Majelis Talim  98Majelis taklim adalah salah satu lembaga pendidikan diniyah non formal yang bertujuan meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT dan akhlak mulia bagi jamaahnya, serta mewujudkan rahmat bagi alam semesta. Dalam prakteknya, majelis taklim merupakan tempat pangajaran atau pendidikan agama islam yang paling fleksibal dan tidak terikat oleh waktu

. Majelis taklim bersifat terbuka terhadap segala usia, lapisan atau strata social, dan jenis kelamin. Waktu penyelenggaraannya pun tidak terikat, bisa pagi, siang, sore, atau malam . tempat pengajarannya pun bisa dilakukan dirumah, masjid, mushalla, gedung. Aula, halaman, dan sebagainya. Selain itu majelis taklim memiliki dua fungsi sekaligus, yaitu sebagai lembaga dakwah dan lembaga pendidikan non-formal. Fleksibelitas majelis taklim inilah yang menjadi kekuatan sehingga mampu bertahan dan merupakan lembaga pendidikan islam yang paling dekat dengan umat (masyarakat). Majelis taklim juga merupakan wahana interaksi dan komunikasi yang kuat antara masyarakat dengan para alim ulama.

Tujuan majelis taklim adalah membina dan mengembangkan hubungan yang santun dan sesuai atau serasi antara manusia dengan Allah, antara manusia dengan manusia lainnya, antara manusia dengan tempat tinggal sekitarnya atau lingkungan, dalam rangka meningkatkan ketaqwaan mereka kepada Allah SWT.  Sedangkan tujuan khusus dari mjlis taklim adalh memasyarakatkan ajaran islam. Sumber : http://uchinfamiliar.blogspot.com/2009/02/pengertian-majelis-taklim-dasar-hukum.html.

Majelis Talim adalah rangkaian Kegiatan Halal Bihalal dan Silahturahmi yang selalu rutin diadakan di lingkungan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politk Universitas Mulawarman pada setiap bulannya. Dengan adanya kegiatan Majelis Talim ini diharapkan terjalin komunikasi dan keakraban diantara sesama Pejabat, staff dan Dosen di lingkungan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman. Dengan adanya majelis talim bisa memupuk rasa kebersamaan, kekeluargaan sehingga tercipta suasana yang harmonis. Majelis Ta'lim yang diadakan Jum'at 15 Agustus 2014 ini mengambil tema " Kembali menjadi Fitrah Di Bulan Syawal " . Dalam Sambutannya Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman, Prof. Dr. H. Adam Idris , MSi' Mengatakan menyambut bulan syawal dengan hati dan jiwa yang kembali suci dengan melawan segala hawa nafsu dan godaan di bulan ramadhan, bulan syawal menjadi bulan saling memaafkan dan mensucikan segala kesalahan baik berupa ucapan maupun perbuatan yang dilakukan selama berinteraksi dan berkomunikasi di lingkungan kerja Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman. Majelis Ta'lim dan halal bi halal Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Poltik Universitas Mulawarman menghadirkan Ustadz Iskandar, M A sebagai penceramah, dalam tausiyahnya mengingatkan pentingnya menjalin hubungan baik antara manusia dengan sang pencipta dan hubungan baik antara manusia dengan sesama manusia.

Dengan menjaga hubungan baik dan silaturahmi antar sesama manusia dapat meningkatakan kerukunan, kerjasama dan sikap saling hormat - menghormati dan bertoleransi di lingkungan kerja Fakultas Ilmu Sosila dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman. Tausiyah agama yang disampaikan diiringi dengan sesi tanya jawab dan sharing dari para undangan yang hadir. Acara berlangsung khidmat serta diserta canda tawa sehingga menimbulkan suasana kebersamaan diantara pejabat struktural, dosen dan staff administrasi dilingkungan kerja Fakultas Ilmu Sosila dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman.

Acara ditutup dengan pembacaan doa dari Al- Ustadz Iskandar M.A.  Diharapkan Acara Majelis Ta'lim Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik ini akan terus rutin dilaksanakan kedepannya. Amin Ya Rabbal Allamin.