Pamflet LDKLembaga Dakwah Kampus (disingkat LDK) adalah sebuah organisasi kemahasiswaan intra kampus yang terdapat di tiap-tiap perguruan tinggi di Indonesia. Organisasi ini bergerak dengan Islam sebagai asasnya. Sebagian besar perguruan tinggi di Indonesia pasti mempunyai LDK. Tiap-tiap perguruan tinggi, nama LDK bisa berbeda-beda. Kadang mereka menyebut dirinya sebagai Sie Kerohanian Islam, Forum Studi Islam, Lembaga Dakwah Kampus

, Badan Kerohanian Islam, dan sebagainya. Lembaga Dakwah Kampus adalah lembaga yang bergerak di bidang dakwah Islam ini muncul pada era tahun 60-an, kampus merupakan inti kekuatannya, dan warga civitas akademika adalah obyek utamanya.

Ditinjau dari struktur sosial kemasyarakatan, mahasiswa dan kampus merupakan satu kesatuan sistem sosial yang mempunyai peranan penting dalam perubahan sosial peri-kepemimpinan di tengah-tengah masyarakat. Sedangkan dari potensi manusiawi, mahasiswa merupakan sekelompok manusia yang memiliki taraf berpikir di atas rata-rata. Dengan demikian, kedudukan mahasiswa adalah sangat strategis dalam mengambil peran yang menentukan keadaan masyarakat di masa depan. Perubahan masyarakat ke arah Islam terjadi apabila pemikiran Islam telah tertanam di masyarakat itu. Dengan berbagai potensi strategis kampus, maka tertanamnya pemikiran Islam di dalam kampus melalui dakwah Islam diharapkan dapat menyebar secara efektif ke tengah-tengah masyarakat.

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Lembaga Dakwah Kemahasiswaan (LDK) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Mulawrman (Unmul) mengambil tema “Semangat Menebar Kebaikan Untuk Negeri” dalam agenda Islamic Social Politic (ISM) 2015.

Kegiatan tersebut diadakan dalam rangka menuju Musyawarah Besar LDK Fisip Unmul ke-13. Tujuan utamanya adalah menumbuhkan rasa solidaritas dan kepedulian mahasiswa Unmul serta mensyiarkan Islam melalui media diskusi.

Acara yang berlangsung mulai Sabtu (16/05) hingga Minggu (24/05) akan dirancang untuk memunculkan ketertarikan para peserta. Nantinya, akan ada serangkaian kegiatan yang akan digelar. Yakni, Seminar Entrepreneur, Talkshow Seputar Kampus Fisip, Talkshow Kemuslimahan, Bakti Sosial dan Sarasehan Alumni LDK Fisip Unmul.

Robby Adhitya selaku Ketua Umum LDK Fisip Unmul berharap melalui acara ini mahasiswa Unmul pada khususnya mau membuka mata melihat kondisi sekitar. “Kita ingin mengajak semua elemen mahasiswa dan civitas akademika agar lebih peduli untuk mau berbagi dan berkontribusi nyata untuk negeri ini,” ujar mahasiswa progam studi Ilmu Komunikasi ini. “Boleh berbagi dengan ilmu yang kita punya, atau dengan harta yang kita miliki,” tambahnya.

Guna menambah semangat berwirausaha, dalam acara ISM ini juga akan menghadirkan Nugrohadi Yuwono, owner Roti Durian Panglima. Pebisnis asal Semarang itu akan berbagi tips dan kiat-kiat sukses berwirausaha. (LDK Fisip Unmul)