Tujuan penyelenggaraan pendidikan Program  Ilmu Administrasi Negara Fisip Pascasarjana Universitas Mulawarman  secara umum adalah memberikan wawasan teori, sikap dan kemampuan mengembangkan pengetahuan  melalui berbagai kegiatan ilmiah kepada para lulusan Sarjana (S1) bidang Ilmu Administrasi Negara, yang telah bekerja (praktisi) maupun yang belum. Sehingga secara umum mereka mampu mengembangkan keilmuan dan penelitian bidang administrasi yang terkini

. Sejalan dengan visi dan misi-nya, serta kekuatan yang dimiliki dan peluang yang dihadapinya, maka Program Ilmu Administrasi Negara Fisip Pascasarjana Universitas Mulawarman menetapkan beberapa tujuan khusus, yaitu:
Menciptakan suasana belajar mengajar yang interaktif antara pengajar (dosen) dengan mahasiswa, sehingga terbentuk budaya akademik yang menggambarkan kebebasan akademik, kebebasan berfikir dan berkarya.

Membentuk civitas akademika yang terampil merumuskan permasalahan dalam bidang Ilmu Administrasi Negara serta berkesanggupan untuk meneliti, menganalisis dan memecahkan masalah-masalah yang berkaitan dengan bidang keilmuannya.
Meningkatkan sumbangan akademisi terhadap pengembangan Ilmu Administrasi Negara. Menciptakan  lulusan yang memenuhi kualifikasi sebagai berikut:
Mempunyai ilmu pengetahuan dan kemampuan yang cukup untuk digunakan sebagai bekal melanjutkan studi pada jenjang yang lebih tinggi (Doktor/S3) atau sebagai birokrat. Memiliki semangat ilmiah yang tinggi, kepribadian yang mandiri dan mampu mengembangan keilmuannya (Ilmu Administrasi Negara).
Berikut ini Pengumuman Hasil Tes TPA Tahap ke II MIAN Fisip Unmul Tahap ke II Klik di sini