Meningkatkan Kualitas Dosen, Workshop Penulisan Jurnal Nasional FISIP

Hujan Mewarnai Dies Natalis FISIP, Semangat Membangun Negeri

Lagi, Dosen Fisip Unmul Berkontribusi dalam Kegiatan Ilmiah Tingkat Internasional

Empat Dosen Fisip Unmul jadi Presenter di 2nd ICTROPS

Fisip Unmul Selayang Pandang

  1. SEJARAH
  2. PRODI
  3. FASILITAS
  4. ORGANISASI
  5. DOSEN DAN STAF
  6. MAHASISWA
  7. ALUMNI
  8. WEB PRODI
  9. EJOURNAL
  10. KONTAK
Cikal bakal berdirinya Fisip Unmul bisa ditelusuri sejak tahun 1962, yang diberi nama Perguruan Tinggi Mulawarman. Nama ini ditetapkan secara resmi dalam Surat Keputusan Gubernur Kaltim No. 15/PPK/62. Nama ini tak lama digunakan karena ketika meminta pengesahan Menteri PTIP kemudian nama ini diubah menjadi Universitas Kalimantan Timur (Unikat). Berdasarkan Keputusan Presiden RI tanggal 23 April 1963, nama yang disetujui adalah Universitas Mulawarman (Unmul). Pada saat menggunakan nama Perguruan Tinggi Mulawarman, hanya ada dua Fakultas Ketatanegaraan dan Ketataniagaan. Pada tahun 1966, kedua Fakultas tersebut dipisah menjadi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik dan Fakultas Ekonomi.
Jumlah Program Studi (Prodi) di Fisipol Unmul mengalami peningkatan pesat dibandingkan dengan ketika awalnya berdiri. Sebelum tahun 2000, jumlah Prodi hanya tiga, yakni Ilmu Administrasi Negara, Ilmu Pemerintahan, dan Ilmu Sosiatri. Peningkatan secara signifikan terjadi mulai tahun 2000 dengan dibentuknya Prodi-Prodi baru. Sekarang ini, Fisip Unmul memiliki sembilan program S1 (Administrasi Negara, Ilmu Pemerintahan, Sosiatri/Pembangunan Sosial, Ilmu Hubungan Internasional, Administrasi Bisnis, Administrasi Bisnis kons. Pariwisata & Hospitality, Ilmu Komunikasi, Psikologi, Pemerintahan Integratif, dan satu program S2 (Magister Ilmu Administrasi Negara).
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman memiliki fasilitas dan prasarana yang beragam, lengkap dan sangat memadai guna menunjang proses belajar mengajar di lembaga ini. Fasilitas serta prasarana dikelola dan dirawat oleh staf Umum dan BMN yang khusus untuk itu. Beberapa di antaranya adalah gedung perkuliahan dan perkantoran (Dekanat) yang representatif, ruang pertemuan ilmiah dan konferensi yang luas, ruang seminar dan ruang sidang ujian skripsi yang dilengkapi dengan peralatan modern, perpustakaan digital, hot spot, tempat parkir yang luas, sarana keagamaan (tempat ibadah), alat musik (band), berbagai jenis lapangan olahraga, dan lain sebagainya.
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman dipimpin oleh Dekan, yang dibantu oleh tiga Wakil Dekan, yakni Wakil Dekan I (bidang akademik), Wakil Dekan II (bidang administrasi, kepegawaian dan keuangan) dan Wakil Dekan III (bidang kemahasiswaan). Di bidang akademik, Dekan membawahi Program Studi (dipimpin Ketua Prodi, yang dibantu Sekretaris Prodi). Di bidang administrasi, Dekan membawahi Tata Usaha (TU), yang dipimpin oleh Ketua Tata Usaha (KTU). KTU membawahi sub-sub bagian (Subag), yang dipimpin oleh Kepala Sub-Bagian (Kasubag), seperti Kasubag Pendidikan, Kasubag Kemahasiswaan, Kasubag Keuangan & Kepagawaian, Kasubag BMN & Perlengkapan.
Peran dosen dan staf sangat krusial dalam proses belajar mengajar pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman. Hingga bulan April 2017, jumlah keseluruhan dosen tetap PNS sebanyak 88 dan dosen tetap non-pns sebanyak 18 dosen. Dilihat dari segi pendidikannya, proporsi mereka adalah 31 dosen berpendidikan Doktor, 57 dosen berpendidikan Magister dan 0 berpendidikan Sarjana. Sementara itu, jumlah keseluruhan staf di Fisip Unmul adalah 114 orang, yang terdiri dari 70 laki-laki dan 44 perempuan. Di lihat dari status kepegawaiannya, 27 orang staf adalah PNS sementara 87 orang adalah pegawai Honorer atau yang belum berstatus sebagai PNS.
Peminat ilmu-ilmu sosial dan politik belakangan ini meningkat pesat. Ini dicirikan dengan peningkatan jumlah mahasiswa yang signifikan. Sebelum tahun 2000, jumlah mahasiswa tercatat tidak lebih dari 700 orang, sementara pada bulan April 2007 jumlanya mencapai 4585 orang, dimana 1296 di antaranya adalah mashasiswa dari jalur seleksi nasional, sementara 3288 orang dari jalur seleksi lokal/mandiri di semua jenjang (D3. S1, dan S2). Pada tahun 2012, jumlah mahasiswa yang terdaftar di Fisip Unmul adalah 5.732 orang. Dari jumlah ini, sebanyak 396 mahasiswa (7,42%) tidak melakukan her registrasi, sementara mayoritas dari mereka, yakni sebanyak 5.336 mahasiswa (92,58%) telah melakukan her-registrasi atau yang aktif kuliah.
Oleh karena Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman (Fisip Unmul) didirikan sejak 1962, sudah banyak alumni yang dihasilkan oleh Fakultas ini. Dari data yang ada, jumlah mereka adalah 6145 orang, yang sekarang tersebar di seluruh Indonesia dan bahkan ada yang di luar negeri. Namun, jumlah yang terbanyak berada/bermukim di Kalimantan Timur. Banyak di antara mereka yang berprofesi sebagai Pegawai Negeri Sipil, birokrat, pejabat, politisi, pengusaha, wiraswasta, aktivis, self-employed, dan lain sebagainya. Para alumni Fisip Unmul memiliki wadah organisasi alumni yang diberi nama IKA-Fisip Unmul (Ikatan Keluarga Alumni Fakulas Ilmu Sosial dan Ilmu Poltik, Universitas Mulawarman).
Fisip Unmul memberikan ruang bagi Prodi untuk tampil di cyber space sehingga mereka bisa berkiprah secara kreatif untuk kepentingan Prodi dalam payung Keluarga Besar Fisip Unmul. Alasan lainnya, ketika mengusulkan akreditasi, Prodi terkait diminta mencantumkan alamat situs Program Studi, yang menjadi salah satu poin penilaian akreditasi. Beberapa yang sudah online adalah Program S1 Pemerintahan Integratif (www.pin.or.id), Program Magister (S2) Administrasi Publik (http://map.fisip-unmul.ac.id), Prodi Ilmu Pemerintahan (http://ip.fisip-unmul.ac.id), Prodi Psikologi (http://psikologi.fisip-unmul.ac.id), Prodi Ilmu Hubungan Internasional (http://hi.fisip.unmul.ac.id), Prodi Ilmu Komunikasi (http://ilkom.fisip-unmul.ac.id), Prodi Administrasi Bisnis (http://adbisnis.fisip-unmul.ac.id), Prodi Administrasi Negara (http://an.fisip-unmul.ac.id), Prodi Sosiatri (http://sos.fisip-unmul.ac.id).
Semua Program Studi/Pendidikan di Fisip Unmul telah memiliki eJournal, sbb: 1) eJournal Ilmu Administrasi Negara (http://ejournal.an.fisip-unmul.ac.id), 2) eJournal Ilmu Pemerintahan (http://ejournal.ip.fisip-unmul.ac.id), 3) eJournal Sosiatri-Sosiologi (http://ejournal.sos.fisip-unmul.ac.id), 4) eJournal Ilmu Hubungan Internasional (http://ejournal.hi.fisip-unmul.ac.id), 5) eJournal Ilmu Komunikasi (http://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id), 6) eJournal Administrasi Bisnis (http://ejournal.adbisnis.fisip-unmul.ac.id), 7) eJournal Pemerintahan Integratif (http://ejournal.pin.or.id), 8) eJournal Psikologi (http://ejournal.psikologi.fisip-unmul.ac.id), 9) eJournal Magister Ilmu Administrasi Negara (http://ar.mian.fisip-unmul.ac.id). Pintu gerbang (gateway) dari eJournal-eJournal tersebut adalah Portal Karya Ilmiah Fisip Unmul.
Kampus Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman (Fisip Unmul) berlokasi Kota Samarinda, Kalimantan Timur. Kampus Fisip Unmul ini terletak di dataran tinggi dalam kompleks kampus Universitas Mulawarman sehingga bebas banjir. Alamatnya adalah: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman, Kampus Gunung Kelua, Samarinda 75411, Kalimantan Timur. Fisip Unmul bisa dihubungi dengan telepon pada nomor (0541) 743820 dan 748662, atau dengan Fax pada nomor (0541) 743820. Fisip Unmul bisa juga dihubungi dengan email di alamat fisip[at]fisip-unmul.ac.id (ganti tanda [at] dgn @)atau melalui website (menu Kontak di web ini). Selain itu, Fisip Unmul memiliki account Facebook dan Twitter, yang bisa dipakai sebagai sarana kontak.

Calon Mahasiswa Baru

  1. INTRO
  2. PENDAFTARAN
  3. UKT
  4. BEASISWA
  5. PILIHAN STUDI
Minat lulusan SMU/SMK untuk menjadi mahasiswa Fisip Unmul tergolong tinggi. Demikian juga lulusan S1 yang ingin melanjutkan ke S2. Ini bisa dilihat dari banyaknya dan terus meningkatnya pelamar dalam lima tahun terakhir. Tingginya animo tersebut direspon dengan tiap tahun melakukan penerimaan mahasiswa baru di sepuluh Program Studi dari berbagai jalur penerimaan (SNMPTN, SBMPTN, SMMPTN) dan jenjang studi (S1 & S2). Jumlah mahasiswa yang diterima setiap tahunnya adalah sekitar 1000 orang. Dilihat dari jumlah mahasiswa, Fisip Unmul sekarang ini menempati urutan ketiga di lingkungan Unmul, setelah FKIP dan Fekon, dengan total 5336 lebih mahasiswa yang aktif kuliah. Mahasiswa-mahasiswa Fisip Unmul tersebar di 10 Program Studi di berbagai jenjang studi (S1/Program Sarjana dan S2/Program Pascasarjana).
Untuk bisa menjadi mahasiswa pada salah satu Program Studi di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman, ada tiga jalur yang dapat ditempuh, yakni Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN). Untuk bisa ikut dalam seleksi penerimaan mahaiswa baru di ketiga atau salah satu jalur tersebut, maka calon mahasiswa mesti melakukan pendaftaran untuk mendapatkan identitas peserta atau kartu peserta ujian. Pendaftaran di ketiga jalur masuk tersebut dilakukan secara online di Internet, di link situs yang telah ditentukan oleh Depdiknas (untuk SNMPTN), Majelis Rektor PTN se-Indonesia (SBMPTN), dan Universitas Mulawarman (Jalur Mandiri/SMMPTN).
Pemerintah Pusat (dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan) berusaha meringankan beban biaya pendidikan di PTN bagi keluarga yang kurang mampu, sehingga anak-anak dari keluarganya yang tergolong kurang mampu tetap bisa mengenyam pendidikan di perguruan tinggi negeri. Tindak lanjutnya adalah, mulai tahun 2013, jumlah UKT di Fakultas-Fakultas di Unmul bervariasi jumlahnya. Di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman (Fisip unmul),jumlah UKT terendah adalah Rp 500.000,00/semester sementara yang tertinggi adalah Rp 3.000.000,00/semester. Interval jumlah UKT ini ditentukan berdasarkan penghasilan, pekerjaan, dan pengeluaran dari orang tua mahasiswa yang bersangkutan. Perhitungannya jumlah UKT ini memakai rumus perhitungan yang telah ditentukan.
Setiap tahun Fisip Unmul menerima alokasi beasiswa yang diperuntukkan bagi mahasiswa yang kurang mampu dan atau yang berprestasi. Pendaftaran untuk mendapatkan beasiswa ini bukan hanya bisa dilakukan ketika sudah menjadi mahasiswa, tapi juga ketika masih mendaftar masuk di Fisip Unmul (baik jalur undangan, jalur ujian tertulis, dan jalur mandiri/lokal). Beasiswa yang ditawarkan adalah beasiswa dengan Program Bidikmisi dari Departemen Pendidikan Nasional. Ketika menjadi mahasiswa, tawaran-tawaran beasiswa bukan hanya datang dari Depdiknas, tapi juga dari berbagai lembaga dan perusahaan seperti PT. Taspen, Bank Indonesia, Yayasan Supersemar, Osaka Gas Company, PT Pupuk Kaltim, LNG Bontang, Pertamina, PT. Djarum, Pemprov. Kaltim, BBPM, BRI, Eka Cipta Foundation, PPE, BCA, dsb.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Tahun 1440 H/2018 M

Untuk meningkatkan iman dan takwa serta memperat silahturahmi antar keluarga besar civitas Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol). Majelis Ta'lim dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW digelar Jum'at, 30 November 2018 yang lalu, acara bertempat di Lobi Dekanat Lantai II yang dimulai pukul 09.00 WITA. Dalam kesempatan yang berbahagia ini di hadiri oleh Wakil Dekan I, Wakil Dekan II, Kabag serta Kasubag, Ketua Program Studi, Dosen, Staf serta mahasiswa yang memenuhi lobi dekanat.

Acara dibuka dengan lantunan ayat suci Al-Qur'an serta sambutan singkat dari Drs. Endang Erawan, M.Si mewakili Dekan FISIP. Dalam Tausiyah ilmu yang dibawakan oleh Ustadz Ahsanur Ahmad, kelahiran nabi Muhammad sebagai Nabi dan Rasul terakhir membawa rahmatan lil alamin. Memaknai Maulid Nabi SAW agar umatnya dapat mencontoh dan meneladani  dan mengamalkan ajaran Is­lam  di te­ngah kehidupan masyarakat se­hing­ga dapat mewujudkan rasa ke­da­maian, keharmonisan, k­e­se­jah­teraan, dan kasih sayang ba­gi umat manusia dan makhluk lain di semesta alam. Mau­lid Nabi meniscayakan Is­lam yang penuh rahmat: ramah, p­e­nuh perdamaian, toleran, ka­sih sayang, antikekerasan, dan an­ti­terorisme. Dengan kete­la­dan­an moralnya, terbukti be­liau mampu mengubah ma­sya­ra­kat Jahiliyah yang tak ber­mo­ral menjadi masyarakat yang ber­akhlak mulia. Serta semnagat perjuangan beliau terasa hingga saat ini dan hingga akhir zaman.

Dengan memperingati Maulid Na­bi SAW sesungguhnya sistem ni­lai Is­lam diharapkan dapat m­e­­wu­jud­kan tatanan ke­hi­dup­an umat manusia yang adil, damai, se­jah­tera, dan ba­hagia dunia dan akhi­rat. dengan rahmatan lil ’al­a­mîn  mam­pu men­ja­di­kan Islam se­ba­­gai agama te­la­dan yang au­ten­tik sekaligus aga­ma per­adab­an yang ber­ke­adab­an, ber­perikemanusiaan, dan ber­ke­adilan. Islam itu un­tuk se­mua dan memberi rahmat ba­gi se­m­esta raya.

Suri teladan dari ahlak Rasulullah SAW, berbuat baik kepada siapa saja, baik muslim maupun non-muslim, bertegur sapa dan mengucapkan salam jika bertemu, memberi makanan atau bersedekah kepada kerabat, tetangga dan orang yang memerlukan. Amanah ustadz ahsanur ahmad  cara mendekatkan diri kepada Rasulullah SAW dengan memperbanyak shalawat kepada Nabi Muhammad SAW, sehingga semoga kelak mandapat syafaat di hari perhitungan nantinya. Aamiin ya Robb

 

 

 

Pemberitahuan Beasiswa Fulbright Dosen S3

Program kerjasama antara Kementrian RISTEK - DIKTI dan AMINEF sudah berjalan sejak tahun 2009. Sejak tahun itu, sudah tercatat 213 dosen penerima beasiswa Fulbright-DIKTI yang terdiri dari 144 penerima PhD, 24 penerima gelar MA/MS, dua yang telah melakukan riset untuk disertasi doktoralnya, dan 43 penelitian Indonesia yang telah melakukan penelitian pasca-doktoral di universitas - universitas di Amerika Serikat. 

Selengkapnya...

Workshop Akselerasi Kelulusan Mahasiswa Fisip 2018

akselerasi fisip 1Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman mengelar workshop akselerasi kelulusan mahasiswa yang diselenggarakan pada 10 November 2018 bertempat di Hotel Bumi Senyiur Samarinda. Workshop mengundang segenap civitas akademika Fakultas, Dekan, Wakil Dekan I,II dan III, Ketua Program Studi, Dosen, Staf administrasi serta mahasiswa. Workshop menghadirkan pemateri yang mumpuni dibidangnya yaitu, Prof. Dr. Ir. Mustofa Agung Sardjono selaku Wakil Rektor I Bidang Akademik Universitas Mulawarman, Prof. Dr. Musta'in  Mashud Drs., M.Si. Selaku Wakil Dekan I Bidang Akademik Fisip Universitas Airlangga, Serta Drs. Endang Erawan,. M.Si selaku Wakil Dekan I Bidang Akademik Fisip Unmul

akselerasi fisip 2Acara diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya yang dinyanyikan serempak oleh seluruh peserta workshop dengan khidmat. Acara dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unmul, Dr. H. Muhammad Noor, M.Si tepat pukul 08.30 WITA.

akselerasi fisip 4Dalam sambutannya Dekan Fisip mengharapkan dengan diadakannya workshop akselerasi kelulusan dapat menjadi wadah komunikasi, sharing serta diskusi untuk mencari solusi dalam mengatasi keterlambatan mahasiswa dalam menyelesaikan studinya, diharapkan semua pihak yang terkait dalam proses belajar - mengajar di kampus dapat menjalankan fungsi serta tanggung jawabnya dengan baik dan optimal. 

Workshop akselerasi kelulusan mahasiswa merupakan salah satu hal penting yang menjadi agenda team GJMF Fisip. Workshop akselerasi kelulusan mahasiswa juga menjadi salah satu upaya dari Fakultas untuk meningkatkan jumlah lulusan mahasiswa pertahunnya dengan tidak melangar acuan dasar peraturan akademik yang berlaku.akselerasi fisip 3Dalam materi yang disampaikan Prof. Agung menggaris bawahi beberapa faktor yang menjadi penyebab keterlambatan mahasiswa dalam menyelesaikan studinya, antara lain : mahasiswa yang meminta permohonana cuti kuliah, mahasiswa yang bekerja sambil kuliah, perbandingan mahasiswa yang diterima dengan mahasiswa yang lulus, TOEFL mahasiswa. Berdasarkan dat BAK Unmul FISIPOL rataan lama studi mahasiswa S1: 60-84 bln (=5.0 – 7.0 tahun)= 62,00%; 54 bln (4,5 thn)= 18,04%; 48 bln (4,0 thn)= 19,30%; dan 42 bln (=3,5 thn)= 1,40% ---( Potensi “Cum Laude” 20,70%) -- bervariasi antar Prodi/PS; Sedangkan S2 mayoritas 3,5 thn. Diharapkan dengan adanya Workshop Akselerasi Mahasiswa Fisip dapat meningkatkan kuantitas serta kualitas lulusan di masa yang akan datang. Bravo FISIP Unmul (hms/IT)

Kuliah Umum Semiotika Ilmu Komunikasi FISIP Unmul

Samarinda, 13 Oktober 2018 bertempat di hotel bumi senyiur samarinda fakultas ilmu sosial dan ilmu politik khususnya Progam Studi Ilmu Komunikasi mengadakan kuliah umum Semiotika dengan pembicara Dr. Nanang Krisdinanto, Dr., M.Si. dari Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. acara dibuka langsung oleh Wakil Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Drs. Endang Erawan, M.Si. kemudian Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi Hj Hairunnisa, S.Sos., MM, dan terakhir Ketua Panita Silviana Purwanti, S.Sos., M.Si. Acara dihadiri oleh para tamu undangan dosen dosen dilingkungan fakultas ilmu sosial dan ilmu politik, dan para mahasiswa program studi ilmu komunikasi. Tujuan dari acara adalah untuk menambah wawasan mahasiswa dan para civitas akademika Fisip UNMUL tentang kajian Semiotika. Peserta dan tamu undangan sangat antusias dalam penyampaian materi dari narasumber.

Materi yang disampaikan merupakan materi dari kajian kajian Roland Barthes, Alexander Saussure dan Charles Sander Peirce. Narasumber mengajak para hadirin tamu dan peserta untuk berpikir jangan terpengaruh dengan teori Jarum Hipodermik. Terkadang ketika memecahkan sebuah permasalahan di penelitian selalu berujung dengan Jarum Hipodermik, sedangkan menurut Saussure peneliti harus bisa keluar dari pemikiran zona aman dan melihat dengan seksama dimana Signifiant / Penanda, dan Signified / Petanda. Terkadang peneliti tidak bisa membedakan apa itu Penanda atau Petanda. Ucap Dr. Nanang Krisdinanto, Dr., M.Si.

semiotika 3Acara berjalan dengan lancar interaksi dari peserta mahasiswa sangat antusias dalam menanyakan naskah mereka terkait judul yang menyangkut dengan kajian Semiotika. Harapan terbesar dari pemateri Dr. Nanang Krisdinanto, Dr., M.Si. kuliah umum ini bisa menambah wawasan dan ilmu pengetahuan untuk Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman. (Jo/FISIPERS)

Pelatihan Jurnalistik Website Bersama Fisipers

Senin, 08 Oktober 2018 Tim Website Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik bersama FISIPERS mengadakan Pelatihan Jurnalistik. Kegiatan pelatihan ini bertempat di Lab TV Ilkom Gedung Administrasi Bisnis lantai 2.

Kegiatan ini mengundang team FISIPERS sebagai peserta pelatihan, adapun tujuan dilaksanakannya pelatihan ini untuk meningkatkan kemampuan daya kreatifitas dalam penulisan sebuah berita baik di media cetak maupun di website.

Kegiatan pelatihan jurnalistik ini  di motori oleh Ibu Hj. Hairunnisa selaku Ketua pengelola website Fakultas, yang menghadirkan pemateri wartawan sekaligus editor harian Kaltim Post Samarinda, bang Rendy Fauzan, S.Ikom beliau adalah alumni program studi ilmu komunikasi FISIP Unmul yang saat ini berkecimpung  dalam dunia jurnalistik. 

jurnalistik 1Kegiatan Pelatihan Jurnalistik ini dimulai pukul 09.00 wita hingga selesai pada pukul 13.00 wita. Para peserta terlihat antusias dan memberikan respon positif dengan melakukan interaksi dua arah yang diselingi dengan tanya jawab, sharing pengalaman dan diakhir sesi dengan praktek penulisan berita yang sesuai dengan etika jurnalistik yang berlaku.

Ibu Nisa dalam sambutan singkatnya berharap pelatihan untuk meningkatkan SDM(Soft Skill) dapat terus diadakan secara berkelanjutan kedepannya, dengan isi materi pelatihan yang berbeda sesuai dengan kebutuhan dalam pengembangan dan peningkatan kualitas berita maupun visualisasi gambar serta video yang akan disajikan dalam tampilan website FISIP.                                                                                                                      

Pejabat Struktural & Dekan2 Fisip

digital library

Pro : Sivitas Akademika

  1. MAHASISWA
  2. DOSEN/STAF
  3. ALUMNI
Thumbnail Program Studi Administrasi Negara mengadakan Workshop Penyusunan Kontrak Perkuliahan & Pemutakhiran RPS Mata Kuliah...
More inMahasiswa  
Thumbnail Berkenaan dengan penggunaan Pakaian Dinas Harian (PDH) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman,...
More inDosen/Staf  
Lowongan Kerja PT. Kaltim Jaya Bara
Jumat, 14 September 2018
Thumbnail Kaltim Jaya Bara adalah perusahaan yang bergerak dibidang Pertambangan. Sehubungan dengan adanya kebutuhan karyawan di...
More inAlumni  

Jadwal Kuliah - Ujian

  1. GASAL
  2. GENAP
  3. UJIAN
Thumbnail Semester merupakan satuan waktu terkecil yang digunakan untuk menyatakan lamanya proses kegiatan belajar-mengajar...
Jadwal Kuliah Genap 2017/2018
Jumat, 02 Februari 2018
Thumbnail Semester adalah satuan terkecil untuk menyatakan lamanya suatu program pendidikan dalam suatu jenjang pendidikan. Satu...
Thumbnail Bagi mahasiswa dan mahasiswi yang telah melengkapi persyaratan administrasi  untuk mengikuti Ujian Semester Ganjil tahun...
More inJadwal Ujian