fhoto kegiatan 210Kegiatan Percepatan Adaptasi Mahasiswa Baru adalah acara rutin tahunan yang diadakan untuk menyambut kehadiran mahasiswa baru yang berhasil lolos dalam seleksi masuk di Perguruan Tinggi melalui Jalur Undangan (SNMPTN) melalui Jalur Tes Nasional (SBMPTN) maupun yang lolos melalui Jalur Mandiri (SMMPTN). Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman mengelar kegiatan Percepatan Mahasiswa Baru bertujuan agar mahasiswa baru lebih mengenal bagaimana suasana

belajar baru, yang awalnya belajar di sekolah sejak mereka TK, SD, SMP hingga SMU hingga lulus , kemudian berada pada masa perkuliahan di Kampus dengan suasana belajar yang berbeda dari sebelumnya. Kegiatan ini juga bertujuan agar mahasiswa baru mengenal pejabat struktural Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, seperti Dekan, Wakil Dekan I, Wakil Dekan II, Wakil Dekan III, Ketua Jurusan, Ketua Program Studi & Sekretarisnya, Kepala Bagian Kepegawaian, Kepala Sub. Bagian Akademik, Kepala Sub. Bagian Kemahasiswaan, Kasubag Kepegawaian dan Keuangan serta para Dosen yang nantinya akan mengajar mereka selama proses perkuliahan. Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Drs. H. Muhammad Noor, M.Si mengucapkan Selamat memasuki pintu gerbang kampus "Universitas Mulawarman" dan menjadi bagian dari "Keluarga Besar Civitas Akademika Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik". mengucapkan selamat datang kepada mahasiswa baru yang telah lulus menjadi bagian dari keluarga besar Fisip dan merupakan suatu kebanggaan tersendiri bisa diterima menjadi mahasiswa di Fisip, mengingat banyaknya calon mahasiswa yang mendaftar namun tidak berhasil lolos. Sebagai mahasiwa baru harus bisa mempersiapkan diri agar bisa mengatur jadwal perkuliahaan dan aktivitas sehari -hari diluar kampus agar tidak menggangu perkuliahan. Memasuki dunia perkuliahan merupakan hal yang baru dan memerlukan proses adaptasi terhadap lingkungan Kampus.

Kampus adalah institusi pendidikan tempat kita bersama untuk menambah ilmu, kreatifitas dan berorganisasi, yang kelak dapat menjadi bekal bermanfaat bagi kehidupan diri sendiri, masyarakat sekitar, dan Indonesia serta dunia pada umumnya.Dunia pendidikan tinggi menuntut kita bersama untuk mengabdi pada tiga pilar yang kita kenal dengan"Tridharma"Perguruan Tinggi, yaitu: (1) Pendidikan, (2) Penelitian, (3) Pengabdian Masyarakat. Maka pihak Fakultas memberikan bekal pengetahuan dan pemahaman Mahasiswa baru tentang dunia Perguruan Tinggi sebagai bekal untuk mengikuti proses belajar mengajar melalui kegiatan Adaptasi Mahasiswa (PAMB)

Pada pelaksaaan Percepatan Adaptasi Mahasiswa Baru, yang dilaksanakan pada tanggal 27 dan 28 September 2015 yang lalu. Acara tersebut dihadiri sekitar 841 Mahasiswa Baru (Maba) yang memadati Lapangan Basket Gedung Ilmu Komunikasi , mahasiswa tampak antusias dan bersemangat mengikuti setiap rangkaian Kegiatan Adaptasi Mahasiswa Baru, dengan memakai seragam kemeja putih dan bawahan celana /rok hitam dan diikat pita biru di lengan.

Acara Percepatan Mahasiswa Baru dihadiri oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Ketua Panitia PAMB , Pembantu Dekan I, Pembantu Dekan II, Pembantu Dekan III, Ketua Jurusan, Ketua Prodi dan Sekretaris Prodi, Kepala Tata Usaha. Kasubag Kepegawaian dan Keuangan, Kasubag. Akademik, Kasubag. Kemahasiswaan, para Dosen, Staff dan para pengurus himpunan mahasiswa program studi masing-masing.

Acara Puncak Pelaksanaan Percepatan Adaptasi Mahasiswa Baru (PAMB) Tahun 2015. Semakin meriah pemberian materi kuliah umum dengan tema " Character Building " kuliah umum ini menghadirkan Motivator Idham Chalid yang memberikan semangat dan motivasi baru kepada mahasiswa agar dapat membentuk kharakter dan pola pikir mahasiswa dalam menghadapi segala situasi, mahasiswa dituntut berfikir logis dan dapat mengembangkan karya serta kreatifitas mahasiswa baru menyambut dengan tepuk tangan yang meriah dan meneriakan yel-yel yang merupakan ciri khas dari setiap pelaksanaan PAMB tiap tahunnya.

Acara hari kedua pelaksanaan kegiatan percepatan adaptasi mahasiswa baru berisi dengan kegiatan seputar kegiatan mahasiswa yang di koordinir oleh Hima Fisipol. Mahasiswa baru dikumpulkan dilapangan untuk bersama-sama melaksanakan senam pagi, kemudian dilanjutkan dengan kegitan pengumpulan beras dan mie untuk kegiatan bakti sosial, kemudian dilanjutkan dengan Kreativitas Perkelompok & yel-yel, selanjutnya Diskusi terbuka dengan studi kasus " Ospek Negatif " dan studi kasus " Mahasiswa Bergerak Berjuang Melalui Organisasi" dalam diskusi tersebut mahasiswa bebas dan terbuka untuk mengeluakan pendapat serta tanggapan mereka tehadap kasus yang ada. Kegiatan Adaptasi Mahasiswa Baru Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik diakhiri dengan penyerahan simbolis kepada kelompok terbaik, mahasiswa dan mahasiswi terbaik dalam pelaksaan PAMB.

Rangkaian Acara Percepatan Adaptasi Mahasiswa Baru ditutup oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman dengan pesan agar mahasiswa menyiapkan diri untuk mengikuti proses perkuliahan yang mulai aktif pada tanggal 02 September 2015 yang akan datang.