
  10. KONTAK
Cikal bakal berdirinya Fisip Unmul bisa ditelusuri sejak tahun 1962, yang diberi nama Perguruan Tinggi Mulawarman. Nama ini ditetapkan secara resmi dalam Surat Keputusan Gubernur Kaltim No. 15/PPK/62. Nama ini tak lama digunakan karena ketika meminta pengesahan Menteri PTIP kemudian nama ini diubah menjadi Universitas Kalimantan Timur (Unikat). Berdasarkan Keputusan Presiden RI tanggal 23 April 1963, nama yang disetujui adalah Universitas Mulawarman (Unmul). Pada saat menggunakan nama Perguruan Tinggi Mulawarman, hanya ada dua Fakultas Ketatanegaraan dan Ketataniagaan. Pada tahun 1966, kedua Fakultas tersebut dipisah menjadi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik dan Fakultas Ekonomi.
Jumlah Program Studi (Prodi) di Fisipol Unmul mengalami peningkatan pesat dibandingkan dengan ketika awalnya berdiri. Sebelum tahun 2000, jumlah Prodi hanya tiga, yakni Ilmu Administrasi Negara, Ilmu Pemerintahan, dan Ilmu Sosiatri. Peningkatan secara signifikan terjadi mulai tahun 2000 dengan dibentuknya Prodi-Prodi baru. Sekarang ini, Fisip Unmul memiliki sembilan program S1 (Administrasi Negara, Ilmu Pemerintahan, Sosiatri/Pembangunan Sosial, Ilmu Hubungan Internasional, Administrasi Bisnis, Administrasi Bisnis kons. Pariwisata & Hospitality, Ilmu Komunikasi, Psikologi, Pemerintahan Integratif, dan satu program S2 (Magister Ilmu Administrasi Negara).
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman memiliki fasilitas dan prasarana yang beragam, lengkap dan sangat memadai guna menunjang proses belajar mengajar di lembaga ini. Fasilitas serta prasarana dikelola dan dirawat oleh staf Umum dan BMN yang khusus untuk itu. Beberapa di antaranya adalah gedung perkuliahan dan perkantoran (Dekanat) yang representatif, ruang pertemuan ilmiah dan konferensi yang luas, ruang seminar dan ruang sidang ujian skripsi yang dilengkapi dengan peralatan modern, perpustakaan digital, hot spot, tempat parkir yang luas, sarana keagamaan (tempat ibadah), alat musik (band), berbagai jenis lapangan olahraga, dan lain sebagainya.
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman dipimpin oleh Dekan, yang dibantu oleh tiga Wakil Dekan, yakni Wakil Dekan I (bidang akademik), Wakil Dekan II (bidang administrasi, kepegawaian dan keuangan) dan Wakil Dekan III (bidang kemahasiswaan). Di bidang akademik, Dekan membawahi Program Studi (dipimpin Ketua Prodi, yang dibantu Sekretaris Prodi). Di bidang administrasi, Dekan membawahi Tata Usaha (TU), yang dipimpin oleh Ketua Tata Usaha (KTU). KTU membawahi sub-sub bagian (Subag), yang dipimpin oleh Kepala Sub-Bagian (Kasubag), seperti Kasubag Pendidikan, Kasubag Kemahasiswaan, Kasubag Keuangan & Kepagawaian, Kasubag BMN & Perlengkapan.
Peran dosen dan staf sangat krusial dalam proses belajar mengajar pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman. Hingga bulan April 2017, jumlah keseluruhan dosen tetap PNS sebanyak 88 dan dosen tetap non-pns sebanyak 18 dosen. Dilihat dari segi pendidikannya, proporsi mereka adalah 31 dosen berpendidikan Doktor, 57 dosen berpendidikan Magister dan 0 berpendidikan Sarjana. Sementara itu, jumlah keseluruhan staf di Fisip Unmul adalah 114 orang, yang terdiri dari 70 laki-laki dan 44 perempuan. Di lihat dari status kepegawaiannya, 27 orang staf adalah PNS sementara 87 orang adalah pegawai Honorer atau yang belum berstatus sebagai PNS.
Peminat ilmu-ilmu sosial dan politik belakangan ini meningkat pesat. Ini dicirikan dengan peningkatan jumlah mahasiswa yang signifikan. Sebelum tahun 2000, jumlah mahasiswa tercatat tidak lebih dari 700 orang, sementara pada bulan April 2007 jumlanya mencapai 4585 orang, dimana 1296 di antaranya adalah mashasiswa dari jalur seleksi nasional, sementara 3288 orang dari jalur seleksi lokal/mandiri di semua jenjang (D3. S1, dan S2). Pada tahun 2012, jumlah mahasiswa yang terdaftar di Fisip Unmul adalah 5.732 orang. Dari jumlah ini, sebanyak 396 mahasiswa (7,42%) tidak melakukan her registrasi, sementara mayoritas dari mereka, yakni sebanyak 5.336 mahasiswa (92,58%) telah melakukan her-registrasi atau yang aktif kuliah.
Oleh karena Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman (Fisip Unmul) didirikan sejak 1962, sudah banyak alumni yang dihasilkan oleh Fakultas ini. Dari data yang ada, jumlah mereka adalah 6145 orang, yang sekarang tersebar di seluruh Indonesia dan bahkan ada yang di luar negeri. Namun, jumlah yang terbanyak berada/bermukim di Kalimantan Timur. Banyak di antara mereka yang berprofesi sebagai Pegawai Negeri Sipil, birokrat, pejabat, politisi, pengusaha, wiraswasta, aktivis, self-employed, dan lain sebagainya. Para alumni Fisip Unmul memiliki wadah organisasi alumni yang diberi nama IKA-Fisip Unmul (Ikatan Keluarga Alumni Fakulas Ilmu Sosial dan Ilmu Poltik, Universitas Mulawarman).
Fisip Unmul memberikan ruang bagi Prodi untuk tampil di cyber space sehingga mereka bisa berkiprah secara kreatif untuk kepentingan Prodi dalam payung Keluarga Besar Fisip Unmul. Alasan lainnya, ketika mengusulkan akreditasi, Prodi terkait diminta mencantumkan alamat situs Program Studi, yang menjadi salah satu poin penilaian akreditasi. Beberapa yang sudah online adalah Program S1 Pemerintahan Integratif (www.pin.or.id), Program Magister (S2) Administrasi Publik (http://map.fisip-unmul.ac.id), Prodi Ilmu Pemerintahan (http://ip.fisip-unmul.ac.id), Prodi Psikologi (http://psikologi.fisip-unmul.ac.id), Prodi Ilmu Hubungan Internasional (http://hi.fisip.unmul.ac.id), Prodi Ilmu Komunikasi (http://ilkom.fisip-unmul.ac.id), Prodi Administrasi Bisnis (http://adbisnis.fisip-unmul.ac.id), Prodi Administrasi Negara (http://an.fisip-unmul.ac.id), Prodi Sosiatri (http://sos.fisip-unmul.ac.id).
Semua Program Studi/Pendidikan di Fisip Unmul telah memiliki eJournal, sbb: 1) eJournal Ilmu Administrasi Negara (http://ejournal.an.fisip-unmul.ac.id), 2) eJournal Ilmu Pemerintahan (http://ejournal.ip.fisip-unmul.ac.id), 3) eJournal Sosiatri-Sosiologi (http://ejournal.sos.fisip-unmul.ac.id), 4) eJournal Ilmu Hubungan Internasional (http://ejournal.hi.fisip-unmul.ac.id), 5) eJournal Ilmu Komunikasi (http://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id), 6) eJournal Administrasi Bisnis (http://ejournal.adbisnis.fisip-unmul.ac.id), 7) eJournal Pemerintahan Integratif (http://ejournal.pin.or.id), 8) eJournal Psikologi (http://ejournal.psikologi.fisip-unmul.ac.id), 9) eJournal Magister Ilmu Administrasi Negara (http://ar.mian.fisip-unmul.ac.id). Pintu gerbang (gateway) dari eJournal-eJournal tersebut adalah Portal Karya Ilmiah Fisip Unmul.
Kampus Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman (Fisip Unmul) berlokasi Kota Samarinda, Kalimantan Timur. Kampus Fisip Unmul ini terletak di dataran tinggi dalam kompleks kampus Universitas Mulawarman sehingga bebas banjir. Alamatnya adalah: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman, Kampus Gunung Kelua, Samarinda 75411, Kalimantan Timur. Fisip Unmul bisa dihubungi dengan telepon pada nomor (0541) 743820 dan 748662, atau dengan Fax pada nomor (0541) 743820. Fisip Unmul bisa juga dihubungi dengan email di alamat fisip[at]fisip-unmul.ac.id (ganti tanda [at] dgn @)atau melalui website (menu Kontak di web ini). Selain itu, Fisip Unmul memiliki account Facebook dan Twitter, yang bisa dipakai sebagai sarana kontak.

Calon Mahasiswa Baru

  1. INTRO
  2. PENDAFTARAN
  3. UKT
  4. BEASISWA
  5. PILIHAN STUDI
Minat lulusan SMU/SMK untuk menjadi mahasiswa Fisip Unmul tergolong tinggi. Demikian juga lulusan S1 yang ingin melanjutkan ke S2. Ini bisa dilihat dari banyaknya dan terus meningkatnya pelamar dalam lima tahun terakhir. Tingginya animo tersebut direspon dengan tiap tahun melakukan penerimaan mahasiswa baru di sepuluh Program Studi dari berbagai jalur penerimaan (SNMPTN, SBMPTN, SMMPTN) dan jenjang studi (S1 & S2). Jumlah mahasiswa yang diterima setiap tahunnya adalah sekitar 1000 orang. Dilihat dari jumlah mahasiswa, Fisip Unmul sekarang ini menempati urutan ketiga di lingkungan Unmul, setelah FKIP dan Fekon, dengan total 5336 lebih mahasiswa yang aktif kuliah. Mahasiswa-mahasiswa Fisip Unmul tersebar di 10 Program Studi di berbagai jenjang studi (S1/Program Sarjana dan S2/Program Pascasarjana).
Untuk bisa menjadi mahasiswa pada salah satu Program Studi di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman, ada tiga jalur yang dapat ditempuh, yakni Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN). Untuk bisa ikut dalam seleksi penerimaan mahaiswa baru di ketiga atau salah satu jalur tersebut, maka calon mahasiswa mesti melakukan pendaftaran untuk mendapatkan identitas peserta atau kartu peserta ujian. Pendaftaran di ketiga jalur masuk tersebut dilakukan secara online di Internet, di link situs yang telah ditentukan oleh Depdiknas (untuk SNMPTN), Majelis Rektor PTN se-Indonesia (SBMPTN), dan Universitas Mulawarman (Jalur Mandiri/SMMPTN).
Pemerintah Pusat (dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan) berusaha meringankan beban biaya pendidikan di PTN bagi keluarga yang kurang mampu, sehingga anak-anak dari keluarganya yang tergolong kurang mampu tetap bisa mengenyam pendidikan di perguruan tinggi negeri. Tindak lanjutnya adalah, mulai tahun 2013, jumlah UKT di Fakultas-Fakultas di Unmul bervariasi jumlahnya. Di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman (Fisip unmul),jumlah UKT terendah adalah Rp 500.000,00/semester sementara yang tertinggi adalah Rp 3.000.000,00/semester. Interval jumlah UKT ini ditentukan berdasarkan penghasilan, pekerjaan, dan pengeluaran dari orang tua mahasiswa yang bersangkutan. Perhitungannya jumlah UKT ini memakai rumus perhitungan yang telah ditentukan.
Setiap tahun Fisip Unmul menerima alokasi beasiswa yang diperuntukkan bagi mahasiswa yang kurang mampu dan atau yang berprestasi. Pendaftaran untuk mendapatkan beasiswa ini bukan hanya bisa dilakukan ketika sudah menjadi mahasiswa, tapi juga ketika masih mendaftar masuk di Fisip Unmul (baik jalur undangan, jalur ujian tertulis, dan jalur mandiri/lokal). Beasiswa yang ditawarkan adalah beasiswa dengan Program Bidikmisi dari Departemen Pendidikan Nasional. Ketika menjadi mahasiswa, tawaran-tawaran beasiswa bukan hanya datang dari Depdiknas, tapi juga dari berbagai lembaga dan perusahaan seperti PT. Taspen, Bank Indonesia, Yayasan Supersemar, Osaka Gas Company, PT Pupuk Kaltim, LNG Bontang, Pertamina, PT. Djarum, Pemprov. Kaltim, BBPM, BRI, Eka Cipta Foundation, PPE, BCA, dsb.

mahasiswa ujian 24Pelaksanaan registrasi/ herregistrasi dan pengisian Kartu Rencana Studi oleh mahasiswa dilaksanakan oleh Bagian Pendidikan BAAK Unmul. Registrasi/Herregistrasi dan pengisian kartu rencana studi adalah kegiatan yang wajib dilaksanakan oleh seluruh

mahasiswa, selama masih aktif terdaftar dan belum lulus di suatu program studi yang ada dilingkungan Universitas Mulawarman. Registrasi/herregistrasi dan pengisian kartu rencana studi dilaksanakan sebanyak dua kali dalam satu tahun, yakni semester ganjil dan semester genap. Registrasi/Herregistrasi dan pengisian kartu rencana studi mahasiswa pada semester genap tahun akademik 2017/2018 di lingkungan Universitas Mulawarman dilaksanakan secara online. Dengan alur Prosedur Heregistrasi dan KRS yang dilaksanakan secara online sebagai berikut

1. Membayar SPP/UKT pada Bank yang telah berkerjasama dengan Universitas Mulawarman antara lain : Bank BNI, Bank Mandiri, Bank BTN, Bank Muamalat dan Bankaltim (khususnya mahasiswa baru menggunakan Tanda Peserta SNMPTN, SBMPTN, SMMPTN, Program Penyelesaian, Program Kerjasama);

2. Bagi mahasiswa yang akan melaksanakan penundaan pembayaran SPP/UKT semester ganjil tahun akademik 2017/2018 untuk memudahkan registrasi/heregistrasi agar segera mengurus Surat Keterangan di Fakultas masing-masing selambat-lambatnya dua minggu sebelum masa pembayaran SPP/UKT berakhir, dan kemudian melapor ke Bagian Keuangan BUK Rektorat Unmul;

3. Melakukan Registrasi/heregistrasi dan pengisian kartu rencana studi mahasiswa semester ganjil tahun akademik 2017/2018 Unmul menggunakan sistem online pada alamat website https://sia.unmul.ac.id, mahasiswa lama dimulai tanggal 03 s/d 31 Juli 2017 dan untuk mahasiswa baru tanggal 09 s/d 25 Agustus 2017, dengan cara :
a. LOGIN ke sistem registrasi online pada website https://sia.unmul.ac.id, pilih menu portal mahasiswa dan dosen;
b. Mengetik password pada Portal akademik dengan menggunakan password sebelumnya bagi mahasiswa lama dan bagi mahasiswa baru password terdapat pada slip bank pembayaran SPP/UKT;
c. Bagi mahasiswa baru yang mendapat Beasiswa BIDIKMISI 2017, password diperoleh setelah yang bersangkutan mendapat Surat Keterangan pengganti telah membayar UKT yang ditandatangani oleh Kepala Biro Umum dan Keuangan Unmul, yang dapat diambil di Bagian Kemahasiswaan Biro Akademik dan Kemahasiswaan Rektorat Unmul;
d. Memindahkan kode security;

e. meng-upload foto, melengkapi dan mengisi biodata di sistem online;
f. Meng-Klik tombol "Registrasi" sebagai tanda setuju apabila semua pengisian biodata online sudah lengkap dan benar;
g. Mencetak Tanda Bukti Telah Registrasi Semester Ganjil 2017/2018;
h. Mengambil Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) dengan menunjukan tanda bukti telah registrasi online semester ganjil tahun akademik 2017/2018 pada petugas di Ruang Pelayanan Akademik Gedung Rektorat Unmul Lantai I, dengan jadwal untuk sebagai berikut :
   h.1. Mahasiswa lama mulai tanggal 03 s/d 31 Juli 2017;
   h.2. Mahasiswa baru angkatan 2017 mulai tanggal 9 s/d 25 Agustus 2017;

4. Khusus bagi mahasiswa yang sudah menempuh perkuliahan pada semester genap tahun akademik 2016/2017 diharuskan untuk mengisi borang " Evaluasi Kinerja Dosen Dalam Perkuliahan" dengan LOGIN ke sistem registrasi online pada website https://sia.unmul.ac.id, pilih menu portal mahasiswa dan dosen;

5. Bagi mahasiswa yang telah melaksanakan registrasi/heregistrasi dan mengisis borang "Evaluasi Kinerja Dosen Dalam Perkuliahan" online selanjutnya mengisi Kartu Rencana Studi (KRS) secara online di website : https://sia.unmul.ac.id, dan mencetaknya, dengan memperhatikan kurikulum dan mata kuliah yang ditawarkan pada semester ganjil tahun akademik 2017/2018. Berkonsultasi dengan Pembimbing Akademik serta Koordinator Program Studi masing-masing Fakultas, bagi mahasiswa yang tidak bisa mengisi KRS secara online dapat meminta bantuan kepada operator SIA Fakultas masing-masing.

6. Mengikuti perkuliahaan semester genap tahun akademik 2017/2018 sesuai jadwal perkuliahaan yang ditentukan oleh Fakultas masing-masing

7. Mahasiswa yang kesulitan untuk akses ke sistem herregistrasi maupun pengisian KRS secara online dapat menghubungi petugas helpdesk di Gedung Baru Lantai I Rektorat Unmul atau menghubungi kontak person panitia :
- Amir Amiruddin HP. 085250409528                     - Lily Rahmawati, S.Sos., M.Si HP. 085246312096
- Ika Sari Rahayu, A.Md. HP. 085245090175           - Rita Safitri, SE. HP. 085250083135
- Agus Tri Haryono, S.Kom. HP. 085247559718       - Isai Julianto M HP. 081347251823
- Dwi Rahmawati, S.Kom. HP. 081347203868         - Achmad Bisri, A.Md  HP. 081253387201
- Hidayatul Muttaqien, S.Kom  HP. 08113302117    

Operator SIA Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik :
-M.Yamin Halimin, S.Hut                         082155411843
-Astuti Nur Janah, SP                             085250286008
-Mosiyah, S.Pd                                      085247369735
-Wiwin Rachmawati, S.Sos                      0813477840943

6. Bagi mahasiswa yang tidak membayar SPP/ UKT, tidak melakukan herregistrasi dan tidak mengisi Kartu Rencana Studi (KRS) online pada waktu yang ditentukan, tidak diperbolehkan mengikuti seluruh kegiatan akademik Universitas Mulawarman.

Pejabat Struktural & Dekan2 Fisip

digital library

Pro : Sivitas Akademika

  1. MAHASISWA
  2. DOSEN/STAF
  3. ALUMNI
Thumbnail Sehubungan dengan akan dilaksankannya kegiatan Gebyar Kewirausaan Muda dan Pemilihan Duta Wirausahawan Unmul 2018...
More inMahasiswa  
Informasi Penelitian Dana PNBP 2018
Rabu, 29 Agustus 2018
Thumbnail Sehubungan dengan telah tersedianya dana penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang bersumber dari dana PNBP Fisip Unmul...
More inDosen/Staf  
Lowongan Kerja PT. Kaltim Jaya Bara
Jumat, 14 September 2018
Thumbnail Kaltim Jaya Bara adalah perusahaan yang bergerak dibidang Pertambangan. Sehubungan dengan adanya kebutuhan karyawan di...
More inAlumni  

Jadwal Kuliah - Ujian

  1. GASAL
  2. GENAP
  3. UJIAN
Thumbnail Semester merupakan satuan waktu terkecil yang digunakan untuk menyatakan lamanya proses kegiatan belajar-mengajar...
Jadwal Kuliah Genap 2017/2018
Jumat, 02 Februari 2018
Thumbnail Semester adalah satuan terkecil untuk menyatakan lamanya suatu program pendidikan dalam suatu jenjang pendidikan. Satu...
Thumbnail Bagi mahasiswa dan mahasiswi yang telah melengkapi persyaratan untuk mengikuti Ujian Semester Genap tahun akademik...
More inJadwal Ujian