Dalam menghadapi era globalisasi dengan berbagai isu-isu baru akan menyebabkan karakter birokrasi yang ada pada saat ini, diperkirakan tidak cukup mampu untuk mengatasi berbagai permasalahan yang kompleks. Selain itu masyarakat juga terus mengalami kemajuan dalam segala aspek yang ditandai muncul dan maraknya isu demokrasi, keterbukaan HAM kelestarian lingkungan dan lain sebagainya.
Menyadari terjadinya perubahan tersebut, maka menjadi sangat penting bagi

birokrasi untuk melakukan transformasi karakteristiknya secara terus menerus dan terencana baik dalam kapabilitas, kapasitas, maupun fisibilitasnya agar dapat merespon perubahan dengan cepat. Hal ini hanya dapat dilakukan apabila aparat birokrasi (para personilnya) terus menerus di kembangkan wawasan dan kemampuan profesionalnya dengan peningkatan sumber daya manusia (SDM) tersebut secara baik.

Untuk menyikapi permasalahan tersebut Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman, sejak tahun akademik 2000/2001 membuka Program Magister Ilmu Administrasi Negara Pascasarjana Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Program Pascasarjana Program Studi Magister Ilmu Administrasi Negara Fisip Universitas Mulawarman dirintis sejak tahun 1999, diawali dengan kerjasama antara Universitas Mulawarman dengan Universitas Brawijaya untuk menyelenggarakan program kegiatan pembelajaran bersama. Program ini bertujuan untuk membantu Universitas Mulawarman dalam merencanakan dan melaksanakan pendidikan Program Studi Magister Ilmu Administrasi Negara secara mandiri.

Berdasarkan naskah kerjasama antara Universitas Brawijaya dengan Universitas Mulawarman Nomor : 3605/J10/LL/1999 - Nomor : 6655/J17/LL/1999 membuka pendidikan Pascasarjana (S2) untuk Program Studi Magister Ilmu Administrasi Negara dengan koordinasi Dekan Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman dan Program Pascasarjana Universitas Brawijaya (PPSUB).
Berikut ini di informasikan Daftar Nilai Hasil TPA Pasca Sarjana (S2) MIAN Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman  Klik  di sini

 * Diumumkan kepada Calon Mahasiswa Baru Program Pasca Sarjana (MIAN) Fisip Unmul, Bahwa perkuliahan PAP akan dimulai Tanggal 06 Maret 2015 Jadwal Menyusul.