Yudisium atau pelepasana mahasiswa adalah pengumuman kelulusan mahasiswa secara lengkap, mengakhiri semua prosesi perkuliahan yang tetap dilaksanakan sehingga yang bersangkutan berhak menggunakan gelar kesarjanaannya.
Yudisium dilakukan segera setelah pelaksanaan ujian dihadiri oleh peserta ujian, bagi peserta yang tidak hadir pada saat yudisium, maka yudisiumnya ditunda pada pelaksaan berikutnya. Yudisium adalah predikat yang diberikan kepada seorang mahasiswa yang telah menyelesaikan jenjang Program Diploma (D3), Program Sarjana (S-1) dan  Program Magister (S-2). Penentuan mahasiswa berprestasi yudisium didasarkan pada prestasi studi yang telah dicapai selama mengikuti pendidikan di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik hingga akhir masa studinya.

Dalam rangka pelaksanaan  yudisium atau pelepasan mahasiswa gelombang I tahun tanggal 23 Maret 2016. Adapun jumlah mahsiswa dan mahasiswi yang mengikuti yudisium sebanyak 227 mahsiswa, dengan jumlah mahasiswa program sarjana (S1) dan diploma 3 (D3) yang masih menyelesaikan studinya sebanyak 5663 mahasiswa.

Perincian jumlah peserta yudisium atau pelepasan sebagai berikut :

I Program Diploma (D3) 4 Mahasiswa
II Program Studi Administrasi  Negara 50 Mahasiswa
  Program Ilmu Pemerintahan 46 Mahasiswa
  Program Sosiatri 11 Mahasiswa
  Program Ilmu Hubungan Internasional 34 Mahasiswa
  Program Ilmu Komunikasi 24 Mahasiswa
  Program Administrasi Bisnis 26 Mahasiswa
  Program Psikologi 24 Mahasiswa
  Program Pemerintahan Integratif 8 Mahasiswa
III Program Pasca Sarjana 26 Mahasiswa
  Total Keseluruhan Peserta 253 Mahasiswa

Indeks Prestasi Kumulatif Lulusan Program Sarjana (S1) sebagai berikut:

IPK 2.76 - 3.50 = 198 Mahasiwa
IPK 3.51 - 3.69 = 20 Mahasiswa
IPK 3.70 - 3.89 = 9 Mahasiswa

paduan suara pinSelamat kepada para lulusan yang telah berhasil menyelesaikan studinya baik pada program diploma, sarjana dan pasca sarjana. Semoga segala ilmu yang telah diterima dan diserap selama masa studi dapat dimanfaatkan untuk ikut berpartisipasi dalam dunia kerja guna meningkatkan pembangunan bangsa, negara, masyarakat dan keluarga. Kepada para lulusan agar dapat menjaga nama baik almamater Fakultas dan Universitas dimanapun berada. Bravo