PAMB 2014 13Percepatan Adaptasi Mahasiswa Baru (PAMB) adalah acara tahunan yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa dan mahasiswi baru yang telah resmi menjadi mahasiwa di Universitas Mulawarman. Percepatan Adaptasi Mahasiswa Baru khususnya pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Acara tahunan ini diselenggarakan sebagai wadah pertemuan dan perkenalan mahasiwa baru yang belum mengenal dan mengetahui seluk beluk lokasi Universitas dan Fakultasnya

. Kegiatan Percepatan Adaptasi Mahasiswa Baru diisi dengan acara perkenalan dengan para Pejabat Struktural di lingkungan Fakultas seperti Dekan, Wakil Dekan I, Wakil Dekan II, Wakil Dekan III, Kabag dan Kasubag, Ketua Jurusan, Ketua Prodi dan Sekretarisnya masing-masing. dan segala sesuatu yang berkaitan dengan dunia kampus.

Disamping itu juga perkenalan dengan staf administrasi prodi masing masing, Himpunan Mahasiswa dan BEM Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman.

Dengan diadakannya kegiatan ini diharapkan dapat membantu mahasiswa dan mahasiswi baru dalam proses beradaptasi dengan lingkungan baru. Kegiatan ini bertujuan mempererat rasa kebersamaan dan kekeluargaan diantara sesama mahasiswa baru di lingkungan Fakultas. Acara PAMB diisi dengan materi mengenai struktur organisasi fisip, bidang akademik, keuangan & kepegawaian, dan kemahasiswaan, kerjasama. Selain itu materi mengenai perkuliahan seperti kegiatan Program Studi, Kegiatan SIA, Dosen, KKN. di bidang kegiatan mahasiswa seperti kegiatan BEM dan kegiatan kemahasiswaan lainnya yang ada di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu 

Agenda Acara Percepatan Adaptasi Mahasiswa Baru Fakultas Ilmu Sosial dan Politik :
Mahasiswa dan mahasiswi baru diwajibkan memakai pakaian putih (atasan) memakai warna gelap (hitam) rok atau celana. Dilarang memakai jeans. Untuk Rundown atau Susunan Acara Percepatan Adaptasi Mahasiswa Baru (PAMB) Fisip sebagai berikut :

No Waktu Kegiatan Narasumber / Penanggung Jawab Tempat
1 07.00 - 08.00 Mobilisasi Peserta PAMB menuju Lapangan Parkir ILKOM PANITIA BERSAMA Lapangan Parkir ILKOM
2 08.01 09.30 1. Pembukaan PAMB 2015 MC : Hairunnisa & Andi Vera  
    2. Lagu Indonesia Raya Dr. Santi Rande, M.Si  
    3. Doa Drs. Nurdin Rasyid, M.AP  
    4. Laporan Ketua Panitia Drs. Endang Erawan, M.Si  
    5. Sambutan & Membuka secara Resmi  : Dekan Fisip Drs. H. Muh. Noor, M. Si  
    6. Perkenalan Pejabat Struktur Fisip Drs. H. Muh. Noor, M.Si  
3 09.31 - 10.00 Mahasiswa Baru masuk ruang kelas (yang telah ditentukan) Ketua dan Sekretaris Program Studi * AN ruang 08
* IP ruang 11
*  HI ruang 09
*  AN ruang 08
*  IP ruang 11
*  ILKOM ruang 10
*  Sosiatri ruang 12
*  Psikologi ruang 13
* Administrasi Bisnis ruang 15 & 16
* Hospitality ruang 15 & 16
* Perkantoran ruang 15 & 16
4 10.01 - 12.00  Selayang Pandang Program Studi :
1. Perkenalan Pejabat & Dosen Prog. Studi 
2. Visi dan misi Program Studi
3. Kurikulum
4. Masa Studi
5. Pengisian KRS
6. Proses Belajar Mengajar
7. Menghitung IP, IPK, dan KHS
8. Semester Pendek (SP)
9. KKN, Skripsi, Yudisium dan Wisuda
10. Tata Tertib dan Etika
Masing -masing :
Ketua, Sekretaris & Dosen Program Studi
* AN ruang 08
* IP ruang 11
*  HI ruang 09
*  AN ruang 08
*  IP ruang 11
*  ILKOM ruang 10
*  Sosiatri ruang 12
*  Psikologi ruang 13
* Administrasi Bisnis ruang 15 & 16
* Hospitality ruang 15 & 16
* Perkantoran ruang 15 & 16
5 12.01 - 13.00 ISHOMA PANITIA KAMPUS FISIP
6 12.01 - 14.30 Mengenal HIMA :
1. Perkenalan Struktur dan Personalia
2. Visi Misi HIMA
3. Tugas dan Fungsi HIMA
4. Aktivitas HIMA
Ketua dan Sekretaris HIMA Ruang Kelas masing-masing
7 14.31 - 15.00 Mahasiswa Baru berkumpul kembali ke lapangan parkir ILKOM PANITIA BERSAMA Lapangan Parkir ILKOM
8 15.01 - 16.00 Kuliah Umum : Tema   " Character Building" Bapak Idham Chalid Lapangan Parkir ILKOM
9 16.01 - Wita Mahasiswa Baru Pulang PANITIA BERSAMA  

Untuk Jadwal Kegiatan Pengenalan Mahasiswa Fakultas (KPMF) hari kedua klik di sini