Follow me on Twitter Follow us on Facebook
Dies Natalis Fisip ke 55, Tetap Semangat Walau Hujan

Dies Natalis Fisip ke 55, Tetap Semangat Walau Hujan

Minggu (17/09/17) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Mulawarman...

SBMPTN 2017

SBMPTN 2017

SBMPTN adalah seleksi yang dilakukan oleh PTN secara bersama di bawah koordinasi...

Temu Kangen, DWP FISIP Unmul Adakan Beauty Class

Temu Kangen, DWP FISIP Unmul Adakan Beauty Class

Menjalin keakraban sembari mengisi kesibukan bisa dilakukan dengan berbagai cara....

SNMPTN 2017

SNMPTN 2017

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) adalah salah satu bentuk jalur...

Go Mobile

Go Mobile

Guna memudahkan akses ke web Fisip Unmul, web ini telah dibuat versi  mobile...

  • Dies Natalis Fisip ke 55, Tetap Semangat Walau Hujan

    Dies Natalis Fisip ke 55, Tetap Semangat Walau Hujan

    Monday, 18 September 2017 07:44
  • SBMPTN 2017

    SBMPTN 2017

    Thursday, 16 March 2017 03:29
  • Temu Kangen, DWP FISIP Unmul Adakan Beauty Class

    Temu Kangen, DWP FISIP Unmul Adakan Beauty Class

    Tuesday, 14 February 2017 02:53
  • SNMPTN 2017

    SNMPTN 2017

    Monday, 30 January 2017 02:01
  • Go Mobile

    Go Mobile

    Saturday, 14 January 2017 23:12

Calon Mahasiswa Baru

  • Intro
  • Pendaftaran
  • SPP
  • Beasiswa
  • Pilihan Studi
Minat lulusan SMU/SMK untuk menjadi mahasiswa Fisip Unmul tergolong tinggi. Demikian juga lulusan S1 yang ingin melanjutkan ke S2. Ini bisa dilihat dari banyaknya dan terus meningkatnya pelamar dalam lima tahun terakhir. Tingginya animo tersebut direspon dengan tiap tahun melakukan penerimaan mahasiswa baru di sebelas Program Studi dari berbagai jalur penerimaan (SNMPTN, SBMPTN, SMMPTN) dan jenjang studi (Diploma, S1, S2). Jumlah mahasiswa yang diterima setiap tahunnya adalah sekitar 1000 orang. Karenanya, dilihat dari jumlah mahasiswa, Fisip Unmul sekarang ini menempati urutan ketiga di lingkungan Unmul, setelah FKIP dan Fekon, dengan total 5336 lebih mahasiswa yang aktif kuliah. Mahasiswa-mahasiswa Fisip Unmul tersebar di 11 Program Studi/Konsentrasi di berbagai jenjang studi (D3, S1, dan S2/Program Pascasarjana).
Untuk bisa menjadi mahasiswa pada salah satu Program Studi di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman, ada tiga jalur yang dapat ditempuh, yakni Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN). Untuk bisa ikut dalam seleksi penerimaan mahaiswa baru di ketiga atau salah satu jalur tersebut, maka calon mahasiswa mesti melakukan pendaftaran untuk mendapatkan identitas peserta atau kartu peserta ujian. Pendaftaran di ketiga jalur masuk tersebut dilakukan secara online di Internet, di link situs yang telah ditentukan oleh Depdiknas (untuk SNMPTN), Majelis Rektor PTN se-Indonesia (SBMPTN), dan Universitas Mulawarman (Jalur Mandiri/SMMPTN).
Pemerintah Pusat (dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan) berusaha meringankan beban biaya pendidikan di PTN bagi keluarga yang kurang mampu, sehingga anak-anak dari keluarganya yang tergolong kurang mampu tetap bisa mengenyam pendidikan di perguruan tinggi negeri. Tindak lanjutnya adalah, mulai tahun 2013, jumlah SPP di Fakultas-Fakultas di Unmul bervariasi jumlahnya. Di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman (Fisip unmul),jumlah SPP terendah adalah Rp 500.000,00/semester sementara yang tertinggi adalah Rp 3.000.000,00/semester. Interval jumlah SPP ini ditentukan berdasarkan penghasilan, pekerjaan, dan pengeluaran dari orang tua mahasiswa yang bersangkutan. Perhitungannya jumlah SPP ini memakai rumus perhitungan yang telah ditentukan.
Setiap tahun Fisip Unmul menerima alokasi beasiswa yang diperuntukkan bagi mahasiswa yang kurang mampu dan atau yang berprestasi. Pendaftaran untuk mendapatkan beasiswa ini bukan hanya bisa dilakukan ketika sudah menjadi mahasiswa, tapi juga ketika masih mendaftar masuk di Fisip Unmul (baik jalur undangan, jalur ujian tertulis, dan jalur mandiri/lokal). Beasiswa yang ditawarkan adalah beasiswa dengan Program Bidikmisi dari Departemen Pendidikan Nasional. Ketika menjadi mahasiswa, tawaran-tawaran beasiswa bukan hanya datang dari Depdiknas, tapi juga dari berbagai lembaga dan perusahaan seperti PT. Taspen, Bank Indonesia, Yayasan Supersemar, Osaka Gas Company, PT Pupuk Kaltim, LNG Bontang, Pertamina, PT. Djarum, Pemprov. Kaltim, BBPM, BRI, Eka Cipta Foundation, PPE, BCA, dsb.

Fisip Unmul Selayang Pandang

  • Sejarah
  • Prodi
  • Fasilitas
  • Organisasi
  • Dosen dan Staf
  • Mahasiswa
  • Alumni
  • Web Prodi
  • eJournal
  • Kontak
  • Dekan Fisip Unmul
  • Pjb Struktural
  • Dosen
  • Staff
Cikal bakal Fisip Unmul bisa ditelusuri sejak tahun 1962, di mana ketika itu nama perguruan tingginya adalah Perguruan Tinggi Mulawarman. Nama ini dituangkan secara resmi dalam Surat Keputusan Gubernur Kaltim No. 15/PPK/62. Nama tersebut tak lama dipakai karena pada saat meminta pengesahan Menteri PTIP nama itu diubah menjadi Universitas Kalimantan Timur (Unikat). Berdasarkan Keputusan Presiden RI tanggal 23 April 1963, nama yang disetujui adalah Universitas Mulawarman (Unmul) dan nama ini dipakai sampai sekarang. Pada saat memakai nama Perguruan Tinggi Mulawarman, hanya ada Fakultas Ketatanegaraan dan Ketataniagaan. Pada tahun 1966, Fakultas Ketatanegaraan dan Ketataniagaan dipecah menjadi Fakultas Sosial dan Politik dan Fakultas Ekonomi.
Jumlah Program Studi (Prodi) di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman mengalami peningkatan pesat dibandingkan dengan ketika awalnya berdiri. Sebelum tahun 2000, jumlah Prodi hanya tiga, yakni Ilmu Administrasi Negara, Ilmu Pemerintahan, dan Ilmu Sosiatri. Peningkatan secara signifikan terjadi mulai tahun 2000 dengan dibentuknya Prodi-Prodi baru. Sekarang ini (2012), Fisip Unmul memiliki satu Program D3 (Administrasi perkantoran), sembilan program S1 (Administrasi Negara, Ilmu Pemerintahan, Sosiatri, Ilmu Hubungan Internasional, Administrasi Niaga, Ilmu Komunikasi, Psikologi, Sosiologi, Pemerintahan Integratif, dan satu program S2 (Magister Ilmu Administrasi Negara).
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman memiliki fasilitas-fasilitas dan prasarana-prasarana yang beragam, lengkap dan sangat memadai guna menunjang proses belajar mengajar di lembaga ini. Fasilitas-fasilitas dan sarana-prasarana ini dikelola dan dirawat oleh tenaga-tenaga yang disipakan khusus untuk itu. Beberapa di antaranya adalah gedung perkuliahan dan perkantoran (Dekanat) yang representatif, ruang pertemuan ilmiah dan konferensi yang luas, ruang seminar dan ruang sidang ujian skripsi yang dilengkapi dengan peralatan modern, perpustakaan digital, hot spot, tempat parkir yang luas, sarana keagamaan (tempat ibadah), alat musik (band), berbagai jenis lapangan olahraga, dan lain sebagainya.
Fisip Unmul dipimpin oleh Dekan, yang dibantu oleh empat Wakil Dekan, yakni Wakil Dekan I (bidang akademik), Wakil Dekan II (bidang administrasi, kepegawaian dan keuangan), Wakil Dekan III (bidang kemahasiswaan), dan Wakil Dekan IV (bidang perencanaan dan kerjasama). Di bidangg akademik, Dekan membawahi Jurusan (dipimpin oleh Ketua Jurusan, yang dibantu oleh Sekretaris Jurusan). Jurusan membawahi Program Studi (dipimpin Ketua Prodi, yang dibantu Sekretaris Prodi). Di bidang administrasi, Dekan membawahi Tata Usaha (TU), yang dipimpin oleh Ketua Tata Usaha (KTU). KTU membawahi sub-sub bagian (Subag), yang dipimpin oleh Kepala Sub-Bagian (Kasubag), seperti Kasubag Akademik, Kasubag Kemahasiswaan, Kasubag Kepagawaian, Kasubag Perlengkapan.
Peran dosen dan staf sangat krusial dalam proses belajar mengajar di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman. Sampai bulan Mei 2012, jumlah dosen sebanyak 92 orang. Jika dibandingkan dengan jumlah mahasiswa sebanyak 5336 orang, maka rasio dosen dan mahasiswa adalah 1:58 orang. Dilihat dari segi pendidikannya, proporsi mereka adalah 16,30% berpendidikan S3, 78, 26% berpendidikan S2 dan 5, 44% berpendidikan S1. Sementara itu, jumlah staf Fisip Unmul adalah 109 orang, yang terdiri dari 66,97% laki-laki dan 33,07 % perempuan. Di lihat dari status kepegawaiannya, 38,53% dari staf tersebut adalah PNS sementara 61,47% adalah pegawai honorer atau yang belum berstatus sebagai PNS.
Peminat ilmu-ilmu sosial dan politik belakangan ini meningkat pesat. Ini dicirikan dengan peningkatan jumlah mahasiswa yang signifikan. Sebelum tahun 2000, jumlah mahasiswa tercatat tidak lebih dari 700 orang, sementara pada bulan April 2007 jumlanya mencapai 4585 orang, dimana 1296 di antaranya adalah mashasiswa dari jalur seleksi nasional, sementara 3288 orang dari jalur seleksi lokal/mandiri di semua jenjang (D3. S1, dan S2). Pada tahun 2012, jumlah mahasiswa yang terdaftar di Fisip Unmul adalah 5.732 orang. Dari jumlah ini, sebanyak 396 mahasiswa (7,42%) tidak melakukan her registrasi, sementara mayoritas dari mereka, yakni sebanyak 5.336 mahasiswa (92,58%) telah melakukan her-registrasi atau yang aktif kuliah.
Oleh karena Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman (Fisip Unmul) didirikan sejak 1962, sudah banyak alumni yang dihasilkan oleh Fakultas ini. Dari data yang ada, jumlah mereka adalah 6145 orang, yang sekarang tersebar di seluruh Indonesia dan bahkan ada yang di luar negeri. Namun, jumlah yang terbanyak berada/bermukim di Kalimantan Timur. Banyak di antara mereka yang berprofesi sebagai Pegawai Negeri Sipil, birokrat, pejabat, politisi, pengusaha, wiraswasta, aktivis, self-employed, dan lain sebagainya. Para alumni Fisip Unmul memiliki wadah organisasi alumni yang diberi nama IKA-Fisip Unmul (Ikatan Keluarga Alumni Fakulas Ilmu Sosial dan Ilmu Poltik, Universitas Mulawarman).
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman memberikan ruang bagi Program Studi (Prodi) untuk tampil di cyber space sehingga mereka bisa berkiprah secara kreatif untuk kepentingan Prodi dalam payung Keluarga Besar Fisip Unmul. Alasan lainnya, ketika mengusulkan akreditasi, Prodi terkait diminta mencantumkan alamat situs Program Studi, yang menjadi salah satu poin penilaian akreditasi. Beberapa yang sudah online adalah Program S1 Pemerintahan Integratif (www.pin.or.id), Program Magister (S2) Ilmu Administrasi Negara (http://mian.fisip.unmul.ac.id), Prodi Ilmu Pemerintahan (http://ip.fisip-unmul.ac.id), Prodi Psikologi (http://psikologi.fisip-unmul.ac.id), Prodi Ilmu Hubungan Internasional (http://hi.fisip-unmul.ac.id), Prodi Ilmu Komunikasi (http://ilkom.fisip-unmul.ac.id).
Semua Program Studi/Pendidikan di Fisip Unmul telah memiliki eJournal, sbb: 1) eJournal Ilmu Administrasi Negara (http://ejournal.an.fisip-unmul.ac.id), 2) eJournal Ilmu Pemerintahan (http://ejournal.ip.fisip-unmul.ac.id), 3) eJournal Sosiatri-Sosiologi (http://ejournal.sos.fisip-unmul.ac.id), 4) eJournal Ilmu Hubungan Internasional (http://ejournal.hi.fisip-unmul.ac.id), 5) eJournal Ilmu Komunikasi (http://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id), 6) eJournal Administrasi Bisnis (http://ejournal.adbisnis.fisip-unmul.ac.id), 7) eJournal Pemerintahan Integratif (http://ejournal.pin.or.id), 8) eJournal Psikologi (http://ejournal.psikologi.fisip-unmul.ac.id), 9) eJournal Magister Ilmu Administrasi Negara (http://ar.mian.fisip-unmul.ac.id). Pintu gerbang (gateway) dari eJournal-eJournal tersebut adalah Portal Karya Ilmiah Fisip Unmul (http://portal.fisip-unmul.ac.id).
Kampus Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman (Fisip Unmul) berlokasi Kota Samarinda, Kalimantan Timur. Kampus Fisip Unmul ini terletak di dataran tinggi dalam kompleks kampus Universitas Mulawarman sehingga bebas banjir. Alamatnya adalah: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman, Kampus Gunung Kelua, Samarinda 75411, Kalimantan Timur. Fisip Unmul bisa dihubungi dengan telepon pada nomor (0541) 743820 dan 748662, atau dengan Fax pada nomor (0541) 743820. Fisip Unmul bisa juga dihubungi dengan email di alamat fisip[at]fisip-unmul.ac.id (ganti tanda [at] dgn @)atau melalui website (menu Kontak di web ini). Selain itu, Fisip Unmul memiliki account Facebook dan Twitter, yang bisa dipakai sebagai sarana kontak.
  • dekan01.jpg
  • dekan02.jpg
  • dekan03.jpg
  • dekan04.jpg
  • dekan05.jpg
  • dekan06.jpg
  • dekan07.jpg
  • dekan08.jpg
  • dekan09.jpg
  • dekan10.jpg
  • dekan11.jpg
  • dekan12.jpg
  • dekan13.jpg
  • pjb (1).jpg
  • pjb (2).jpg
  • pjb (3).jpg
  • pjb (4).jpg
  • pjb (6).jpg
  • pjb (7).jpg
  • pjb (8).jpg
  • pjb (9).jpg
  • pjb (10).jpg
  • pjb (11).jpg
  • pjb (12).jpg
  • pjb (13).jpg
  • pjb (14).jpg
  • pjb (15).jpg
  • pjb (16).jpg
  • pjb (17).jpg
  • pjb (18).jpg
  • pjb (19).jpg
  • pjb (20).jpg
  • pjb (21).jpg

Seputar Kampus

Yudisium Gel. III Fisip 2017

22-09-2017 Hits:111 Seputar Kampus Admin - avatar Admin

Yudisium Gel. III Fisip 2017

Rabu, Tanggal 20 September 2017 bertempat di gedung Auditorium Unmul, Fisipol menggelar acara yudisium gelombang III yang meluluskan 302 mahasiswa dari Program Diploma (D3), Sarjana (S1), dan Pascasarjana (S2). Acara...

Read more

 square04b  

                

Pos Pendaftaran Wisuda Desember Unmul 2016

Wisuda adalah upacara pengukuhan lulusan dan penyerahan ijazah yang dilaksanakan oleh Rektor, Direktur Program Pascasarjana dan Dekan Fakultas/Ketua UP. Fakultas di lingkungan Universitas Mulawarman. Pelaksanaan wisuda Universitas Mulawarman diselenggarakan sebanyak empat kali dalam setahun, serta bilamana perlu dilaksanakan wisuda tambahan yang waktunya akan ditentukan oleh Rektor Universitas Mulawarman. Pelaksanaan dan pendaftaran

wisuda diselenggarakan oleh Bagian Pendidikan Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Mulawarman dengan berkoordinasi dengan pihak Program Pascasarjana/Fakultas/UP.Fakultas, Biro Administrasi Umum dan Keuangan dan lembaga perbankan yang ditunjuk oleh Universitas Mulawarman sebagai penerima setoran biaya wisuda.

Pelaksanaan dan Pendaftaran

 Pelaksanaan pendaftaran Wisuda dilakukan secara online dengan alur sebagai berikut :

1. Membayar biaya pendaftaran sesuai nominal yang ditentukan oleh Universitas Mulawarman pada Bank Mitra yang sudah bekerjasama dengan Universitas Mulawarman antara lain : Bank BNI, Bank Mandiri, Bank BTN, Bank Muamalat dan Bankaltim, melalui : teller, ATM, Internet Banking atau Mobile Banking.
2. Calon Wisudawan membuat pernyataan bersedia dan sanggup membayar biaya wisuda yang telah ditetapkan dan mentaati tata tertib selama prosesi wisuda berlangsung (terdapat pada tanda bukti telah mendaftar wisuda online).
3. Login pada sistem online menggunakan NIM dan Password yang sama dengan password pada portal akademik untuk mendaftar pada portal wisuda http://wisuda.unmul.ac.id
4. Mengisi biodata dan meng-upload file pas foto hitam putih (memakai jas dan dasi) secara online pada portal wisuda dimana dan kapan saja (counter internet/warnet) atau memanfaatkan fasilitas internet di fakultas masing-masing.
5. Bagi calon wisudawan yang kesulitan mengakses ke sistem online dapat minta bantuan petugas helpdesk di Gedung Belakang Sub Bagian Registrasi dan Statistik BAAK Rektorat UNMUL atau menghubungi kontak person panitia bagian Pendidikan BAAK Unmul

Kontak Person

- Hidayatul Muttaqien, S.Kom            08113302117
- M. Syahrian Noor                            085246911784
- Isai Julianto M.                               081347251823

- Agus Tri Haryono, S.Kom                085247559718
- Dwi Rahmawati, S,Kom                  081347203868
- Aulia Rahman                                081349763746
- Wisnu Ari Setyadi                          085752157888
- Fenti Ria Benazir, S.Kom                085250701809
- Cristiono Fajari                              085246761278

Dokumen Telah Registrasi

6. Mencetak Tanda bukti telah mendaftar wisuda secara online pada portal wisuda http://wisuda.unmul.ac.id
7. Menyerahkan print out tanda pendaftaran wisuda secara online, kepada panitia wisuda di Gedung Belakang Ruang Sub Bagian Registrasi dan Statistik BAAK Rektorat Unmul, Tanggal 04 November s/d 23 November 2016, mulai pukul 08.00 Wita s/d 16.00 Wita, dengan melampirkan dokumen-dokumen sebagai berikut :
a. Bukti Pembayaran uang Pendaftaran wisuda di Bank Mitra
b. Fotocopy Surat Keterangan Kelulusan yang telah dilegalisir oleh pejabat yang berwenang sebanyak 2 lembar (1 lembar untuk mendafar wisuda, dan 1 lembar untuk formulir penulisan ijazah)
c. Sertifikat TOEFL atau surat keterangan pernah mengikuti test TOEFL dari Balai Bahasa Unmul Asli beserta fotocopy yang dilegalisir oleh Balai Bahasa Unmul ( format online yang sudah diverifikasi oleh operator SIA UPT. Balai Bahasa Unmul yang berwenang, dan bisa di print out pada portal http://balai-bahasa.unmul.ac.id dengan menggunakan password port akademik dan nomor registrasi pendaftaran mengikuti TOEFL dari Balai Bahasa Unmul);
d. Surat Keterangan Penyerahan Karya Tulis Asli dari UPT. Perpustakaan Universitas Mulawarman
8. Calon Wisudawan yang sudah menyerahkan print out tanda bukti pendaftaran online beserta dokumen kelengkapan seperti pada point 7 ayat a, b, c, dan d akan memperoleh tanda bukti pendaftaran wisuda dari petugas setelah verifikasi
9. Calon Wisudawan yang tidak menyerahkan print out tanda bukti pendaftaran online beserta dokumen kelengkapan seperti pada point 7 ayat a, b, c, dan d, sesuai batas tanggal yang ditentukan, panitia berhak membatalkan sebagai wisudawan Unmul pada periode bersangkutan serta tidak terdaftar dalam buku lulusan.

Dokumen Kelengkapan Ijazah

10. Mengisi Formulir penulisan ijazah, yang sudah ditandatangani oleh Pembantu Dekan I Fakultas/Pembantu Ketua I UP. Fakultas/Ketua Program Pascasarjana, dan sudah diberi cap/stempel, kemudian menyerahkan kepada petugas di gedung Belakang Ruang Sub Bagian Registrasi dan Statistik BAAK Rektorat Unmul, dengan kelengkapan sebagai berikut :
a. Fotocopy ijazah terakhir yang telah dilegalisasi Pejabat yang berwenang.
b. Pas foto hitam putih terbaru ukuran 3 x 4 cm, memakai jas dan dasi sebanyak 5 lembar (memakai jilbab dan kacamata membuat surat pernyataan diatas materai Rp.3000,-)
c. Fotocopy Surat keterangan Kelulusan (format online yang sudah diferivikasi oleh operator SIA Fakultas yang berwenang yang telah dilegalisasi oleh pejabat yang berwenang sebanyak 1 lembar
d. Sertifikat TOEFL atau surat keterangan pernah mengikutii Test TOEFL dari UPT. Balai Bahasa Unmul ( format online yang sudah diverifikasi oleh operator SIA UPT. Balai Bahasa Unmul yang berwenang, dan bisa di prnt out pada portal http://balai-bahasa.unmul.ac.id dengan menggunakan password portal akademik dan nomor registrasi pendaftaran mengikuti TOEFL dari Balai Bahasa Unmul;
e. Pengumpulan berkas ditutup bersamaan dengan berakhirnya pendaftaran wisuda.

Informasi Pendaftaran Wisuda

INFORMASI PENDAFTARAN WISUDA BULAN SEPTEMBER 2016
1. Pendaftaran dibuka mulai Tanggal 04 November s/d 23 November 2016
2. Biaya Pendaftaran sebesar Rp. 400.000,- (empat ratus ribu rupiah)
3. Jadwal Gladi Bersih dan Wisuda sebagai berikut :
*  Gladi Bersih Wisuda
Hari Selasa, Tanggal 13 Desember 2016, Pukul 14.00 Wita, bertempat di GOR 27 September Unmul, dengan ketentuan sbb:
a. Wisudawan wajib menandatangani daftar hadir, antara pukul 12.30 s/d 14.00 Wita
b. Pengambilan Undangan Wisuda
c. Menempati kursi sesuai nomor urut daftar hadir (Nomor urut panggilan yang dipasang pada toga ada dalam surat undangan wisuda)
d. Pakaian Bebas Pantas 
*  Pelaksanaan Wisuda
Hari Kamis, Tanggal 15 Desember 2016, Pukul 08.45 Wita, bertempat di GOR 27 September Unmul, dengan ketentuan sbb :
a. Wisudawan wajib menandatangani daftar hadir, antara pukul 07.30 s/d 08.30 Wita langsung menempati kursi yang telah ditentukan
b. Tepat Pukul 08.45 Wita pintu gedung tempat acara ditutup
c. Memakai Toga yang sudah dipasang nomor urut panggilan di sebelah kiri
d. Anak-anak dibawah 15 Tahun dilarang masuk gedung acara wisuda

4. Kepada wisudawan yang belum memiliki toga dan berminat untuk membeli, dapat menghubungi Koperasi Pegawai Negeri Tri Dharma Unmul, dengan harga :
1. untuk S1 dan Diploma sebesar Rp. 130.000,-
2. untuk S2 sebesar Rp. 220.000,-
3. untuk S3 sebesar Rp. 240.000,-

Home News Prodi App

fisip appstudiprog3c

Jadwal kuliah / Ujian

  1. Genap
  2. Gasal
  3. Ujian
Thumbnail Semester adalah satuan terkecil untuk menyatakan lamanya suatu program pendidikan dalam suatu...
Thumbnail Semester merupakan satuan waktu terkecil yang digunakan untuk menyatakan lamanya proses kegiatan...
Thumbnail Satu tahun akademik terdiri dari dua semester reguler, yaitu : Semester Gasal atau Semester...
More inJadwal Ujian  

Pro: Sivitas Akademika

  1. Mhs
  2. Dosen/Staf
  3. Alumni
Thumbnail Universitas Mulawarman atau yang sering kita kenal dengan sebutan UNMUL, merupakan perguruan...
More inMahasiswa  
Thumbnail Pembangunan berwawasan lingkungan merupakan usaha meningkatkan kualitas manusia secara bertahap...
More inDosen/Staf  
Thumbnail Berangkat dari kondisi riil perkembangan koperasi yang masih cukup  tertinggal dibandingkan dengan...
More inAlumni  

Latest News Feeds

  1. Dikti
  2. Q&A
  3. Portal K.Ilmiah